Pemerintah secara resmi menetapkan daftar tarif listrik yang akan mulai berlaku pada 1 Juli 2022. Ada beberapa kelompok yang akan mengalami peningkatan!

ayosimak artikel Finansialku berikut untuk informasi lebih lanjut.

Daftar tarif listrik terbaru 2022

Pemerintah telah menetapkan daftar tarif listrik yang akan mulai berlaku pada 1 Juli 2022.

Berdasarkan keputusan tersebut, ada beberapa kelompok listrik yang mengalami kenaikan. Ini adalah grup R2 dan R3 atau grup 3500 volt-ampere ke atas.

Kenaikan tarif akan Rp1.699/kWh, naik 17,64% dari sebelumnya Rp1.444,70/kWh.

Mengikuti daftar tarif listrik 2022 yang akan mulai berlaku pada 1 Juli.

  • P2: 3,500VA – 5500VA: Rp 1.699,53
  • P3: 6.600 VA ke atas: Rp 1.699,53
  • P1: 6.600 VA – 200 kVA : Rp 1699,53
  • P2: 200 kVA ke atas: 1522.88

PLN akan fokus pada kelompok nonsubsidi

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemenskoe ESDM) Rida Mulyana mengatakan, saat ini pemerintah akan fokus pada listrik nonsubsidi.

“Kami fokus pada kelompok yang tidak didanai, termasuk dengan mempertimbangkan serangkaian rapat koordinasi, kemudian kami memutuskan mana yang diperlukan untuk koreksi. Ada rumah tangga, perusahaan industri besar. Kami masih melindungi rumah tangga kecil kami.” kata Rida, mulai cnbcindonesia.com (13/06).

Di sisi lain, Rida menambahkan, penyesuaian harga listrik bisa dilakukan karena sejalan dengan aturan tarif koreksi sesuai dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 28 Tahun 2018.

[Baca Juga: Harga BBM Hari Ini 13 Juni 2022, Simak Sebelum Mengisi]

Tak hanya itu, penyesuaian harga juga mendongkrak daya beli masyarakat seperti yang diterapkan pada rumah tangga mewah.

Penyesuaian tarif ini terus membantu menjaga daya beli masyarakat karena kita menyesuaikan rumah tangga mewah.,” dia menambahkan.

Penerapan tarif listrik yang adil

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasojo mengatakan penyesuaian tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk memastikan tarif listrik yang adil.

Kompensasi yang dihasilkan dari penyesuaian tersebut dapat dialokasikan kepada segmen masyarakat yang benar-benar membutuhkannya.

“Penerapan santunan kembali pada filosofi bantuan negara yang ditujukan kepada keluarga miskin. Ini bukan kenaikan tarif. Ini penyesuaian dimana bantuan atau kompensasi harus diterima oleh keluarga yang berhak menerimanya.” kata Darmavan diluncurkan cnbcindonesia.com.

Sejak tahun 2017, belum ada kenaikan tarif listrik untuk semua golongan tarif konsumen.

Untuk itu, pemerintah telah mengalokasikan dana subsidi listrik sebesar Kompensasi Rp 243,3 triliun dan Rp 94,17 triliun dari 2017 hingga 2021.

[Baca Juga: Krisis Ekonomi AS Semakin Dekat! Seperti Apa Kondisinya?]

Artinya dalam kurun waktu tersebut, kelompok masyarakat yang mampu juga menerima ganti rugi yang sangat besar.

“Apalagi tahun ini kita mengalami gejolak global yang mengakibatkan kenaikan biaya penyediaan tenaga listrik (BPP). Setiap kenaikan harga minyak mentah Indonesia (ICP) sebesar 1 USD mengakibatkan kenaikan BPP sebesar 500 miliar rupiah. Jadi pada tahun 2022 saja diprediksi pemerintah perlu menyiapkan kompensasi sebesar Rp 65,9 triliun,” dia menambahkan.

Perang Rusia-Ukraina sebagai salah satu faktor yang menyebabkan kebangkitan

Pemerintah sendiri melalui Presiden Joko Widodo memberi lampu hijau untuk menyesuaikan harga listrik.

Hal itu ditegaskan langsung oleh Menteri Keuangan Shri Mulyani saat rapat dengan Badan Anggaran DPR (Banggar).

Penyesuaian harga ini harus dilakukan dalam menanggapi kenaikan harga komoditas yang disebabkan oleh perang antara Rusia dan Ukraina.

“Presiden dan para Menteri sepakat untuk berbagi beban, untuk kelompok rumah tangga yang mampu, dan ini adalah mereka yang berlangganan listrik di atas 3000 VA, mungkin ada kenaikan tarif listrik, hanya di segmen ini ke atas. , “ kata Sri Mulyani memulai cnnindonesia.com (13/06).

Dengan penyesuaian harga ini, pemerintah akan menghemat uang APBN hingga Rp 3,5 triliun.

Tips Hemat Energi agar Tagihan Anda Tetap Dingin

Dengan kondisi saat ini, pemerintah tentunya mempertimbangkan berbagai faktor untuk menentukan kebijakan penyesuaian tarif listrik.

Untuk itu, sudah saatnya Anda sebagai konsumen berhemat agar tagihan listrik Anda tidak membengkak. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat konsumsi listrik Anda.

#1 Manfaatkan matahari

Usahakan untuk memanfaatkan sinar matahari secara maksimal sebagai penerangan ruangan, terutama pada siang hari.

Anda bisa membuka jendela di kamar dari pagi hingga siang hari agar pencahayaannya maksimal.

Dengan menggunakan sumber energi alami, Anda dapat menghemat listrik hingga 50%.

#2 Ganti lampu hemat energi

Saat ini sudah banyak tersedia lampu hemat energi dengan harga yang sangat terjangkau. Ada beberapa contoh lampu hemat energi seperti LED, lampu fluorescent kompak atau lampu halogen pijar.

Dengan menggunakan lampu ini, Anda dapat mengurangi konsumsi listrik dengan cukup efektif.

Selain dua tips di atas, Anda juga bisa melihat tips lainnya di artikel ini:

4 cara mudah menghemat energi agar tagihan tidak membengkak

Penyesuaian tarif listrik baru akan mulai berlaku pada 1 Juli 2022. Anda masih punya waktu untuk mengembalikan anggaran keluarga yang sesuai.

Dengan demikian, keuangan rumah tangga dapat dialokasikan untuk kebutuhan tertentu yang sesuai.

Bagi Anda yang masih belum paham bagaimana mengelola keuangan keluarga dengan baik, ayo meningkatkan literasi melalui buku Elektronik Berikut ini dapat digunakan sebagai sarana belajar yang benar.

E-book Ibu dan uang: Panduan Manajemen Keuangan Ibu Rumah Tangga

Unduh sekarang, GRATIS!!!

Jika Anda memiliki pertanyaan keuangan lainnya, jangan ragu untuk menghubungi kami di Aplikasi Keuangan sayaatau buat janji temu via whatsapp di nomor 0851 5866 2940.

Demikian informasi mengenai daftar lengkap tarif listrik terbaru tahun 2022. Bagaimana tanggapan Anda terhadap informasi tersebut? Jangan takut untuk menulis di komentar!

Redaktur: Ratna S.Kh.

Sumber referensi:

  • editor. 13 Juni 2022 Tarif listrik untuk konsumen dengan kapasitas 3500 VA ke atas akan naik mulai 1 Juli 2022. Cnnindonesia.com https://bit.ly/3HfUzqZ
  • Verda Nano Setiavan. 13 Juni 2022 Ada yang salah, ini daftar tarif listrik terbaru 2022. cnbcindonesia.com https://bit.ly/3ty6bQm




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Nama Tidak Boleh Satu Kata!