Beberapa hari yang lalu, muncul daftar sirup yang dilarang karena menyebabkan gagal ginjal akut pada anak-anak. Asli atau palsu?

Pelajari lebih lanjut dari salah satu artikel keuangan saya ini.

Memeriksa data terkait munculnya Daftar Sirup Terlarang

Beberapa hari yang lalu, sebuah video dengan daftar sirup terlarang muncul di TikTok, menyebabkan kegemparan di kalangan orang tua.

Video menunjukkan tabel yang terdiri dari kode obat, nama obat, bentuk sediaan, potensi, identifikasi bahan berbahaya, produsen dan nomor. Para Pihak.

Tabel tersebut mencantumkan sedikitnya 15 merek obat batuk yang teridentifikasi mengandung zat berbahaya, seperti:

  • Etilpe glikol butil eter
  • Etilen glikol monofenil eter

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Dr Syahril menegaskan Kementerian Kesehatan belum pernah merilis daftar tersebut.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa informasi itu tidak benar.” Dia mengatakan ini, mengutip halaman kompas.comKamis (20/10).

Syahril mengatakan, Kemenkes masih melakukan penelitian laboratorium.

Penelitian ini dilakukan bekerja sama dengan BPOM, ahli epidemiologi, Ikatan Dokter Anak Indonesia, ahli farmakologi, dan Pusat Forensik Polri.

“Saat ini Kemenkes dan BPOM masih terus mengkaji dan meneliti secara komprehensif, termasuk kemungkinan faktor risiko lainnya.” dia melanjutkan.

[Baca Juga: Begini 3 Cara Skrining BPJS Kesehatan, Mudah dan Gratis!]

BPOM juga menyatakan belum pernah memproduksi obat batuk penyebab gagal ginjal pada anak, menurut Kementerian Kesehatan.

“BPOM tidak merilis daftarkami masih melakukannya Sampel dan pengujian.kata Humas BPOM, melansir laman yang sama.

Sementara itu, dalam kasus sebelumnya, Dante Saxono, Wakil Menteri Kesehatan (Vamenkes), mengatakan pemerintah telah menginstruksikan untuk menghentikan sementara penjualan obat batuk di semua apotek.

“Obat-obatan ini telah dipelajari di laboratorium forensik, dan kami sedang menentukan obat mana yang dapat menyebabkan kelainan ginjal.” dia berkata.

Dante mengatakan mereka sedang menguji 15 hingga 18 sirup yang mengandung etilen glikol.

etilen glikol sendiri merupakan salah satu senyawa yang dapat penyebab gagal ginjal akut Pada anak-anak.

“Ini bukan parasetamol, yang seharusnya tidak tersedia, yang tidak boleh, karena beberapa obat ini mengandung EG, dan kami mengidentifikasi 15 hingga 18 obat yang diuji, sirup yang masih mengandung EG, dan kami kembali mengidentifikasi bahwa EG ini dapat ditemukan. Gratis.” dia berkata.

Fenomena gagal ginjal akut pada anak

Fenomena gagal ginjal akut pada anak belakangan ini menjadi sorotan netizen akibat temuan Ikatan Dokter Anak Indonesia.

IDAI melaporkan bahwa sejak awal September, ada tren peningkatan tajam dalam insiden.

Merupakan gagal ginjal akut pada anak, dan paling sering kasus ini terjadi pada anak di bawah usia lima tahun (lebih muda).

Laporan ini dibuat oleh IDAI setelah menerima laporan terkait orang tua yang menguji anaknya dengan keluhan dan gejala yang hampir sama.

Gejala tersebut antara lain demam, batuk, pilek, diare, dan muntah. Selain itu, salah satu gejala yang dialami anak adalah ketidakmampuan untuk buang air kecil.

Hal ini karena ginjal pada anak tidak menghasilkan urin dan kering saat petugas kesehatan memeriksanya dengan kateter.

Kemudian, dalam pemeriksaan laboratorium, dokter menemukan bahwa ginjal anak itu meradang parah, termasuk hati.

Sistem peredaran darah anak juga terganggu akibat banyaknya darah yang mengental dan menggumpal.

Hal ini tidak hanya terjadi pada satu atau dua pasien, karena hingga Selasa, 206 kasus telah dilaporkan di 20 provinsi di Indonesia, 99 di antaranya dinyatakan meninggal.

Berdasarkan temuan tersebut, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengeluarkan peraturan tentang pedoman tata laksana klinis pasien gagal ginjal akut.

Selain itu, Kemenkes juga meminta tenaga kesehatan untuk sementara menahan diri untuk tidak meresepkan obat dalam bentuk cair atau sirup hingga ada hasil penelitian.

“Kementerian Kesehatan menghimbau kepada masyarakat untuk merawat anak-anak, dengan tidak meminum obat dalam bentuk cair atau sirup tanpa berkonsultasi dengan tenaga kesehatan. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan bentuk sediaan lain seperti tablet, kapsul, supositoria, atau lainnya.” Demikian disampaikan dr Syahril saat membuka situs resmi Kementerian Kesehatan, Rabu (19/10).

[Baca Juga: 9 Jenis Penyakit Dengan Biaya Termahal, Anda Harus Tahu!]

Penyebab gagal ginjal akut pada anak

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia – RCCM Hindra Irawan mengidentifikasi banyak faktor yang dapat menyebabkan gagal ginjal akut pada anak.

Meskipun saat ini fokusnya adalah pada kandungan etilen glikol dalam sirup.

“Oleh karena itu, agar seseorang mengalami rasa sakit, harus ada keseimbangan antara sistem kekebalan tubuh, agen penyebab penyakit, dan lingkungan.” Dia mengatakan ini, mengutip halaman kompas.tv, Kamis (20/10).

Ia melanjutkan, jika terjadi sebaliknya, maka mungkin terjadi pada beberapa anak.

“Karena itu, tidak semua anak,”Benar, Hal yang sama terjadi pada mereka yang menggunakan narkoba. Beberapa dapat disembuhkan, beberapa tidak dapat ditolong, dan itu sangat individual.” dia melanjutkan.

Sementara kasus ini masih dalam penyelidikan karena bergantung pada kerentanan anak dan faktor lain yang belum diketahui.

“Sepertinya mereka minum obat dan langsung memberikan reaksi yang merugikan bagi yang bersangkutan, karena bisa membentuk batu, mengganggu fungsi ginjal. Ginjal berfungsi menyaring zat-zat beracun yang diproduksi dalam tubuh yang dikeluarkan dari tubuh. Jika fungsi ginjal terganggu karena zat tersebut tidak dapat dikeluarkan, maka akan meracuni tubuh anak. Kemudian ada insiden fatal. Jadi itu sangat tergantung pada kerentanan anak dan mungkin ada faktor lain yang belum kami temukan dan coba cari tahu.” dia berkata.

Biaya pengobatan gagal ginjal

Gagal ginjal akut merupakan penyakit kritis yang membutuhkan biaya tinggi dalam proses pengobatannya.

Penyakit ini tergolong penyakit katastropik dan ditanggung oleh Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat yang dikelola langsung oleh BPJS Kesehatan.

Sedangkan formulir penanganan BPJS terdiri dari beberapa aspek, antara lain:

halaman awal compasiana.comAda tiga layanan medis yang ditawarkan BPJS kepada pasien gagal ginjal, yaitu:

  • Transtransplantasi ginjal yang menelan biaya hingga Rp 378 juta termasuk pemeriksaan, observasi, pengobatan dan penyembuhan.
  • Mencuci hemodialisis yang menelan biaya hingga Rp 92 juta per tahun.
  • Perawatan CAPD atau dialisis peritoneal hingga Rp 76 juta.

Melihat biaya-biaya di atas yang tidak murah, kita tentu mengerti betapa bermanfaatnya memiliki asuransi kesehatan, baik itu BPJS Kesehatan, asuransi swasta, atau keduanya.

kamu bisa membaca buku Elektronik Berikut ini adalah untuk memastikan Anda memiliki asuransi kesehatan sebelum sesuatu yang buruk terjadi.

Spanduk e-book promosi melawan pusing Memikirkan pengeluaran jika Anda sakit - PC

Lakukan Pencegahan Dini

Gagal ginjal akut dapat menyerang siapa saja, termasuk kita, keluarga kita, atau bahkan anak-anak kita.

Oleh karena itu, waspada dan lakukan pencegahan sejak dini dengan menjalani pola hidup sehat, seperti:

  • banyak penipuminum air
  • berlakun makan sehat
  • Jangan mengonsumsi vitamin secara berlebihan, tetapi sesuai kebutuhan

Berikut informasi mengenai fenomena gagal ginjal akut pada anak dan daftar sediaan sirup yang dilarang. Apakah Anda memiliki informasi tambahan tentang ini?

Bantu Finansialku melengkapi artikel di atas dengan menuliskan informasi terbaru yang sobat keuangan ketahui di kolom komentar, Ya!

Redaktur: Ratna Sri H.

Sumber referensi:

  • Jevy Yahrumah. 20 Oktober 2022 Cara Mencegah Gagal Ginjal Pada Anak, Kenali Tanda dan Penyebabnya. Merdeka.com – https://bit.ly/3MOwz0K
  • Wina Lisma. 07 April 2022. Gagal ginjal ditanggung oleh BPJS Kesehatan mulai dari masuk, pemeriksaan, terapi hingga perawatan lanjutan. Compasiana.com – https://bit.ly/3MQreq3
  • administrator. 19 Oktober 2022 Kementerian Kesehatan memiliki kebijakan proaktif untuk mencegah penyakit ginjal pada anak. Sehatnegeriku.kemkes.go.id – https://bit.ly/3VM6LXh
  • Fika YahKemudi Ulya. 20 Oktober 2022 Sirup di sekitar anak-anak Kasus misterius penyakit ginjal akut menyerang anak-anak. National.kompas.com – https://bit.ly/3Fh2g1l
  • Rizky L Dasar. 21 Oktober 2022 Alasan Penyakit Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak, Benarkah Hanya Karena Obat Dalam Sirup?. Kompas.tv – https://bit.ly/3CU7r47
  • Diva Lufiana Putri. 20 Oktober 2022 Bagikan daftar 15 obat berbahaya untuk anak, kata Kemenkes dan BPOM. Kompas.com – https://bit.ly/3TvBeXM




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Ini Daftar Kendaraan yang Tidak Boleh Isi Pertalite, Cek Yuk!