Dokumen Word terkadang diamankan dan dilindungi kata sandi sehingga tidak ada yang bisa menyalin dan menempelkan konten sesuka hati.

Penggunaan dokumen Word dalam password sebenarnya cukup banyak, termasuk dokumen yang tidak dapat didistribusikan kembali, dokumen menjadi lebih rahasia, dan pembajakan konten dokumen dapat dicegah.

Namun kini fungsi proteksi dokumen dapat dibuka/dihapus tanpa password. Jika suatu saat Anda melindungi dokumen dan lupa kata sandinya, Anda dapat menggunakan metode berikut.

Cara ini sangat sederhana dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk membuka dokumen Word tanpa password, karena trik ini sangat berbeda dengan hacking, walaupun dalam pengertian yang agak mirip yaitu mengetahui password tanpa mengetahui terlebih dahulu (cracking).

Baca juga: Cara mengatasi tidak bisa save Word.

Cara membuka kata sandi Kata sandi

Ada beberapa cara untuk membuka dokumen Microsoft Word yang terkunci atau dilindungi kata sandi. Nah, berikut teknoinside akan menjelaskan cara-cara tersebut satu persatu:

1. Menggunakan Notepad

Baiklah langsung saja saya jelaskan cara melakukannya step by step, silahkan simak dan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Buka dokumen yang diproteksi tadi, lalu klik Simpan sebagai dan pilih format Halaman web lalu tekan BAGUS

cara membuka dokumen tanpa kata sandi

2. Setelah itu buka format filenya Halaman web digunakan Buku catatan lalu tekan ctrl+f untuk menunjukkan kotak bagian dalam Buku catatan di. Setelah tipe ini Kata sandi lalu tekan Temukan “Berikutnya” atau ketik

3. Jika Anda menghapus teks yang saya tandai Nomor 2 di bawah ini jika dihapus, setelah itu Simpan atau tekan Ctrl+S lalu masuk Menutup

cara menghapus kata sandi

4. Setelah semua selesai, klik folder yang sudah diformat Halaman web Saya menggunakan terbuka dengan Microsoft Worddengan membuka sudut kanan bawah, jika Anda belum pergi ke tata letak cetak, Silahkan klik Tata letak halaman

empat

5. Setelah diganti dan sudah masuk microsoft word teks bisa di copy paste tapi tidak bisa di edit maka harus masuk ke menu Tinjauan kemudian Perlindungan Dokumensetelah itu tekan Batasi pemformatan dan pengeditan

cara membuka ms word
cara membuka kunci kata sandi

6. Kemudian tekan hentikan perlindungan dan dokumen Anda dapat diakses Salin Tempel dan Edit

cara menonaktifkan perlindungan

2. Menggunakan Google Drive

Cara kedua yang dapat Anda gunakan untuk membuka file/dokumen Microsoft Word yang dilindungi kata sandi adalah dengan menggunakan Google Drive. Caranya adalah sebagai berikut:

Baca juga:   4 Cara Mudah Mendapatkan Gratis Ongkir di Shopee

1. Pertama, masuk ke akun Google Drive Anda. Anda dapat langsung masuk jika sudah masuk ke Gmail. Klik tautan berikut untuk masuk ke Google Drive.

2. Langkah selanjutnya adalah memuat dokumen Word yang sebelumnya terkunci. Cara melakukannya dengan mengklik Baru > Unggah Berkas (ada di kiri atas). Silakan temukan file Word terkunci yang ingin Anda buka.

cara membuka file word yang terkunci

3. Kemudian buka file tersebut dengan Google Docs. Caranya klik kanan file word lalu pilih Buka Dengan > Google Documents.

cara membuka file yang terkunci di word 2

4. Setelah file terbuka di google docs, langkah selanjutnya adalah menyimpan kembali file tersebut. Cara mengklik File > Unduh Sebagai > Microsoft Word (.docx).

5. Selesai, sekarang file sudah berhasil diupload dan tidak terkunci lagi, jadi anda bisa membuka dan mengedit file tersebut.

Lihat juga: Cara menyisipkan gambar di Word.

3. Hentikan dokumen pelindung

Saya akan menjelaskan dan silakan ikuti petunjuknya, lihat cara membuka / melindungi kata sandi ms word.

cara membuka ms word

1. Buka dokumen Word dengan kata sandi, lalu klik Lihat.

cara membuka kunci kata sandi

2. Setelah itu, seperti biasa, klik “Protect Documents” di pojok kanan atas, lalu klik “Restrict Formatting and Editing”.

cara menonaktifkan perlindungan

3. Jika perintah “Stop protection” muncul di paling bawah, klik perintah ini.

cara membuka proteksi sebuah kata

4. Setelah diklik, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi yang digunakan untuk memasukkan, jika sudah masuk, klik saja OK.

Kesimpulan

Dokumen memang sangat penting, tetapi jika kita lupa untuk membukanya, kita pasti akan bingung, karena dokumen yang diproteksi tidak dapat diedit dan tidak dapat diubah, apalagi dengan cara copy/paste.

Nah, jika semua sudah selesai dan dokumen sudah berhasil di unprotect dan bisa di copy dan diedit, maka anda sudah berhasil. semoga artikelnya cara menghapus kata sandi bermanfaat.

Baca juga:   4+ Cara Transfer Pulsa Smartfren: Dial, SMS, dan Aplikasi


https://storyforgeproductions.com