Dunia saat ini sedang menghadapi pandemi Covid-19. Untuk memutus mata rantai penyebarannya yang sangat cepat, pemerintah juga membatasi segala bentuk kegiatan sosial. Salah satunya adalah homeschooling yang saat ini sedang dilakukan oleh seluruh siswa di Indonesia.

Bagaimana cara melaksanakan kegiatan belajar mengajar tanpa pergi ke sekolah? Platform Google merupakan salah satu pilihan terbaik sebagai aplikasi untuk menyelenggarakan kelas online.

Yang akan kita bahas adalah bagaimana cara mengupload file ke Google Classroom sebelum mengetahuinya secara lebih mendalam.

Layanan Google ini dapat membantu guru dan siswa untuk melakukan proses belajar mengajar secara online.

Memahami Google Kelas

Memahami Google Kelas

Layanan yang disertakan dengan G Suite for Education. Ini berfungsi untuk membuat kelas online yang dapat menghubungkan guru dan siswa menggunakan layanan Google.

Sehingga meskipun tidak bertemu, guru dan siswa tetap dapat berkomunikasi dan melakukan kegiatan belajar mengajar.

Baca juga: Cara Download File di Scribd.

Fitur Google Kelas

Fitur Google Kelas

Layanan ini memungkinkan kita untuk membuat kelas online yang nantinya dapat diikuti oleh pengguna lain.

Sehingga nantinya akan terbentuk sebagai wadah komunikasi antara guru dan siswa. Siapa pun yang memiliki akun Google dapat menggunakan layanan ini.

Untuk memenuhi kebutuhan penggunanya, Google Classroom sudah terhubung dengan beberapa layanan lain seperti Google Drive, Kalender, Docs, Slides, Gmail, dll.

Semua layanan tersebut dapat digunakan untuk pembelajaran yang produktif di masa pandemi tanpa harus saling bertemu.

Pengguna yang tergabung dalam kelas di Google Classroom dapat memposting pesan atau mengirim file, misalnya, di jejaring sosial atau forum.

Dengan demikian, guru dapat memberikan materi dan pertanyaan praktis kepada siswa. Siswa kemudian dapat mengunduhnya dan kemudian menyerahkan pekerjaan mereka kepada guru sebagai file untuk direvisi.

Lihat juga: Cara mengompres PDF.

Cara menggunakan Google Kelas

Cara menggunakan-google-class

Layanan ini tersedia untuk digunakan secara gratis oleh setiap pengguna. Satu-satunya syarat adalah Anda harus memiliki akun Google (Gmail).

Baca juga:   6+ Cara Cek Nomor XL Sendiri lewat Dial, SMS, Apk (Terbaru 2022)

Untuk mengaksesnya, Anda hanya perlu masuk ke Google Classroom menggunakan browser seperti Chrome, Mozilla, atau Operamini. Kemudian masuk dengan akun Google yang sesuai.

Bagi yang tidak memiliki laptop atau komputer, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Karena Google Classroom juga tersedia sebagai mobile app yang dapat Anda unduh dan instal di smartphone Android Anda. Kemudian masuk dengan akun Gmail yang sama seperti sebelumnya.

Bagaimana cara bergabung dengan kelas di Google Classroom

Bagaimana cara bergabung dengan Google Kelas

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bergabung dengan kelas online.

1. Buka Google Kelas

Caranya klik Google Classroom lalu login ke akun Google masing-masing. Kemudian setelah masuk, klik ikon (+) di sudut kanan atas dan pilih Bergabunglah dengan kelas.

Bagaimana cara bergabung dengan Google Kelas

2.Masukkan kode kelas

Pastikan Anda memiliki kode untuk kelas yang ingin Anda tuju. Karena ini akan menjadi pintu masuk Anda ke kelas online. Untuk mendapatkannya, hubungi guru yang sesuai. Masukkan kode dan klik Bergabung.

3. Bergabunglah dengan kelas online

Tidak perlu menunggu lama, Anda akan segera bergabung dengan kelas yang dituju. Di sana Anda dapat melihat postingan siswa lain atau materi dan tugas yang diberikan oleh guru.

Bagaimana cara bergabung dengan Google Kelas

Cara mendownload file di Google Classroom

Google Classroom memungkinkan siswa dan guru untuk tetap terhubung bahkan saat mereka berjauhan.

Biasanya guru membagikan file yang berisi materi atau soal latihan untuk diselesaikan. Siswa sekarang harus mengunduh file untuk mengetahui apa yang ada di dalamnya. Bagaimana?.

1. Pilih kelas

Cara mendownload file di Google Classroom

Pertama, pastikan Anda telah mengikuti kelas online yang sesuai. Kemudian klik pada kelas yang dibutuhkan.

2. Pilihan postingan/materi

Cara mendownload file di Google Classroom

Kemudian Anda akan melihat posting dari instruktur tentang materi baru. Klik untuk melihat isi postingan.

Baca juga:   4+ Cara Private Akun Instagram: di HP dan Laptop

3. Membuka lampiran

Cara mendownload file di Google Classroom

Anda kemudian akan melihat lampiran dalam pesan. Ini akan berisi item yang Anda harus belajar. Untuk mengunduhnya, klik lampiran yang ada di sana.

4. Membuka jendela baru

Cara mendownload file di Google Classroom

Kemudian file akan terbuka dan Anda akan dapat melihat isinya. Untuk bisa mendownloadnya, klik titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih Buka di tab baru atau Buka di jendela baru.

5. Unggah file

Cara mendownload file di Google Classroom

Terakhir, cukup klik ikon unduh di sudut kanan atas. Maka tidak lama lagi proses download akan segera dimulai, anda tinggal menunggu sampai selesai. Silakan temukan file yang diunduh di lokasi penyimpanan yang sesuai.

Baca juga: Cara Download di Academy.

Ini adalah tutorial tentang cara mengupload file ke Google Classroom. Dengan layanan ini, kita tetap bisa mengajar dan belajar tanpa harus keluar rumah. Jika Anda memiliki kritik, saran atau pertanyaan, silakan tinggalkan komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com