Di era modern dan serba digital ini, Anda tentu sudah tidak asing lagi dan kaget mendengar kata “internet”. Internet itu seperti makanan pokok yang memenuhi kebutuhan kita sehari-hari sob.

Karena internet sendiri memiliki kelebihan yang tentunya sangat membantu kita dalam kehidupan. Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan melalui Internet, seperti mengunduh video atau lagu. Hal-hal seperti itu tentunya sudah menjadi hobi bagi para pengguna internet, baik PC maupun Android.

Proses download tentunya akan lebih cepat dan lancar jika kita menggunakan software atau software yang support misalnya IDM.

IDM adalah singkatan dari Internet Download Manager, merupakan software yang dapat kita gunakan untuk mendownload data atau file di internet.

Banyak orang memilih IDM untuk mendownload karena software ini memiliki kecepatan download yang cukup cepat. Software ini juga menempati urutan pertama dalam hal kecepatan maksimal saat mengunduh data.

IDM memiliki fitur download cepat dengan segmentasi file otomatis dan didukung dengan teknologi yang tentunya aman.

Selain kelebihan tersebut, IDM juga memiliki kelebihan lain, misalnya ketika kita menggunakan IDM untuk mendownload, kita dapat menghentikan sementara atau melanjutkan proses download kapan saja, sehingga tidak perlu mengulang dari awal.

Selain kelebihan, tombol IDM tentunya juga memiliki kekurangan seperti masalah tidak adanya tombol IDM. Karena jika tombol IDM tidak muncul maka kita tidak bisa menggunakan IDM untuk mendownload apapun menggunakan browser yang anda gunakan.

Cara bypass tombol download di IDM yang tidak muncul

Lalu jika hal ini terjadi, apa yang akan kita lakukan untuk mengatasinya? Nah, jawabannya akan kita bahas pada artikel kali ini, saya merekomendasikan cara mengatasi tombol IDM yang tidak muncul secara otomatis di berbagai browser. Silahkan simak penjelasan berikut ini.

Catatan : Sebelum melakukan seperti yang saya sarankan, pastikan bahwa:

  • Menggunakan IDM versi terbaru. Karena dalam beberapa jenis pembaruan browser terbaru menolak jika Anda menginstal ekstensi atau add-on versi lama.
  • Browser yang Anda gunakan terintegrasi dengan ekstensi IDM.

1.Google Chrome

Jika IDM tidak mau dimuat di browser Google Chrome ini, lakukan ini untuk mengaktifkan IDM di Chrome:

Baca juga:   10 Cara Mengatasi Api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll Is Missing

1. Buka Google Chrome, buka ekstensi Chrome.

idm di chrome

2. Kemudian buka File Explorer dan buka folder: C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager

3. Kemudian cari file tersebut IDMGCExt.crx maka akan dipindahkan ke chrome.

cari file idm

4. Kemudian seret file ke bagian Ekstensi Chrome dan klik “Tambahkan Ekstensi”.

aktifkan idm di google chrome

Alternatif:

  • Buka ekstensi IDM dengan masuk ke menu browser (ikon tiga titik) di pojok kanan atas ekstensi ‘alat lainnya’.
  • Pertama, temukan ikon ekstensi IDM. Kemudian hapus centang pada blok “Enabled”, lalu centang lagi dengan mengklik “Enable”. Dan centang kotak Allow in incognito mode agar IDM bisa digunakan dalam mode private.
  • Muat ulang situs web/blog tempat Anda ingin mengunggah file dan ikon unggahan akan muncul.

2. Di Mozilla Firefox

Jika IDM tidak bisa digunakan untuk mendownload di browser firefox, cek extension IDM sebagai berikut :

  • Langkah pertama adalah membuka firefox.
  • Kemudian buka Download Manager Internet Add-ons: [Pasang Sekarang].
  • Kemudian tunggu hingga proses instalasi selesai dengan sukses.

Ini sangat sederhana, pastikan jika tidak berhasil Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini juga.

3. Restart perangkat komputer Anda

Restart perangkat PC komputer Anda

Tips ini bisa banget jadi solusi untuk berbagai masalah di PC dan laptop. Karena me-restart perangkat berarti akan memperbarui sistem komputer secara keseluruhan.

Jadi jika error terjadi karena kesalahan sistem atau bug, bisa normal kembali. Coba restart komputer Anda melalui menu Start, lalu pilih Restart.

4. Coba restart IDM

Mulai ulang IDM

Jika terjadi error IDM, maka tidak akan muncul saat anda memulai proses download. Maka salah satu solusi yang bisa dicoba adalah dengan me-restart IDM itu sendiri. Intinya adalah menghentikan proses yang sedang berjalan dan kemudian membukanya kembali.

Bagi yang belum tahu caranya, silahkan simak panduan berikut ini:

  • Pertama, perhatikan icon pada taskbar di pojok kanan bawah windows.
  • Lihat apakah ada icon IDM, jika tidak terlihat klik tanda segitiga.
  • Kemudian klik kanan ikon IDM dan pilih. KELUAR.
  • Setelah itu, buka kembali program IDM menggunakan shortcut yang ada di desktop atau di start menu.
Baca juga:   Download GBWhatsApp APK Terbaru Mei 2022

5. Perbarui IDM ke versi terbaru

Perbarui ke versi terbaru IDM

Seperti aplikasi pada umumnya, IDM juga diupdate dari waktu ke waktu. Kami juga harus memperbaruinya ke versi terbaru secara berkala untuk mendapatkan fitur dan kinerja terbaik.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi berbagai macam bug yang sering terjadi pada versi lawas. Jika versi yang lebih baru sudah tersedia, segera perbarui.

Lihat juga: Cara menonaktifkan update IDM.

Bagaimana cara memeriksa? Silahkan buka IDM yang sesuai, lalu klik menu Tolong tolong dan pilih Periksa pembaruan. Jika tersedia, Anda dapat mengunduhnya langsung.

6. Instal ulang IDM

Instal ulang IDMnya

Ketika program tidak bekerja dengan baik. Ini mungkin disebabkan oleh proses instalasi yang tidak sempurna. Sehingga ada file yang corrupt atau hilang dan sering menyebabkan software error.

Oleh karena itu, jika IDM tidak berfungsi dengan baik, sangat disarankan untuk menginstal ulang. Namun sebelum itu hapus terlebih dahulu IDM yang terinstall di PC anda.

Kemudian bersihkan sisa file dan registry dengan CC Cleaner. Ini dilakukan untuk menghindari file yang tidak perlu yang menumpuk di sistem. Setelah itu, kamu bisa langsung install ulang IDM.

7. Pastikan ekstensi file didukung

Ekstensi Pengelola Unduhan Internet

Saat kita mengunduh file dari Internet, tentu saja file tersebut memiliki format atau ekstensi yang berbeda. Misalnya, video memiliki format mp4, mkv, avi, 3gp, dll. Dalam hal ini, gambar dapat berekstensi jpg, png, gif, dll.

Sekarang IDM sendiri biasanya mendukung semua format umum yang disebutkan di atas. Namun terkadang ada extension yang tidak ada di list, sehingga IDM tidak mengenalinya. Anda harus menambahkannya secara manual di pengaturan.

Silahkan buka IDM lalu klik menu Downloaduntuk memilih pilihan/pengaturan. Pada tab Jenis Jenis File/File silakan tambahkan ekstensi jika belum ada. Setelah selesai, cukup klik OK.

8. Mulai ulang Windows Explorer.

Mulai ulang Windows Explorer

Mungkin banyak yang bertanya-tanya hubungan apa antara konduktor dan IDM yang tidak ingin diwujudkan? Saat proses download dimulai, biasanya akan muncul jendela pengaturan tempat kita akan menyimpan file hasil download.

Baca juga:   30+ Aplikasi Edit Foto Android Terbaik 2022: Kekinian

Oleh karena itu, jika Explorer tidak menanggapi hal ini, hal ini dapat menyebabkan IDM tidak dimulai secara otomatis. Nah, kita bisa mencoba merestart program secara manual, bagaimana caranya?

  • Silakan buka Task Manager dengan menekan CTRL + SHITF + ESC di masing-masing perangkat Anda.
  • Setelah itu, buka tab Processes dan temukan Explorer.exe.
  • Kemudian klik kanan dan pilih opsi Akhiri Proses.
  • Kemudian buka Windows Explorer lagi untuk memulai proses lagi.

9. Periksa apakah browser kompatibel

Cara menghubungkan browser dan IDM

Hal mendasar lainnya yang sering terabaikan dan yang bisa menyebabkan IDM bisa loading otomatis. Untuk pengoperasian normal, IDM dan browser harus kompatibel dan terintegrasi satu sama lain.

Anda dapat memeriksanya dengan membuka IDM lalu mengklik menu download dan pilih Opsi/Pengaturan. Selanjutnya di bagian umum/umumpastikan browser yang Anda gunakan terdaftar di sana dalam keadaan dicentang.

Artinya browser sudah kompatibel dan bisa terkoneksi dengan IDM. Langkah selanjutnya adalah mengintegrasikannya dengan ekstensi di setiap browser.

10. Perbarui browser yang Anda gunakan

Perbarui browser versi terbaru

Banyak orang yang beranggapan bahwa IDM tidak akan muncul jika download disebabkan oleh bug pada softwarenya. Tapi bagaimana jika masalahnya sebenarnya ada di browser kita? Ini adalah sesuatu yang sering diabaikan oleh banyak orang.

Mereka tidak pernah memperbarui browser seperti Chrome, Operamini, atau Firefox saat pembaruan tersedia. Dengan demikian, versi yang digunakan terlalu usang dan mengandung banyak bug.

Mulai sekarang, silakan segera perbarui browser Anda segera setelah tersedia.

Kesimpulan

Mungkin beberapa cara di atas work, seperti ketika saya ingin mengaktifkan IDM di Chrome, jadi jika sudah terintegrasi secara otomatis maka tombol download akan langsung memprosesnya.

Nah teman-teman berikut ini yang dapat saya sampaikan tentang cara mengatasi tombol IDM tidak muncul di browser chrome, firefox, opera mini, uc. Saya harap ini membantu dan akan membantu bagi Anda yang menghadapi masalah ini.

Dan semoga cara yang saya rekomendasikan ini berhasil saat anda mencobanya. Jika ada yang kurang dimengerti atau ingin ditanyakan, beri komentar pada kolom yang sesuai.


https://storyforgeproductions.com