Kementerian Sumber Daya Manusia telah resmi mengeluarkan peraturan baru tentang UMP 2023. Kira-kira berapa kenaikan yang diharapkan dan berapa besaran UMZ 2023 per provinsi?

ayolihat artikel Finansialku berikut ini untuk detail selengkapnya.

Kemenaker keluarkan aturan kenaikan UMP tahun 2023

Kementerian Ketenagakerjaan telah mengeluarkan peraturan terbaru mengenai definisi tersebut UMZ 2023. Aturan tersebut terangkum dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023.

Dalam ketentuan ini, kenaikan upah dibatasi maksimal 10%. Kebijakan tersebut juga mempertimbangkan kondisi masing-masing daerah.

Selain itu, formula markup juga memperhitungkan variabel pertumbuhan ekonomi, inflasi dan beberapa indeks.

Estimasi kenaikan UMP di 34 provinsi

Melansir dari laman Kompas.com, ini dia Jumlah UMP 2023 di setiap provinsi di Indonesia.

Dengan asumsi kenaikan maksimal 10%. Berikut ringkasan lengkapnya.

Tabel estimasi kenaikan UMP tahun 2023

Pengumuman kenaikan UMP 2023 paling lambat hari ini

Selain itu, Kementerian Sumber Daya Manusia melaporkan batas waktu pengumuman keputusan kenaikan tersebut UMZ 2023 yaitu hari ini 28 November 2022.

Komitmen tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023.

PADA Belade Sehubungan dengan itu, Kementerian Tenaga Kerja menetapkan bahwa upah minimum pada tahun 2023 harus terdiri dari upah tanpa tunjangan atau upah pokok dan tunjangan tetap. Di samping itu, Belade Ini juga mengatur kata-kata kenaikan gaji, termasuk:

Formula Kenaikan = Upah Tahun Berjalan + (Penyesuaian Upah Minimum (UM) x UM (tahun berjalan).

[Baca Juga: Kenaikan Upah Buruh Tidak Sepadan Tren Inflasi, Harus Gimana?]

Cek kondisi keuangan sebelum menambah penghasilan

Kira-kira berapa kenaikan UMP di provinsi Anda? Untuk mengantisipasi pengumuman resminya, sebaiknya kita cek kembali kondisi keuangan saat ini.

Agar lebih mudah, Anda bisa mengetahui jawaban pastinya menggunakan fungsi pemeriksaan keuangan di aplikasi keuangan saya.

Alhasil, Anda akan tahu apakah keuangan Anda saat ini sudah masuk kategori sehat atau sebaliknya.

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi bersama perencana keuangan keuangan saya jika diperlukan nasihat tentang manajemen keuangan atau investasi.

Banner Konsultasi WA - DM BARU

Jadi setelah menaikkan UMP, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengalokasikan anggaran dengan benar. Mungkin berguna…

Demikian informasi kenaikan UMP 2023. Nah, bagaimana menurut Anda informasi ini? Jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar, ya?

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber referensi:

  • Editor. 28 November 2022 Gubernur harus mengumumkan kenaikan upah minimum 2023 Hari ini paling lambat. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/3VeAYgT
  • Diva Lufiana Putri. 21 November 2022 Maksimal 10 persen, ini merupakan estimasi UMP 2023 di 34 provinsi.. Kompas.com – http://bit.ly/3APAaqE




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Sah! UU PPSK Atur Pengawasan Aset Kripto oleh OJK