Flashdisk merupakan media penyimpanan yang dapat dilepas, flashdisk juga termasuk dalam kategori media penyimpanan eksternal. Banyak orang menggunakan flash drive sebagai media penyimpanan.

Tetapi flash juga memiliki kelemahan. Kelemahan flashdisk adalah mudah rusak dan mudah hilang karena bentuknya yang kecil. Flashdisk juga sangat mudah terkena virus.

Kelemahan lain dari flash drive adalah terkadang file dapat disembunyikan saat kita menggunakannya. Flashdisk anda kosong, namun kapasitas flashdisk menunjukkan bahwa flashdisk tidak kosong.

File tersembunyi biasanya disebabkan oleh virus pada flash drive. Virus di flash drive membuat file di flash drive tidak terlihat.

Lihat juga: Cara membuat flash drive USB yang dapat di-boot.

Cara memulihkan file tersembunyi di flash drive

Untuk mengatasi masalah ini, saya siap Cara memulihkan flash drive yang disembunyikan di flash drive. Oke, sekarang lakukan hal berikut:

1. Masukkan flash drive

Sambungkan flashdisk yang sebelumnya tersembunyi karena virus.

2. Buka baris perintah

Maka Anda harus masuk tim (Baris perintah) bagaimana melakukannya? Cara termudah adalah dengan mengklik tombol Windows+Rlalu ketik tim dan tekan untuk masuk atau BAGUS.

3. Masukkan flash drive

Setelah Anda memasukkan baris perintah, Anda akan memasukkan flash drive Anda.

Jika flash drive Anda ada di dalam drive (GRAM:) lalu untuk login ketik saja “M:”, lalu masuk. Jika di drive yang berbeda, ganti saja”M:” menjadi drive yang ditempati oleh flash drive Anda.

4. Masukkan atribut perintah -s -h *.* /s /d

Setelah anda memasukkan flashdisk tadi, selanjutnya anda harus mengetikkan perintah :

atribut -s -h *.* /s /d lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

Informasi:

  • attrib -> adalah atribut.
  • (minus) -> buka file tersembunyi. Anda bisa mengubah tanda minus ini menjadi tanda plus (+) jika ingin menyembunyikan data atau file yang terdapat di dalam flash memory. Contoh perintah untuk menyembunyikan: attrib +s +h . / s / d).
  • -s –> berfungsi untuk mengembalikan file dari sistem agar file yang sebelumnya tersembunyi dapat dikenali oleh sistem windows.
  • -h -> perintah ini untuk menampilkan file tersembunyi di flash drive.
  • -r -> berfungsi untuk memberikan perintah read-only atau read-only.
  • . -> Perintah ini digunakan untuk file dengan ekstensi file . memesan . berarti perintah untuk menampilkan semua ekstensi pada flash drive Anda. Tetapi jika Anda hanya ingin memulihkan file video, Anda perlu mengubah formatnya menjadi *.mp4, jika Anda ingin menampilkan gambar, ubah formatnya menjadi *.jpg atau *.png. Jadi terserah Anda format mana yang ingin Anda tampilkan
Baca juga:   5+ Cara Membuat Email Yahoo di HP & Laptop PC

5. Tekan Enter.

Setelah Anda memasukkan perintah di atas, yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan Enter dan tunggu beberapa detik hingga proses selesai.

Untuk memverifikasi bahwa semua data memang dikembalikan, jalankan perintah di atas beberapa kali. Periksa flash drive Anda untuk melihat apakah semua data telah kembali atau tidak.

Lihat juga: Cara menghilangkan flash drive yang tidak terbaca.

6. Selesai

Setelah semua file dikembalikan sepenuhnya. Anda dapat menutup jendela baris perintah dengan satu klik tombol tertutupatau Anda juga bisa mengetik KELUAR lalu masuk.

Catatan. Ketika data kembali seperti yang Anda inginkan, biasanya itu adalah file duplikat yang ditinggalkan oleh virus yang tinggal di flash drive Anda.

Anda dapat menghapus file duplikat secara permanen dengan mengklik tombol Shift+Hapus.

Kesimpulan

Cara yang dijelaskan di atas cukup efektif untuk menangani file yang disembunyikan karena virus. Namun hal yang paling menyebalkan adalah ketika kejadian ini begitu sering terjadi.

Hal ini sering saya alami karena flashdisk saya sering digunakan di bengkel-bengkel TKJ yang banyak virusnya. Oleh karena itu, ketika saya memasukkan flash drive ke komputer atau laptop lain, semua file disembunyikan.

Begitulah Cara mengatasi file tersembunyi di flashdiskselamat mencoba langkah-langkah di atas.

Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi anda yang memiliki file yang di sembunyikan di flashdisk.


https://storyforgeproductions.com