Biasanya ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin mengganti nomor WhatsApp mereka. Salah satu yang paling umum adalah bahwa nomor lama tidak lagi digunakan. Jadi Anda khawatir dia akan hilang atau mati karena dia tidak diisi dengan kredit.

Nah, hal seperti ini yang sering menjadi alasan kenapa kita harus mengganti nomor WhatsApp yang terdaftar di akun. Namun lagi-lagi ternyata masih banyak yang bingung dengan mekanisme pergantian nomor ini. Kami akan membahas cara mengganti nomor whatsapp tanpa kehilangan data.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Whatsapp Error.

Mari kita jawab pertanyaan-pertanyaan ini agar tidak menimbulkan kebingungan di kemudian hari.

Informasi perubahan nomor WA

Yang pertama adalah pertanyaan apakah mengganti nomor WA akan memaksa kita keluar dari grup? Jawabannya TIDAK, ini tidak akan mempengaruhi grup yang kita ikuti. Bahkan di grup sendiri akan muncul notifikasi tentang perubahan nomor kita, agar member lain tahu.

Selain itu, mengganti nomor WhatsApp juga tidak akan menghapus pesan atau chat yang ada di akun kita. Setidaknya selama kita menggunakan smartphone yang sama.

Juga akan lebih aman jika Anda mencadangkan pesan penting Anda ke penyimpanan cloud seperti Google Drive. Untuk kemudian cukup restore setelah mengganti nomor kartu SIM.

Baca Juga: Cara Mencadangkan Obrolan WhatsApp.

Sekarang ada yang khawatir mengubah nomor akan menghapus kontak WA yang kita simpan tadi. Ini tidak benar, selama kontak masih tersimpan di perangkat smartphone, hal ini tidak akan mempengaruhinya sama sekali.

Cara mengganti nomor WA ke HP

Bagaimana? Sekarang Anda memiliki jawaban untuk pertanyaan tentang mengubah nomor WhatsApp. Jadi mereka yang takut karena beberapa hal yang tidak jelas sekarang punya jawaban.

Baca juga:   Cara Install (Ulang) Windows 7 dengan Flashdisk & DVD

Apakah Anda masih ingin melakukan perubahan pada nomor yang digunakan di akun WhatsApp Anda? Apa kamu tau bagaimana caranya? Jika tidak, ikuti petunjuk cara mengganti nomor WA tanpa keluar dari grup atau menghapus chat berikutnya.

1. Buka pengaturan WhatsApp.

Cara mengganti nomor whatsapp

Pertama-tama buka aplikasi WA di smartphone masing-masing. Kemudian klik pada item menu di sudut kanan atas, lalu pilih “Pengaturan”.

Baca Juga: Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus.

Cara mengganti nomor whatsapp

Setelah berhasil masuk ke pengaturan WhatsApp, kita akan melihat beberapa menu. Anda memilih menu “Akun”, yang berisi pengaturan yang terkait dengan akun kami.

3. Pilih Ubah nomor

Cara mengganti nomor whatsapp

Nah disini kita akan langsung menemukan opsi “Ubah nomor” yang tidak lain adalah fungsi mengubah nomor yang terdaftar di akun WhatsApp. Cukup klik pada opsi ini dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Konfirmasi penggantian

Cara mengganti nomor whatsapp

Di sini kita kembali diingatkan bahwa mengubah nomor WA akan membawa segala bentuk informasi dan data dari nomor lama ke nomor baru. Anda tinggal klik Lanjutkan.

5. Isi nomor lama dan baru

Cara mengganti nomor whatsapp

Sekarang masukkan nomor akun WA lama Anda dan nomor baru untuk didaftarkan sebagai pengganti. Pastikan keduanya benar lalu klik Continue.

6. Beri tahu kontak

Cara mengganti nomor whatsapp

Pada titik ini, dimungkinkan untuk memberi tahu daftar kontak tentang perubahan nomor yang kami buat. Anda dapat mengaktifkan opsi dan memilih Selesai.

7. Masukkan kode verifikasi

Cara mengganti nomor whatsapp

Terakhir, kita hanya perlu memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor baru yang kita tulis tadi. Silakan periksa kotak surat Anda dan masukkan kode dengan benar.

8. Nomor WA berhasil diubah

Sejauh ini proses ganti nomor WhatsApp telah berhasil diselesaikan. Grup yang Anda ikuti sekarang akan memiliki pemberitahuan perubahan nomor untuk memberi tahu daftar kontak Anda.

Untuk dapat mengubah nomor WhatsApp ke ponsel baru, Anda dapat memasukkan nomor yang sama di ponsel WhatsApp lain.

FAQ (pertanyaan yang sering diajukan)

Kami merangkum beberapa pertanyaan umum dan yang sering diajukan terkait pembahasan artikel ini.

Apakah mengganti nomor WhatsApp akan menghapus pesan/obrolan?

Jika kita masih menggunakan smartphone/perangkat yang sama, chat WhatsApp tidak akan hilang. Jika Anda ingin mengganti ponsel dan tidak ingin kehilangan isi pesan, silakan backup chat Anda ke akun Google Drive Anda terlebih dahulu, lalu pulihkan untuk memulihkannya.

Apakah mengubah nomor WA akan menghapus kontak?

Tidak, karena daftar kontak WhatsApp kami disimpan di smartphone, jadi mengubah nomor tidak memengaruhinya.

Apakah kontak kami akan mengetahui tentang perubahan nomor tersebut?

Bagi orang-orang yang bergabung dengan grup yang sama dengan kami, mereka akan menerima pemberitahuan perubahan nomor. Tetapi untuk orang lain, Anda tidak akan menerima pemberitahuan pribadi, jadi Anda harus memberi tahu diri Anda sendiri.

Apakah pesan dan panggilan yang masuk ke nomor lama akan diteruskan ke nomor baru?

Tidak, jika seseorang mengirim pesan atau menelepon nomor WA lama Anda, mereka tidak akan terhubung. Nomor tersebut telah dinonaktifkan dan tidak lagi digunakan.

Apakah ini memengaruhi status admin grup?

Mengubah nomor WhatsApp tidak akan berpengaruh. Jika Anda adalah admin grup WA sebelumnya, maka setelah mengganti nomor, status tidak akan berubah.

Bisakah kita beralih kembali ke nomor lama?

Ya, jika suatu saat Anda ingin kembali menggunakan nomor lama, ulangi saja cara yang dijelaskan pada panduan di atas.

Kesimpulan

Sejauh ini, dengan perubahan nomor WhatsApp, semuanya sangat jelas. Ini juga menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin Anda khawatirkan saat ingin mengganti nomor di akun WA Anda.

Baca juga:   5 Cara Menambah RAM Laptop PC di Windows 7/8/10

Demikian pembahasan tentang cara mengganti nomor whatsapp tanpa menghapus pesan dan keluar dari grup. Kami berharap tips dan panduan di atas bermanfaat dan menjawab semua pertanyaan yang ada di kepala Anda. Jika ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan komentar dibawah.


https://storyforgeproductions.com