harga bahan bakar resmi melanjutkan untuk jenis Pertalite, Pertamax dan Bio Solar. Mengikuti pembaruan harga penuh BBM yang dijual di SPBU Pertamina, Shell dan Vivo.

Simak artikel Finansialku selanjutnya untuk informasi lebih lanjut!

Harga BBM resmi naik untuk jenis Pertalite, Bio Solar dan Pertamax

Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite dan Bio-Solar bersubsidi, serta bahan bakar Pertamax nonsubsidi resmi dinaikkan pada Sabtu, 3 September 2022. Kenaikan tersebut resmi berlaku pada pukul 14.30 WIB.

Kenaikan BBM ini juga disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Jokowi menegaskan kenaikan tersebut merupakan bagian dari pengalihan subsidi agar lebih tepat sasaran.

“Lebih dari 70 persen subsidi justru diberikan kepada kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil pribadi. “Diduga, uang negara harus menjadi prioritas untuk pemberian subsidi kepada masyarakat miskin,” kata presiden, melansir kontan.co.id (05/09).

Pembaruan harga BBM Pertamina

Kali ini, “Keuangan Saya” diringkas pembaruan Harga BBM di SPBU Pertamina yang berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia setelah kenaikan pada Sabtu, 3 September 2022. Berikut info selengkapnya!

Harga Energi Surya Bio #1

Untuk BBM bersubsidi Surya / Biosolar berdasarkan harga 6800 rupiah. Harga tersebut berlaku untuk seluruh wilayah Indonesia.

#2 Harga BBM Tipe Pertalite

Jenis bahan bakar bersubsidi pertalite 90 oktan harga saat ini Rp 10.000 untuk seluruh wilayah Indonesia.

#3 Harga BBM Pertamax

Bagi Anda pengguna Pertamax biasa, harga BBM beroktan 92 tetap sama. Meski ada perbedaan harga di beberapa provinsi.

Mengikuti pembaruan lagi.

Pembaruan harga bahan bakar shell

Sementara itu, ada pelanggan di SPBU non-Pertamina, seperti Shell, untuk Anda. Mengikuti pembaruan Harga BBM Shell per 5 September 2022 selengkapnya.

Harga bahan bakar shell - Finansialku

Update harga BBM vivo

Sementara itu, isi ulang Vivo baru-baru ini menjadi perbincangan publik. Pasalnya, mereka menjual BBM beroktan Revvo 89 yang lebih murah dibandingkan Pertalite.

Berikut update harga BBM di stasiun Vivo per liter:

Pembaruan Harga BBM BP AKR

Kemudian Anda bisa mencoba SPBU alternatif lain di BP AKR. Mengikuti pembaruan harga BBM (per liter) di SPBU ini per September 2022:

Subsidi BBM semakin menggelembung

Pada saat yang sama, Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan faktor yang melatarbelakangi kenaikan harga bahan bakar minyak Pertalite, Pertamax dan Bio Solar.

Diduga kenaikan subsidi menjadi faktor utama di balik keputusan untuk menaikkannya. Pemerintah menegaskan akan terus berupaya untuk tidak menaikkan harga BBM di tengah kenaikan harga minyak dunia.

Akibatnya, anggaran subsidi offset bahan bakar 2022 meningkat tiga kali lipat dari Rs 152,5 triliun menjadi Rs 502,4 triliun.

“Sekarang pemerintah harus mengambil keputusan dalam situasi yang sulit. Ini opsi terakhir pemerintah, yaitu menolak subsidi BBM agar harga beberapa BBM yang selama ini disubsidi bisa disesuaikan.” kata Jokowi.

Di sisi lain, pemerintah juga telah menyiapkan bantuan sosial bagi masyarakat sebagai implementasi transfer subsidi BBM. Salah satunya adalah penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM senilai Rp 12,4 triliun.

Bantuan akan disalurkan kepada sekitar 20,65 juta keluarga yang tergolong miskin.

“Ini diberikan kepada 20,65 juta keluarga berpenghasilan rendah dengan Rs 150.000 per bulan mulai September selama empat bulan.”

Selain BLT, pemerintah juga akan memberikan subsidi upah (BSU) kepada sekitar 16 juta pekerja. Setidaknya, alokasi anggaran untuk pelaksanaan program ini sebesar Rp 9,6 triliun.

[Baca Juga: Mau Bahagia? Ketahui Cara Menghemat BBM Mobil Agar Super Irit]

Mengapa harga BBM naik saat harga minyak dunia turun?

Tentu saja, keputusan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi dan Pertamax menimbulkan pertanyaan besar di masyarakat. Namun, harga minyak dunia saat ini sedang mengalami penurunan.

Tak hanya itu, BBM lain seperti Pertamina Dex, Dexlite, Pertamax Turbo juga turun beberapa waktu lalu.

Menteri Keuangan Shri Mulyani juga berbicara tentang masalah ini. Menurutnya, alokasi subsidi akan tetap besar, karena meski ICP sudah menurun.

“Kami terus bertahan dengan harga ICP yang turun ke $90, meskipun subsidi masih akan besar,” Kata Shri Mulyani di YouTube Sekretariat Presiden, launching cnbcindonesia.com (09.04).

Jika harga ICP mencapai $90, subsidi tetap $98,9. Termasuk ketika turun di bawah $90, maka rata-ratanya adalah $97.

Sebagai informasi, ICP sendiri merupakan patokan harga minyak mentah Indonesia. ICP digunakan untuk menghitung bagian keuntungan dalam perjanjian kerjasama, dan juga sebagai dasar untuk menghitung bagian negara dalam penjualan minyak mentah.

Vivo akan segera menyesuaikan harga BBM

Di tengah kenaikan harga BBM, masyarakat saat ini ramai-ramai menyerbu salah satu SPBU milik Vivo. Pasalnya, SPBU menjual BBM merek Revvo dengan nilai oktan 89 yang memiliki harga jauh lebih murah.

Harga per liter bahan bakar jenis ini mencapai Rp 8.900. Dengan cadangan Rp 1.100, tentunya masyarakat memiliki pilihan untuk membeli bahan bakar di SPBU Vivo.

Namun, tampaknya harapan masyarakat akan bahan bakar yang lebih murah akan segera pupus. Pasalnya, CEO Energi dan Mineral tersebut mengatakan bahwa Vivo akan segera melakukan penyesuaian harga.

“Ya, saya punya hubungan dengan Dirut Migas. Nanti mereka akan menyesuaikan, harga mereka akan tetap, tetapi mereka akan menyesuaikan dengan kondisi saat ini,” Tutuka Ariaji mengatakan saat meluncurkan cnnindonesia.com (09.04).

Alasan Vivo menurunkan harga BBM Revvo 89 yang sebelumnya Rs 9.290 menjadi Rs 8.900 per liter, tidak lain adalah untuk menyia-nyiakan stok bahan bakar jenis ini.

Sebagai informasi, jaringan SPBU Vivo saat ini berada di bawah payung PT Vivo Energy Indonesia. Perusahaan ini resmi beroperasi di Tanah Air sejak 2017.

Perusahaan distribusi BBM ini masih terafiliasi dengan Vitol Group, sebagai berikut: Perusahaan raksasa minyak Swiss.

Harga BBM naik, anggarkan biaya transportasi Anda

Meski ada pro dan kontra, sayangnya harga BBM Pertamina diprediksi akan naik. Tentunya kita sebagai masyarakat sekaligus konsumen harus segera beradaptasi.

Salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan adalah meninjau pengeluaran Anda. mengangkut-milikmu. Sehingga alokasi anggaran dapat mencegah kebocoran biaya akibat kenaikan biaya bahan bakar.

Saat ini,bagi anda yang masih bingung tentang penganggaran keuangan, ayo cari tahu informasi lebih lanjut di buku Elektronik Keuangan saya di bawah.

Klik spanduk per unduh saat ini!

Spanduk promosi e-book
Spanduk promosi di e-book

Juga, jika teman keuangan saya memiliki pertanyaan atau membutuhkan nasihat keuangan, silakan berbicara dengan perencana keuangan saya melalui Aplikasi Keuangan saya atau whatsapp dengan nomor 0813-1646-8488.

Jadi informasi tentang harga bahan bakar resmi telah berkembang. Jadi apa pendapat Anda tentang informasi ini? Jangan takut untuk menulis di komentar!

Redaktur: Ratna Sri H.

Sumber referensi:

  • administrator. harga BBM Pertamina. Mypertamina.id – https://bit.ly/3tjE9Z2
  • administrator. harga bahan bakar shell. Shell.co.id – https://bit.ly/3zBnTq9
  • Nova Putri Bestari. 04 September 2022 Mengapa harga BBM naik saat harga minyak turun, Bu Sri Mulyani?. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3BbSpaw
  • Adi Vicanto. 05 September 2022 Harga BBM naik, harga di SPBU ini lebih murah dari pertalite. Kontan.co.id – https://bit.ly/3wYpCnb
  • administrator. 04 September 2022 CEO Energi dan Mineral Mengatakan Vivo Akan Menyesuaikan Harga Bahan Bakar. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3KLBgaG




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia, Minat?