Ada beberapa kabar baik untuk anak-anak. wisatawan. Mulai awal Januari 2023, dia akan dipantau Harga tiket pesawat mulai turun.

Lihat artikel Finansialku berikut ini untuk detail lengkapnya!

Harga tiket pesawat mulai turun mulai Januari 2023

Sejak Januari 2023, terpantau harga tiket pesawat mulai turun. Ini sangat berbeda dengan harga saat Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Setelah searching di berbagai website tiket pesawat on linebeberapa jalur favorit, seperti Jakarta ke Bali atau Jakarta ke Yogyakarta, tarif mulai turun.

Tercatat untuk rute Jakarta – Yogyakarta, tiket termurah berada di kisaran Rp 482.000 jika menggunakan Lion Air.

Sedangkan jika menggunakan maskapai TransNusa, rute yang sama dikenai biaya Rp 499.000.

Jika kita bandingkan harga tiket sebelumnya, maka rute Jakarta – Yogyakarta harganya mulai dari 800.000 hingga 1 juta rupiah.

Harga avtur memicu penurunan harga tiket

Tentu ada alasan yang menyebabkan turunnya harga tiket pesawat. Kali ini terjadi karena suatu alasan Penurunan harga BBM avtur.

Per 1-14 Januari 2023, harga avtour di Bandara Soekarno Hatta (CGK) sedikit menurun dibanding periode sebelumnya.

Sebelumnya harga avtur berkisar Rp 15.170 per liter, kini menjadi Rp 15.136 per liter. Harga ini berlaku untuk biaya penerbangan domestik.

Sedangkan pengisian rute internasional yang dulunya 88,5 sen AS per liter kini menjadi 88,3 sen AS per liter.

Tidak hanya di Bandara Soekarno Hatta (CGK). Pemotongan harga avtour juga terjadi di Bandara Ngurah Rai (DPS) Bali.

Harga avtur yang dulunya Rp 17.685 per liter, kini menjadi Rp 17.318 per liter. Untuk rute internasional dari Bali dari 103 sen AS per liter menjadi 101 sen AS per liter.

[Baca Juga: Cara Mudah dan Cepat Booking Tiket Pesawat via Online dan Offline]

Tidak menyentuh harga tiket sebelum pandemi

Kolumnis penerbangan Arista Atmajati menjelaskan, avtur memang salah satu komponen yang menentukan harga tiket pesawat.

Namun, mengingat armada saat ini juga menyusut, ini berarti harga tiket pesawat mungkin tidak turun sebanyak tahun 2019.

seperti apa itu panasdberkembang, namun pasokan yang tersedia masih terbatas.

Bisa dibilang penurunan harga hanya berkisar Rp 100.000 – 120.000. Sejauh ini belum ada penurunan yang signifikan.

Arista pun memberi kritik terhadap maskapai penerbangan yang cenderung lamban dalam menyesuaikan harga tiket pesawat saat harga BBM turun.

“Sepertinya sengaja diperlambat. Tidak adil. Minyak turun sebulan, koreksi dalam dua bulan,” ujarnya mengutip Suara.com.

“Lihatlah penurunan harga minyak. tunggu dan Lihat sebelum. Bulan dua bulan datarsementara penyesuaian Pertamina terjadi dengan cepat,” lanjutnya.

Jumlah pesawat saat ini sekitar 311 pesawat, yang mencapai 800-900 pesawat sebelum pandemi Covid-19.

Hal ini membuat sulit untuk menurunkan harga tiket pesawat. Meski sebenarnya ada upaya maskapai untuk menambah jumlah armada, namun hanya beberapa pesawat yang diperkenalkan.

Tips Menyiapkan Dana untuk Liburan

Mengetahui bahwa harga tiket turun, Anda berminat merencanakan liburan dalam waktu dekat?

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Bali atau Yogyakarta dan sudah memiliki tabungan yang cukup. Artinya, Anda hanya perlu mengatur jadwal, Tidak?

Tapi, jika ternyata dananya tidak cukup, sebaiknya jangan dipaksakan. Ayolah, selagi ada waktu, gunakan tabungan dulu sampai terkumpul dana.

Untuk mempermudah pengaturan dan perencanaan dana liburan, Anda bisa menggunakannya aplikasi keuangan saya. Nantinya Anda akan mendapatkan gambaran sekaligus simulasi perhitungan dana yang Anda butuhkan.

Selain itu, jika sobat keuangan membutuhkan saran lebih lanjut tentang perencanaan dana liburan, ikuti saja petunjuk di dalamnya eBuku keuangan saya Cara menghabiskan liburan seru Anti Bokek. Mungkin berguna…

Nah, itulah tadi informasi mengenai harga tiket pesawat yang mulai turun. Jika kamu punya pendapat tentang artikel ini, jangan lupa tulis di kolom komentar., Ya!

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber:

  • Emir Janvardhana. 9 Januari 2023 Warga negara Indonesia memiliki kabar baik, harga tiket, dll. pesawat turun. CNBC Indonesia – http://bit.ly/3k3z59g
  • Ivan Supriyatna. 10 Januari 2023 Ayo liburan lagi, harga tiket pesawat ke destinasi favorit mulai turun. Suara.com – http://bit.ly/3ZutBV6




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Total 24 Hari, Ini Daftar Libur Nasional 2023 Plus Cuti Bersama!