Bisa dikatakan masalah ini sangat ditakuti, karena jika hardisk rusak total maka data yang ada di hardisk tidak bisa disimpan.

Bisakah Anda bayangkan jika data di hard drive Anda hilang? Saya sendiri menggunakan hardisk eksternal untuk menyimpan data-data penting yang ukuran filenya cukup besar.

Penyebab Hard Drive Eksternal Tidak Dapat Dibaca

Namun sebelum kita membahas cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu penyebab hardisk eksternal tidak terbaca.

Berikut ini adalah beberapa penyebab harddisk eksternal tidak terbaca antara lain.

1. Windows tidak mengenali drive

Ketika hard drive terhubung ke Windows, maka secara otomatis akan mengenali dan membaca hard drive. Lalu bagaimana jika tidak terbaca? Yah, mungkin masalah dengan pengaturan sistem.

2. Masalah kabel USB

Untuk menghubungkan hard drive eksternal ke PC atau laptop, Anda memerlukan kabel USB. Fungsinya ada 2 (dua) yaitu kabel data dan kabel power, jika salah satu rusak bisa mempengaruhi yang lain.

3. Karena jatuh

Hardisk merupakan komponen yang sangat sensitif terhadap goncangan, jika terjatuh bisa sangat mempengaruhi drive menjadi bad sector.

4. Harddisk sudah tua

Jika HDD Anda telah digunakan lebih dari 5 (lima) tahun, jangan heran jika tiba-tiba rusak, karena ini cukup normal.

5. Kandang hard drive longgar

Kasing HDD memiliki port SATA dengan adaptor ke USB, bisa dibayangkan jika kasingnya menjuntai. Ini kemudian dapat menyebabkan hard drive eksternal tidak dapat dibaca oleh komputer.

Cara memperbaiki hard drive eksternal yang tidak dapat dibaca

Mengatasi hardisk yang bermasalah memang sulit, mudah saja selama komponen hardisk masih rapi maka drive yang tidak terdeteksi dapat ditemukan kembali. Apa saja langkah-langkahnya? Lihat di bawah.

Baca juga:   3 Cara Menghilangkan Warna Tulisan Hasil Copy-Paste di Microsoft Word

1. Atur Ulang Manajemen Disk

Setel Ulang Manajemen Disk

Alasan mengapa beberapa orang hanya melihat hard drive tidak dapat dibaca atau lumayan Menyetirmeskipun itu bisa menjadi masalah driver dan itu hanya muncul di Manajemen Disk. Berikut langkah-langkahnya,

  • Di kotak pencarian Windows ketik Manajemen Disk -> lalu buka Manajemen Disk
  • Kemudian periksa apakah HDD Anda terdeteksi di sana?
  • Jika ada maka driver klik kanan -> lalu klik Hapus volume
  • Kemudian klik kanan drive “Format Result” -> lalu klik Volume Sederhana Baru.
  • Kemudian ikuti petunjuknya sampai selesai, untuk format disk pilih FAT32.

Catatan: Cara ini akan menghapus data yang tersimpan di harddisk, jadi pikirkan dulu sebelum menggunakan cara ini.

2. Ganti port USB

Setiap komputer atau laptop harus memiliki lebih dari satu port USB. Perlu diingat bahwa setiap port memiliki kualitas pengiriman yang berbeda, misalnya port USB di bagian belakang komputer lebih baik daripada port USB di bagian depan.

Di sini Anda perlu memastikan bahwa hard drive terhubung ke port yang benar. Jika Anda perlu memindahkan – pindahkan port hingga terbaca.

3. Lakukan format tingkat rendah

Buat format tingkat rendah

Apa itu format tingkat rendah? Pemformatan tingkat rendah adalah proses pemformatan yang dirancang untuk menghapus data hard disk hingga pembersihan total (100%).

Ini berarti bahwa semua file yang disimpan, apakah itu file yang terlihat atau tidak terlihat, file pengaturan sistem di hard drive, dll., juga akan hilang. Dengan demikian, format tingkat rendah berbeda dari format biasa.

Anda dapat mencoba menggunakan HDD Alat Pemformatan Tingkat Rendah:

  1. Download dulu softwarenya disini
  2. Instal dan buka perangkat lunak
  3. Kemudian pilih HDD Eksternal dalam daftar
  4. kemudian Melanjutkan untuk memulai Format
Baca juga:   4 Cara Mematikan Notifikasi WhatsApp Android & iPhone

Lamanya proses ini tergantung dari kapasitas harddisk dan seberapa banyak dan seberapa banyak data yang ada di harddisk tersebut. Jika ini selesai, hard drive biasanya akan kembali normal.

4. Coba ganti kabel USB casing

Antara lain, terdapat 2 (dua) jenis kabel USB pada casing HDD.

  • USB tipe C (ukuran tebal)
  • USB ke USB

Anda dapat mencoba mengganti kabel dari casing HDD, terkadang cukup banyak mempengaruhi, terutama jika kabelnya tidak bagus. Harga kabel berkisar antara 20 hingga 30 ribu.

5. Ganti Kandang HDD

Ini biasanya disarankan ketika seseorang bertanya mengapa hard drive eksternal tidak dikenali oleh komputer. Pasalnya, casing merupakan bagian penting, seperti halnya kabel.

Di dalam kasing ada port SATA, serta konverter untuk mengkonversi ke USB. Jika rusak tentu akan mengganggu fungsinya. Anda dapat mencoba mengganti casing HDD.

6. Ubah huruf hard drive

Ubah huruf hard drive

Seperti yang Anda ketahui, jika HDD terdeteksi oleh Windows, akan muncul huruf, misalnya HF: dan seterusnya.

Di sini juga ada masalah kecil, lalu Hurufnya tidak muncul, lalu efeknya seperti HDD tidak terdeteksi. Cara mengatasinya seperti di bawah ini,

  • Di kotak pencarian Windows ketik Manajemen Disk -> lalu buka.
  • Pilih hardisk eksternal yang sudah terbaca –> lalu klik Ubah huruf dan jalur drive
  • Setelah itu klik Menambahkan atau Mengubah tambahkan huruf
  • Ikuti petunjuknya sampai selesai.

7. Garansi hard drive

Cara ini hanya bisa digunakan bagi Anda yang masih memiliki hardisk yang masih bergaransi. Biasanya masa garansi HDD sampai dengan 2 (dua) tahun. Tetapi jika hard drive Anda sudah keluar dari masa garansi, maka Anda tidak dapat menggunakan metode ini.

8. Penggunaan penulisan angka nol

Penggunaan menulis nol

Metode ini dapat digunakan untuk memformat hard drive eksternal yang tidak dapat dibaca oleh Windows. Namun, jika Anda menggunakan metode ini, data di hard drive Anda akan terhapus sepenuhnya.

Baca juga:   3 Cara Mengunci Aplikasi di HP Xiaomi tanpa Aplikasi

Cara ini tidak disarankan, sebaiknya gunakan cara lain saja jika tidak ingin data di hardisk terhapus.

9. Perbaiki melalui hard drive menggunakan CMD

Untuk langkah yang satu ini, kamu bisa menggunakan CMD di Windows, namun disarankan untuk berhati-hati jika menggunakan cara ini karena filenya bisa diformat. Berikut langkah-langkahnya.

Memulihkan hard drive eksternal menggunakan CMD
  • Klik kanan menu mulai lalu pilih saja Windows PowerShell (Administrator)
  • Kemudian ketik chkdsk/f/r/cf: di CMD, lalu tekan Enter.
  • Tunggu hingga proses selesai.

Kesimpulan

Harddisk eksternal tidak terbaca oleh laptop dan PC biasanya disebabkan oleh Windows tidak mengenali drive, kabel USB bermasalah, harddisk jatuh, harddisk lama, casing hardisk kendor, dan lain sebagainya.

Anda bisa mengatasi harddisk yang tidak terbaca ini dengan beberapa cara yang sudah Teknoinside jelaskan di atas.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi masalah hardisk eksternal yang tidak terbaca. Kami berharap artikel ini menambah pemahaman kami dan semoga hard drive Anda dapat diperbaiki. Jika ada kesalahan dalam artikel ini, mohon dimaafkan dan dimaklumi.


https://storyforgeproductions.com