Istilah “hosting” ini mungkin terdengar sedikit asing bagi Anda, walaupun sudah sering bermain di internet, bagi Anda yang bukan blogger mungkin belum tahu apa itu hosting.

Memang benar hosting ini tidak populer di kalangan orang yang hanya ingin eksis di internet, hosting ini bahkan lebih familiar dan dikenal para blogger yang ingin tidak hanya eksis tapi juga mencari uang melalui internet.

Saat ini internet berkembang pesat, saat ini banyak teknologi baru yang dikembangkan. Lain waktu adalah perkembangan teknologi seputar fasilitas penyimpanan.

Sejauh yang Anda tahu, Anda mungkin hanya tahu di mana hard drive, memori, dan semacamnya disimpan, meskipun ada yang namanya penyimpanan virtual di Internet. Salah satunya adalah tempat menyimpan website atau blog.

Sebelum Anda membuat blog atau website, Anda harus terlebih dahulu memilih host yang menurut Anda terbaik dan optimal untuk website yang ingin Anda buat.

Ada berbagai jenis hosting, ada hosting yang bisa Anda gunakan secara gratis, dan ada hosting yang harus Anda beli sebelum bisa menggunakannya.

Agar Anda lebih memahami tentang hosting, Anda bisa membaca ulasan berikut tentang pengertian, fungsi dan jenis hosting yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Hosting

pemahaman lengkap tentang hosting

Hosting adalah suatu tempat yang digunakan untuk menampung data-data yang diperlukan untuk membuat website yang akan kita kelola.

Situs ini dapat dibandingkan dengan sebuah rumah di mana kita dapat menyimpan berbagai hal dan melakukan apapun yang kita inginkan di rumah ini.

Jika kita ingin membeli atau menyewa rumah tentunya membutuhkan tanah untuk membangunnya.

Hosting di sini diibaratkan dengan tanah yang di atasnya berdiri rumah yang ingin kita bangun. Hosting memiliki server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Baca juga:   20+ Cara Download Lagu MP3 di Laptop & HP 2022

Fitur hosting

fungsi hosting

Mungkin sekarang anda sudah paham apa itu hosting, tapi mungkin anda ingin menanyakan hal lain tentang apa fungsi utama dari hosting ini, apa fungsinya untuk situs kita?

Apakah fungsinya benar-benar penting? Oke disini saya akan menjelaskan, ada dua fitur utama dari hosting, disini saya akan menjelaskan tentang kedua fitur tersebut.

Tempat penyimpanan data

Seperti yang saya katakan di atas, hosting adalah tempat penyimpanan. Semakin luas ukuran tanah kita, semakin kita bisa membangun rumah yang lebih luas dan bisa menampung berbagai hal.

Dengan demikian, hosting berbayar memiliki harga yang sangat bervariasi tergantung dari ukuran atau kapasitas penyimpanan yang disediakan, penyimpanan yang diberikan juga bervariasi dari puluhan MB hingga ratusan GB.

Semakin banyak ruang yang Anda inginkan, semakin mahal pula hosting yang ditawarkan.

Hal inilah yang biasanya membuat orang memilih antara hosting gratis dan berbayar, kebutuhan setiap orang berbeda-beda tergantung website yang dikembangkan, semakin besar website maka semakin banyak space yang dibutuhkan.

Hosting gratis biasanya hanya menyediakan sedikit penyimpanan yang hanya bisa digunakan untuk menyimpan data website.

Menjaga ketersediaan website 24 jam

Tergantung hosting yang Anda pilih, jika Anda memilih hosting yang bagus dan server tidak pernah down, maka jika ada pengunjung yang ingin mengunjungi situs Anda, mereka akan mengaksesnya tanpa masalah.

Ada beberapa host yang memiliki beberapa kelemahan seperti server downtime ketika situs Anda memiliki banyak pengunjung.

Bagi anda yang berkecimpung dalam bisnis online sebaiknya menghindari hal-hal seperti ini karena dapat membuat pelanggan anda merasa tidak nyaman, maka dari itu sebaiknya anda memilih hosting yang bagus, dan server tidak begitu mudah mati jika pengunjung banyak.

Baca juga:   Shin Tae-yong Memikat Jim Croque dan Kai Boham

Jenis hosting

jenis hosting

Hosting Ada beberapa jenis hosting yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut akan saya jelaskan macam-macam jenis hosting:

1. Hosting gratis

Anda bisa mendapatkan hosting ini secara gratis dan gratis. Namun hosting ini memiliki kekurangan, seperti yang saya jelaskan di atas yaitu hosting gratis memiliki jumlah penyimpanan yang terbatas.

Selain itu, layanan yang diberikan sangat terbatas dan Anda tidak dapat memiliki domain kustom saat menggunakan hosting gratis. Hosting gratis yang bisa Anda gunakan antara lain blogger, wordpress, weebly, tumblr dan lain sebagainya.

2. Hosting bersama

Orang yang menggunakan hosting berbayar biasanya menggunakan hosting ini karena harga hosting ini cukup terjangkau. Lebih bijaksana lagi jika di atur ke target pengunjung, jika Indonesia lebih baik memilih hosting Indonesia.

Sharde Hosting menempatkan beberapa situs web pada sumber daya RAM dan CPU yang sama, mereka berbagi banyak sumber daya. Layanan ini cocok bagi Anda yang memiliki blog pribadi dan pengunjungnya tidak terlalu banyak.

3. Hosting khusus

Hosting ini hampir mirip dengan shared hosting, bedanya satu server hanya digunakan untuk satu website, jadi satu dedicated server hanya digunakan untuk mengelola satu website.

Ada dua jenis dedicated hosting, yaitu: Server Khusus (mobil atau server yang disediakan pada penyedia hosting) sebaik Colocation (server atau mesin yang disediakan oleh klien sendiri, yang kemudian di-host oleh pusat hosting).

Pengguna yang menggunakan hosting khusus akan mendapatkan keuntungan dari kinerja yang andal dan keamanan Anda akan lebih terjaga karena tidak ada situs web lain di server yang sama.

Lihat juga: Cara memilih hosting.

4. Hosting VPS

VPS, yang artinya Server Pribadi Virtualhosting ini mirip dengan shared hosting tetapi VPS ini memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Baca juga:   8 Cara Mengirim Email Gmail di HP dan Laptop PC

Dengan menggunakan VPS, kita dapat menginstal aplikasi dan juga menggunakan semua sumber daya yang tersedia di server tanpa mengkhawatirkan klien lain. VPS hosting sangat cocok bagi Anda yang memiliki banyak pengunjung ke situs Anda.

5. Hosting awan

Yang terakhir adalah cloud hosting. Cloud hosting adalah hosting dengan banyak server, dimana setiap server dapat terhubung dengan server lain untuk menjaga performa website.

Jika Anda menggunakan cloud hosting, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan kinerja situs web Anda karena situs web Anda akan sangat stabil karena server saling terhubung satu sama lain untuk menjaga kinerja situs web tetap stabil.

Jika Anda tertarik untuk membangun toko online, saya merekomendasikan jetorbit. Di sini, jika Anda tertarik, silakan kunjungi situs web toko layanan online.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, sekarang kita tahu bahwa hosting adalah tempat atau cloud storage yang digunakan untuk menyimpan data untuk membuat website. Panas itu seperti tanah di mana Anda bisa membangun rumah.

Demikian sekilas tentang pengertian hosting, fitur hosting dan jenis-jenis hosting, sembari anda sudah mengetahui apa itu hosting dan fitur-fiturnya, anda juga bisa memilih hosting yang cocok untuk situs anda.


https://storyforgeproductions.com