Harga mobil dan sepeda motor listrik akan lebih rendah berkat rencana pemerintah. Lalu berapa banyak diskon untuk mobil listrik dan sepeda motor apa yang telah diberikan pemerintah dan bagaimana perkembangannya di indonesia sekarang?

Simak penjelasan lengkapnya di artikel keuangan saya di bawah ini.

Aturan untuk promosi kendaraan listrik

Rencana pemerintah untuk mensubsidi kendaraan listrik kemungkinan akan dilaksanakan tahun depan.

Menteri Perindustrian Agus Gumivang Kartasasmitha menyampaikan pengumuman itu langsung dalam pernyataan YouTube Sekretariat Negara pada Rabu (14/12/2022).

Agus Gumivang mengatakan, penghitungan insentif untuk pembelian kendaraan listrik sedang dimatangkan.

“Pemerintah sekarang dalam tahap akhir, sedang menghitung untuk memberikan insentif bagi pembelian mobil dan/atau kendaraan listrik. Hadiah akan diberikan kepada pembeli yang membeli mobil atau motor listrik yang memiliki pabrik di Indonesia,” kata Agus Gumivang.

Agus juga mengungkapkan, pemerintah saat ini sedang menyelesaikan skema subsidi kendaraan listrik yang mencakup kendaraan listrik. hibridakendaraan listrik murni, hingga konversi.

Sedangkan aturan mengenai pemberian insentif kepada produsen kendaraan listrik yang menggunakan baterai tersebut telah tercantum dalam Perpres Nomor 55 Tahun 2019.

Ketentuan mengenai hal ini terdapat dalam Bab III yang mengatur tentang pemberian insentif baik fiskal maupun nonfiskal. Peraturan itu terdiri dari lima pasal, yakni pasal 17, pasal 18, pasal 19, pasal 20, dan pasal 21.

Besaran subsidi yang diberikan

Terkait insentif untuk kendaraan listrik, Agus mengatakan pemerintah akan memberikan insentif Rp 80 juta. Selama ada insentif 40 juta rupiah Indonesia akan memberikan untuk pembelian kendaraan listrik hibrida.

Selain itu, Agus mengatakan pembelian sepeda motor listrik juga akan mendapatkan subsidi.

“Insentif Rp 8 juta akan diberikan untuk sepeda motor listrik baru, dan insentif Rp 5 juta akan diberikan untuk konversi sepeda motor menjadi sepeda motor listrik,” kata Agus.

Perlu Anda ingat bahwa promosi kendaraan listrik ini tidak berlaku untuk semua model, melainkan jika merek tersebut memiliki pabrik di Indonesia.

Selama ini untuk mobil listrik buatan Indonesia ada Hyundai Ioniq dan Wuling Air ev. Sedangkan untuk mobil hibridamiliki Kijang Innova Zenix hibridaWuling Almaz Hybrid dan Suzuki Ertiga Hybrid.

[Baca Juga: Dampak Mobil Listrik Terhadap Perekonomian Republik Indonesia]

Harapan untuk mendorong kendaraan listrik

Pemerintah berencana memberikan insentif agar harga mobil dan sepeda motor listrik lebih terjangkau masyarakat.

Tujuan subsidi pembelian ini adalah untuk merangsang daya beli masyarakat Indonesia untuk beralih ke kendaraan listrik ramah lingkungan.

Juga, untuk mencapai tujuan Indonesia ke pergi ke Nol emisi tahun depan 2060.

Pemerintah juga menyatakan bahwa insentif ini sangat penting. Mengingat berbagai negara maju telah memberikan insentif untuk membeli sepeda motor listriknya.

“China juga memberikan insentif, negara yang sebenarnya kompetitor kita, Thailand, juga memberikan insentif. Tentu setiap negara memiliki kebijakannya masing-masing, namun intinya adalah memberikan insentif. Dalam konteks ini, Indonesia ingin mendorong penggunaan listrik yang lebih cepat,” jelas Agus.

Insentif ini diharapkan dapat mendorong produsen untuk memproduksi mobil dan sepeda motor listriknya di dalam negeri. Dengan demikian, semakin banyak kendaraan dan sepeda motor listrik yang diberi label “Made in Indonesia”.

“Dengan memberikan insentif untuk pembelian kendaraan dan sepeda motor listrik, kami sekaligus akan memaksa produsen mobil dan sepeda motor listrik untuk mempercepat pelaksanaan investasi kendaraan atau sepeda motor listrik di Indonesia,” pungkas Agus.

Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

Di sisi lain, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkapkan armada kendaraan listrik Indonesia per September 2022 sudah lebih dari 25.000 unit. Data ini tidak termasuk hibrida atau orang lain.

Lagi DetailIndonesia memiliki sedikitnya 21.668 sepeda motor listrik dan 3.317 kendaraan listrik.

Selain itu, jumlah kendaraan roda tiga di pangkalan listrik sebanyak 274 unit, bus sebanyak 51 unit, truk sebanyak 6 unit.

Data ini diambil Kementerian Perindustrian dan Perdagangan berdasarkan pendaftaran kendaraan listrik baterai ke Kementerian Perhubungan (Kemenhab) periode 2015 hingga September 2022.

Berencana membeli mobil listrik?

Demikian informasi regulasi dan jumlah insentif kendaraan listrik dan sepeda motor yang perlu Anda ketahui.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satu kendaraan listrik ini?? ayosegera buat rencana keuangan agar bisa terwujud sesuai harapan dengan keuangan saya.

Anda bisa berdiskusi langsung dengan perencana keuangan My Financials untuk mendapatkan strategi perhitungan yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda saat ini. Klik pada spanduk di bawah ini untuk memesan konsultasi. Ya.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan rekomendasi tambahan melalui buku elektronik bebas dari keuanganku Apa strategi pembelian mobil favorit Anda? pertimbangkan untuk membeli uang tunai serta pulsa dan berbagai tips lainnya. Mungkin bisa membantu.

Dapatkan informasi menarik lainnya di artikel keuangan saya. Bagikan juga artikel ini kepada orang-orang terdekat Anda yang berencana membeli mobil listrik tahun depan. terima kasih

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber referensi:

  • Aprilia Mega Nanda. 14 Desember 2022 Beli mobil listrik dan dapatkan bonus Rp 80 juta, sepeda motor listrik Rp 8 juta. Kompas.com – https://bit.ly/3hx6yI7
  • Dina Rayanti. 15 Desember 2022 Seru! Pembelian mobil listrik akan disubsidi Rp 80 juta, mobil hybrid disubsidi Rp 40 juta. Detik.com – https://bit.ly/3iZPDOV
  • Berlian Putri Almadina. 15 Desember 2022 Subsidi kendaraan listrik tahun depan, bagaimana persiapannya? Detik.com – https://bit.ly/3hoKCPF
  • admin. 14 Oktober 2022 Berapa populasi kendaraan listrik di Indonesia saat ini? Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3HAzaLp
  • Gilang Satria. 16 Agustus 2019 Insentif ini sejalan dengan Keputusan Presiden tentang Kendaraan Listrik. Kompas.com – https://bit.ly/3FtIDRR




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   20 Mobil Terlaris November 2022, Mobil Honda Masih di Puncak!