Sebuah PC atau laptop biasanya dilengkapi dengan perangkat keras yang berbeda. Dan agar perangkat keras dapat terhubung dan bekerja dengan komputer, kita membutuhkan driver.

Sederhananya, driver adalah program atau perangkat lunak yang menyediakan komunikasi antara perangkat keras dan sistem operasi. Sehingga keduanya dapat terhubung dengan baik dan saling bekerja sama.

Tanpa driver, ketika kita memasang perangkat keras seperti mouse, keyboard, monitor, dll, tidak dapat digunakan. Karena meskipun terhubung secara fisik, tidak dapat terhubung ke sistem operasi komputer karena tidak memiliki driver.

Oleh karena itu, sebagai pengguna, kita harus mengetahui cara menginstal driver di laptop. Tidak hanya itu, kita juga perlu mengetahui tips menemukan driver yang tepat untuk perangkat tersebut.

Karena setiap sistem operasi dan perangkat dengan spesifikasi yang berbeda akan membutuhkan jenis driver yang berbeda pula. Oleh karena itu, Teknoinside akan membagikan cara menginstal driver dan memperbaruinya ke versi terbaru untuk pemula.

Cara menginstal driver di komputer laptop

Aplikasi pertama yang direkomendasikan untuk update driver di laptop adalah Driver Booster. Ini akan membantu untuk dengan mudah menemukan apa yang dibutuhkan perangkat kita.

Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi repot memeriksa driver yang terinstal satu per satu. Apakah Anda ingin tahu cara menggunakannya? Silahkan ikuti panduan selanjutnya.

1. Unduh dan instal Driver Booster

Pertama, Anda perlu mendownload software Driver Booster terlebih dahulu. Setelah itu, instal saja sebagai aplikasi secara keseluruhan.

2. Pindai driver perangkat

Cara menginstal driver menggunakan Driver Booster

Kemudian anda buka Driver Booster yang sudah terinstall. Klik tombol Pindai untuk memulai proses pemindaian.

3. Tunggu proses pemindaian

Cara menginstal driver menggunakan Driver Booster

Perangkat lunak akan segera memindai perangkat kita. Secara otomatis memeriksa driver mana yang perlu diinstal dan memperbarui ke versi terbaru.

4. Pembaruan driver diperlukan

Cara menginstal driver menggunakan Driver Booster

Ketika proses pemindaian selesai, daftar driver yang perlu diperbarui akan segera muncul. Anda bisa langsung klik opsi “Update”, lakukan ini satu persatu hingga semua driver berhasil terinstall.

Baca juga:   10 Cara Mengetahui Judul Lagu di HP dan Laptop PC

Cara Memperbarui Driver PC Laptop

Jika Anda adalah tipe orang yang tidak menyukai kerumitan, maka software ini sangat direkomendasikan. Hal ini dirancang untuk memudahkan kita dalam menginstal dan memperbarui driver pada laptop dan komputer.

Hanya dengan satu klik, aplikasi ini dapat menyelesaikan pekerjaan dengan sangat cepat. Jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa langsung mengikuti panduan di bawah ini:

1. Unduh dan instal paket driver

Seperti sebelumnya, terlebih dahulu kita harus mendownload program Driver Pack Solution. Lanjutkan dengan instalasi pada perangkat yang sesuai.

2. Temukan driver yang perlu Anda perbarui

Cara memperbarui driver menggunakan Driver Pack Solution

Setelah instalasi berhasil, Anda dapat langsung membuka aplikasi. Biasanya secara otomatis memindai driver di perangkat kami.

3. Instal pembaruan driver

Cara memperbarui driver menggunakan Driver Pack Solution

Setelah selesai, daftar driver yang diperlukan dan harus diinstal pada PC atau komputer Anda akan segera muncul. Cukup klik Instal Semua.

4. Tunggu proses instalasi

Cara memperbarui driver menggunakan Driver Pack Solution

Terakhir, tunggu saja driver yang diperlukan untuk menginstal. Proses ini bisa memakan waktu lama, jadi bersabarlah dan tunggu.

Cara menginstal driver di Windows 10

Aplikasi ketiga ini juga tidak kalah dengan yang sebelumnya. Ini memiliki database yang cukup besar sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan driver yang tepat untuk perangkat Anda.

Selain itu, ukurannya juga relatif kecil, sehingga sangat mudah dijalankan bahkan di komputer spek rendah. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan periksa cara menggunakannya di bawah ini:

1. Unduh dan instal aplikasi

Cara memperbarui driver dari Easy Drive

Jangan lupa, pertama-tama kita harus menginstal software Easy Driver di masing-masing perangkat kita.

2. Pindai driver pada perangkat

Cara memperbarui driver dari Easy Drive

Setelah itu, lanjutkan memindai perangkat Anda untuk menemukan driver yang perlu diinstal atau diperbarui.

3. Tunggu proses pemindaian

Cara memperbarui driver dari Easy Drive

Kita harus sedikit bersabar sambil menunggu proses scanning selesai. Waktu yang dibutuhkan akan berbeda untuk setiap perangkat.

Baca juga:   12 Cara Merawat Hardisk PC & Laptop: Awet, Tahan Lama

4. Perbarui driver komputer Anda

Cara memperbarui driver dari Easy Drive

Terakhir, Anda akan langsung disajikan daftar driver yang perlu diperbarui. Di sini kita dapat memilih untuk memperbaruinya satu per satu atau sekaligus.

Cara memperbarui driver secara otomatis

Untuk tips berikut, kami tidak akan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Karena Windows sendiri sebenarnya sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengecek update driver yang terinstall.

Jika belum tahu caranya, bisa langsung cek tutorialnya berikut ini:

1. Hubungkan perangkat Anda ke Internet

Pertama, Anda harus memastikan bahwa komputer atau komputer Anda terhubung ke Internet. Karena kami akan membutuhkannya untuk memeriksa versi driver terbaru.

2. Buka Pengelola Perangkat

Cara memperbarui driver secara otomatis

Kemudian klik tombol Start, lalu ketik Device Manager dan tekan Enter. Akan ada daftar peralatan yang terhubung ke perangkat kita.

3. Perbarui driver perangkat keras Anda

Cara memperbarui driver secara otomatis

Klik kanan salah satu perangkat keras yang ada, lalu pilih Update Driver Software.

4. Pilih pencarian online

Cara memperbarui driver secara otomatis

Di bagian ini, klik “Cari secara otomatis untuk pembaruan perangkat lunak driver”. Ini akan membuat perangkat kami secara otomatis memeriksa pembaruan driver secara online.

5. Perbarui driver yang ada

Cara memperbarui driver secara otomatis

Jika pembaruan tersedia untuk versi terbaru, itu akan segera muncul. Namun jika driver Anda sudah up to date, maka akan muncul notifikasi seperti di atas.

Cara memperbarui driver secara manual

Cara ini hampir sama dengan cara sebelumnya, namun bedanya kita akan mencari paket driver secara manual di internet. Yaitu melalui situs yang menyediakan paket driver gratis untuk diunduh dan digunakan.

Jadi tips ini akan membutuhkan lebih sedikit usaha daripada yang sebelumnya. Namun, metode ini cukup ampuh untuk menemukan paket driver yang sesuai untuk perangkat kita. Jika cara sebelumnya tidak berhasil, coba tips berikut:

1. Buka Pengelola Perangkat

Cara memperbarui driver secara manual

Mari kita mulai dengan membuka dengan membuka Device Manager seperti sebelumnya. Yaitu dengan mengklik Start, lalu Device Manager, lalu Enter. Anda juga dapat meluncurkan, pilih “Control Panel” dan klik “Device Manager”.

Baca juga:   Cara Mengatasi Flashdisk Minta di Format + Penyebab

2. Buka properti perangkat keras

Cara memperbarui driver secara manual

Setelah dibuka, klik kanan pada salah satu perangkat di Pengelola Perangkat. Sebuah jendela pop-up akan terbuka dan kemudian pilih “Properties”.

3. Lihat detail pengemudi

Cara memperbarui driver secara manual

Jika Anda memasukkan informasi driver, pindahkan ke tab Details. Di bagian Properties, pilih opsi Hardware IDs.

4. Salin ID perangkat keras

Cara memperbarui driver secara manual

Kemudian di bagian bawah Anda akan melihat hasil ID perangkat keras. Klik kanan dan pilih “Salin” untuk menyalinnya.

5. Buka situs pencarian driver.

Cara memperbarui driver secara manual

Kemudian buka situs paket driver dan tempel apa yang Anda salin sebelumnya ke dalam formulir pencarian dan klik “Temukan”.

6. Unduh paket driver

Cara memperbarui driver secara manual

Situs akan menemukan paket driver yang sesuai tergantung pada perangkat. Anda cukup mendownloadnya dengan mengklik “Install Drivers Automatically”.

7. Instal paket pembaruan driver

Ketika proses pengunduhan selesai, cari file paket driver. Langkah terakhir cukup install dengan cara yang tidak berbeda dengan software pada umumnya.

Cara menginstal driver Wi-Fi dan LAN

Selain menggunakan perangkat lunak di atas, ketika Anda tidak dapat terhubung ke Wi-Fi. Kemudian anda dapat menginstal driver wireless/wifi, berikut langkah-langkah untuk menginstal driver wifi di laptop.

  • Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal driver
  • Tetapkan lokasi pemasangan
  • Lanjutkan prosesnya hingga selesai.

Untuk setiap perangkat, driver yang tercantum di atas ditujukan untuk pengguna prosesor Intel. Jika AMD dapat menemukannya dengan kata kunci driver nirkabel amd.

Demikian pembahasan lengkap cara install driver di pc dan laptop. Anda juga harus rajin memeriksa pembaruan agar Anda mendapatkan pembaruan driver terbaru secara berkala. Jika ada yang memiliki kritik, saran, atau pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com