Perusahaan perdagangan elektronik Blibli resmi debut sebagai perusahaan publik. Jadi apa nilainya? IPO Bblibli dan apa saja fakta menarik di balik IPO ini?

Baca lebih lanjut di artikel saya tentang keuangan.

IPO resmi Blibli hingga Rp8 triliun

PT Global Digital Niaga Tbk. atau tahukah kita bahwa Blibli.com resmi melakukannya penawaran umum perdana (IPO) Blibli memulai debutnya dalam IPO pada 8 November 2022 dengan kode emiten BELI.

Dalam penawaran umum perdana, harga batas atas saham berfluktuasi antara Rp 450 per saham.

Berdasarkan informasi dari Kepala Sekretaris Perusahaan dan Hubungan Investor BblibliEric Alamsjah Winarta, Blibli kini telah berhasil memaksimalkan 15% dari modal ditempatkan dan disetor.

Jadi BELI akan menuai dana segar hingga Rp7,99 triliun.

“Penawaran saham ini mendapat dukungan dan minat yang signifikan dari berbagai investor, baik domestik maupun asing. Mulai dari sovereign wealth fund, long-only fund, multi-strategy fund, wealth management fund dan lain-lain.” kata Eric dalam jumpa pers virtual launching Kontan.co.id (11 Agustus).

Siap berkontribusi pada ekonomi digital Indonesia

Selain itu, Presiden Komisaris Blibli Martin Basuki Hartono menyatakan bahwa aksi korporasi ini merupakan bentuk komitmen Blibli untuk berkontribusi positif bagi ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

“Kami berharap perdagangan saham BELI di BEI dapat meningkatkan kepercayaan investor terhadap sektor teknologi Indonesia, serta memberikan dampak positif bagi ekonomi digital tanah air,” ujar Martin saat meluncurkan Kontan.co.id (11 Agustus).

[Baca Juga: Apa Itu Saham e-IPO? Inilah Pengertian, Manfaat, dan Cara Beli]

Fakta menarik tentang IPO Blibli

Setidaknya keuangan saya menutupi sebagian Fakta menarik tentang IPO Bblibli Yang perlu Anda ketahui meliputi:

Kapitalisasi pasar perusahaan No. 1 itu tembus Rp 50 triliun

Pada tahap IPO ini terungkap bahwa kapitalisasi pasar Blibli melebihi Rs 50 triliun, atau lebih tepatnya Rs 53,3 triliun.

Dengan nilai kapitalisasi pasar yang sangat besar, Blibli menjadi internetunicorn di kawasan Asia-Pasifik yang hadir di pasar modal sejak Mei 2022.

#2 Alami Langganan terlampaui Total 4,4 kali

Antusiasme pasar terhadap IPO Bblibli sepertinya tak terbantahkan. Pasalnya, saham BELI sudah mengalami batas berlangganan terlampaui sebanyak 4,4 kali.

Dengan demikian, BELI mengalami peningkatan besaran alokasi sentralisasi petak peruntukan yang sebelumnya berkisar antara 2,5% menjadi 5,0% dari total jumlah permohonan.

“Kami sangat bangga telah menyelesaikan IPO di tengah volatilitas dan kenaikan suku bunga, dan di sektor teknologi yang sebenarnya kurang menguntungkan,” Eric menjelaskan.

#3 Hartono bersaudara mendapatkan kuan yang fantastis

Fakta menarik ketiga, aksi korporasi Bleeble turut mempengaruhi nasib Hartono bersaudara. Anda bisa mengetahuinya berdasarkan prospektus IPO perusahaan.

Berdasarkan angka tersebut, Michael Hartono dan Robert Budi Hartono secara tidak langsung menguasai hingga 88,22% saham Blibli sebelum IPO ini.

Artinya, kepemilikan tersebut setara dengan 88,84 miliar saham perseroan.

Namun, karena IPO, jumlah saham tetap sama, namun sahamnya terdilusi menjadi 75% akibat penerbitan 17,77 miliar saham baru.

Prospektus IPO Blibli kemudian juga mengungkapkan bahwa Bambang dan Robert Budi Hartono adalah pemilik manfaat (beneficial owner).kepemilikan manfaat akhir).

Total modal ditempatkan dan disetor secara tidak langsung oleh Hartono bersaudara itu sebesar Rp 22,21 triliun.

Dengan demikian, dalam IPO Blibli ini, Hartono bersaudara bisa meraup untung hingga Rp 17,76 triliun berdasarkan Rp 450 per saham.

Sebagai informasi, angka ini merupakan keuntungan di atas kertas, mengingat fluktuasi harga saham.

Kemudian harta tidak langsung dari Harton bersaudara adalah bagian yang terkena dampak. terkuncisampai dengan delapan bulan setelah berlakunya permohonan pendaftaran.

#4 Mencetak cerita baru

Langkah korporasi yang dilakukan Bblibli memasuki sejarah baru. IPO kali ini terbesar kedua pada tahun 2022. Setelah GoTo pada April 2022

Kemudian IPO Bblibli menjadi terbesar kelima dalam sejarah Indonesia.

Tentu kita harus mengevaluasi beberapa rekaman tersebut, mengingat Blibli melakukannya di tengah gejolak ekonomi saat ini.

Penyaluran Dana IPO Blibi

Sebagai tambahan informasi bagi Anda yang berminat membeli saham BELI, Blibli akan mengalokasikan dana IPO untuk beberapa tujuan.

Perusahaan akan menggunakan dana bersih dari IPO untuk membayar utang dan modal kerja.

Setidaknya ada beberapa perusahaan yang turut ambil bagian dalam IPO Blibli:

  • Kredit Suisse (Singapura) Terbatas sebaik Morgan Stanley Asia (Singapura) Pte bertindak seperti Koordinator Global Bersama (YuGK).
  • PT BCA Sekuritas dan PT BRI Danareksa Sekuritas bertindak sebagai penjamin emisi pelaksana (Penjamin emisi utama bersama/JLU).
  • Jumat Kredit Suisse Sekuritas Indonesia, PT Morgan Stanley Sekuritas Indonesia dan PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, bersama dengan sindikasi lainnya, bertindak sebagai penjamin emisi.

[Baca Juga: 5 Cara Mudah Memulai Investasi Saham untuk Pemula]

Jangan terburu-buru!

IPO Bblibli menjadi perbincangan hangat, terutama di kalangan investor. Tak ayal banyak orang kini mengambil langkah untuk membeli saham.

Apakah Anda termasuk orang yang “kagum” dengan saham BELI dan bertekad untuk mengoleksinya??

Yates, tunggu sebentar. Investor pemula tidak boleh mengambil langkah tergesa-gesa. Agar tidak salah mengambil keputusan.

Tidak ada salahnya teman-teman keuangan saya belajar dan memahami lebih dalam tentang investasi saham dengan membaca buku Elektronik Keuangan saya di bawah.

buku Elektronik GRATISPetunjuk praktis untuk mendapatkan keuntungan dari saham

E-book Banner Promosi Petunjuk Cara Dapat Untung di Gudang - PC

Juga, jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan nasihat keuangan atau investasi.

Konsultasikan segera perencana keuangan Keuangan saya melalui Aplikasi keuangan saya atau buat janji lewat whatsapp di 0813-1646-8488.

Demikian informasi mengenai fakta menarik di balik IPO Blibli. Jadi apa pendapat Anda tentang informasi ini? Jangan takut untuk menulis di komentar!

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber referensi:

  • Silke Febrina Lausereno. 08 November 2022 IPO Blibli Terbesar Kedua Tahun Ini, Berikut Pergerakan Sahamnya. Detik.com – http://bit.ly/3G251no
  • Retno Wulandhari. 08 November 2022 Tercatat, kapitalisasi pasar Blibli mencapai Rp 53,3 triliun. Republika.co.id – http://bit.ly/3A1gBLA
  • Julian Khem. 08 November 2022 Diakuisisi oleh pengecer dan institusi besar, IPO Blibli (BELI) melebihi langganan sebesar 4,4x. Kontan.co.id – https://bit.ly/3DRjboO
  • Ai Hidaya. 08 November 2022 Lantai Blibli, Hartono Brothers Cuan Rp 17,76 T. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/3hvVmeo




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Harga BBM Hari Ini 14 Juni 2022 Di Seluruh SPBU Pertamina