Kasus Meikarta kembali mencuat usai demo, karena rumah yang dibeli tak kunjung diterima.

Baca selengkapnya di artikel My Financial berikut ini.

Kasus Maycarta yang bikin heboh

Perumahan Apartemen Massa yang mendatangi Maykarta di kawasan Chikarang, Bekasi, untuk berdemonstrasi karena selama ini belum menemukan tempat tinggal.

Diketahui, PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) selaku pemilik proyek seharusnya melakukan serah terima apartemen kepada konsumen pada pertengahan 2019-2020.

Hal ini tertuang dalam Unit Confirmation and Order Agreement (P3U) atau konfirmasi pesanan. Tapi sampai saat ini tidak ada unit yang menyerah sama sekali.

Mengutip CNN Indonesia Ferry Salanto selaku Sr. Wakil Direktur Penelitian Colliers Internationalmencari tahu apakah pembeli saat ini lebih cenderung mengambil proyek yang ada ada atau sudah ada.

“Ini hanya karena mereka lebih mempertimbangkan proyek ini aman untuk mereka,” katanya.

Pembelian Apartemen siap huni relatif lebih mahal dibandingkan membeli di tahap awal.

Namun, calon pembeli anggaran lebih cenderung lebih memilih untuk membeli perumahan siap pakai untuk menghindari semua risiko yang mungkin terjadi.

Nama besar developer bukan jaminan

Melihat kasus Meikarta saat ini, secara hukum penting untuk mengetahui kredibilitas dan reputasi pengembang.

Namun, nama besar tidak selalu menjadi jaminan Pengembang itu bisa dipercaya atau tidak. Sama halnya dengan kasus Maycarta.

“Meikart adalah pelajaran berharga. Calon pembeli melihat reputasi Pengembang penting, biasanya memiliki nama besar. Dalam hal ini tidak bisa menjadi jaminan,” kata Ferry Salanto dikutip detikfinance.

Namun, tidak semuanya Pengembang seperti ini. Namun, dalam hal ini, calon pembeli harus berhati-hati.

Jika perlu, kami bisa melakukan penelitian Pengembang dan proyek yang mereka bangun.

Selain itu, untuk mencegah terulangnya kejadian seperti kasus Maycart, perlu melibatkan banyak orang yang menjadi korban.

Konsumen lebih suka membeli Apartemen Siap meminjam

Akibat kasus ini, banyak calon pembeli Apartemen yang akhirnya memilih untuk membeli unit jadi daripada kapan meluncurkan.

Dengan begitu, konsumen merasa lebih aman dan mendapatkan rumah yang nyaman untuk ditinggali.

Meski pada akhirnya pembeli harus menanggung akibatnya jika mengeluarkan uang lebih.

Kebanyakan pembeli yang memilih perumahan siap pakai, pengguna akhir. Di mana mereka membeli rumah untuk segera mengisinya.

Sedangkan bagi pemilik berstatus investor biasanya cenderung tidak memilih rumah siap pakai, karena dapat mengurangi keuntungan ketika nantinya ingin dijual kembali.

“Investor itu yang kita cari keuntungan dalam bentuk uang. Jika dia membeli barang jadi, tentu saja ada peningkatan keuntungan dalam bentuk uang yang juga diharapkan tidak setinggi saat membeli saat ini meluncurkan,” jelasnya.

[Baca Juga: Pasangan Baru: Pilih Rumah atau Apartemen?]

Kiat Membeli Apartemen

Jika Anda akan membeli ApartemenSahabat keuangan, sebaiknya perhatikan banyak hal agar tidak terpukul. Zonk.

Apalagi rumah tersebut akan menjadi tempat tinggal Anda, dan uangnya bisa berasal dari hasil kerja keras Anda menabung selama bertahun-tahun.

ayosimak tips berikut ini:

Survei Lokasi #1 Apartemen

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan jajak pendapat terkait lokasi Apartemen di mana Anda cenderung tinggal.

Perhatikan keamanan lokasi, akses transportasi umum dan transportasi pribadi, apakah rawan banjir atau tidak, dekat dengan jalan raya atau bahkan bluesukan.

Cara termudah untuk mengetahui informasi adalah dengan bertanya kepada penduduk Apartemen yang sudah lama tinggal di sana.

Tujuannya adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang caranya budaya penjajah sebelum mendudukinya.

#2 Ketahui harganya

Anda memiliki hak untuk tahu transparansi harga Apartemen membeli. Setelah mempelajari ini, Anda juga dapat bertanya tentang barang apa yang akan diterima dengan harga jual.

Di sisi lain, Anda juga bisa membandingkan terlebih dahulu jika ada skor yang sesuai Apartemen untuk lebih yakin. JadiJangan terburu-buru, Ya!

#3 Perhatikan fitur keselamatan

Selanjutnya, perhatikan objek keamanan yang ada di tempat tinggal.

Perhatikan saja apakah ada pos keamanan dan keamanan. Bertugas 24 jam atau tidak. Periksa juga pengawasan video di banyak area.

[Baca Juga: Harus Dihindari! Ini Resiko Terbesar Investasi Apartemen]

#4 Ketahui biaya pemeliharaan tambahan

Jika Anda menargetkan hunian, Anda juga perlu menyadari hal ini. biaya perawatan. apa pun?

Misalnya, biaya pemeliharaan gedung, biaya keamanan dan kebersihan, biaya air dan listrik, pajak kota, pajak properti, dan lain-lain.

Jika Anda memiliki mobil pribadi, carilah informasi mengenai biaya sewa parkir. Apakah ada biaya tambahan yang harus dibayar atau dapat ditagih hak istimewa parkir Gratis.

# 5 Cari tahu rekam jejaknya Pengembang

Sama pentingnya adalah apa yang perlu Anda ketahui reputasi dan rekam jejak Pengembang.

Saat ini banyak kasus pembangunan yang bermasalah akibat Pengembang tidak bertanggung jawab, dan akhirnya melarikan diri.

Untuk memverifikasi keabsahannya, Anda dapat menghubungi Asosiasi Pemilik Apartemen Indonesia (APERSSI).

Selain itu, Anda juga dapat mempelajari Hak Guna Bangunan (HGB) yang dimiliki pengembang, izin dasar, izin mendirikan bangunan (IMB) dan izin penggunaan lahan (SIPPT).

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut detaill Untuk tips membeli apartemen, Anda bisa membaca artikel keuangan saya di bawah ini. Sebelum Anda membeli apartemen, Anda harus mengetahui 11 hal ini.

Benar-benar beli Apartemen Cocok untuk investasi?

Teman keuangan saya, membeli Apartemen ini bisa menjadi investasi untuk Anda. Jika Anda tidak tinggal di dalamnya, Anda dapat menyewakannya untuk mendapatkan uang.

Namun, jika ingin menjadikannya sebagai investasi, Anda juga harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang investasi properti ini.

Untuk menghindari sejumlah risiko, yang nantinya dapat menyebabkan Anda kehilangan uang, tidak ada salahnya untuk berdiskusi lebih lanjut dengan spesialis, perencana keuangan keuangan saya.

Menerima nasihat mengenai investasi real estat dan strategi yang tepat untuk implementasinya. Jika ingin konsultasi 1 pada 1, buat janji saja klik spanduk dibawah ini, Ya.

Nah, setelah membaca artikel di atas, apakah Anda tertarik untuk membeli apartemen??

Kalau kamu punya pengalaman lain dalam membeli apartemen dan developer, yuk share cerita mereka di kolom komentar. Terima kasih.

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber tautan:

  • admin. 4 Januari 2023 Kasus Meikarta membuat konsumen lebih memilih apartemen Siap meminjam. CNN Indonesia – http://bit.ly/3CqNz9o
  • Ilyas Fadillah. 4 Januari 2023 Terpesona dengan kasus Meikart, Colliers: pengembang utama Bukan jaminan!. keuangan anak – http://bit.ly/3Qfxfhr
  • admin. 4 Januari 2023. Pengalaman Maycarta menunjukkan masyarakat lebih memilih membeli apartemen siap huni.. coilBISNIS – https://bit.ly/3ZaxBKr




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Aplikasi Transfer Antar Bank Gratis, Sudah Punya Belum?