Indonesia akan segera memperkenalkan sistem pembayaran tol baru yaitu jalur aliran bebas (MLFF). Benarkah dengan sistem ini? membayar tugas tanpa membutuhkan berhenti?

mari kitasimak artikel Finansialku berikut untuk informasi lebih lanjut.

Sistem MLFF, pembayaran tarif tanpa henti

Saat ini, sistem tol di Indonesia pembayaran tanpa uang tunai dengan menyentuh kartu. Namun, sistem baru akan diperkenalkan di Indonesia dalam waktu dekat, yaitu: streaming gratis multi-jalur (MLFF).

Sistem baru ini akan memungkinkan pengguna jalan tol untuk tidak berhenti di gerbang tol gratis saat membayar tol. Sistem ini merupakan implementasi dari konsep sistem jalan tol cerdas (ITRS).

Demikian disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Danang Parikesit.

“Mulai akhir tahun ini, kami akan memperkenalkan transaksi nirsentuh menggunakan teknologi perangkat terpasang satelit sehingga masyarakat dapat mengakses internet secara langsung. gerbang jalan tol tanpa harus berhenti didepan mendengarkan uang elektronik Kata Danang, berawal dari situs Cnnindonesia (20/05).

Cara kerja sistem MLFF

Secara umum, pengoperasian sistem MLFF menggunakan sistem satelit yang dapat menentukan dan menghitung tarif yang dipotong secara otomatis melalui aplikasi di Internet. smartphone.

Untuk melakukan tugasnya, sistem MLFF menggunakan teknologi Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS) dan dapat bertransaksi melalui aplikasi jalan tol yang diunggah di www. smartphone.

Salah satu tujuan penerapan sistem ini tidak lain adalah untuk meningkatkan keamanan. Selain itu, penggunaan aplikasi digital ini semakin meningkatkan efisiensi dan kenyamanan bagi pengguna.

Cara menggunakan sistem MLFF

Dengan sistem MLFF, pembayaran tol di Indonesia akan menjadi jauh lebih mudah, praktis dan efisien karena Anda tidak perlu berhenti untuk membayar. mengetuk kartu pembayaran elektronik. Lalu bagaimana cara menggunakan MLFF ini?

#1 Menggunakan Aplikasi di Perangkat Seluler

Dengan MLFF, pengguna jalan tol tidak perlu lagi menggunakan e-card untuk menagih tol. Sebaliknya, transaksi dilakukan oleh aplikasi di ponsel.

Uniknya, implementasi pembayaran jalan tol melalui aplikasi mobile ini merupakan yang pertama di dunia. Pasalnya, meski beberapa negara sudah menerapkan MLFF, masih ada yang menggunakan perangkat blok kapal (OBU).

“Unit on-board yang dapat diakses secara fisik mahal di luar negeri, kami membuat solusi yang disebut “Electronic OBU” (E-OBU), dengan mengunduh aplikasi, aplikasi tersebut sudah memiliki perangkat bawaan yang tertanam, sehingga pengguna tidak perlu membeli OBU” kata Emil Iskandar, juru bicara Sistem Pengumpulan Tol PT Roatex Indonesia (RITS).

Cara kerja aplikasi Elektronik di pesawat unit (E-OBU) antara lain mengintegrasikan sistem pembayaran berbasis GPS. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu.

[Baca Juga: Bersiap! NIK Resmi Jadi NPWP Mulai Tahun 2023]

Pertama, Anda harus mendaftarkan kendaraan dan data pribadi Anda dengan aplikasi MLFF yang Anda unduh. Anda kemudian dapat memilih metode pembayaran yang sudah tersedia.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan E-OBU dengan mengklik tombol “Start” setelah menyelesaikan proses pendaftaran. E-OBU bekerja dengan mengirimkan sinyal GPS ke MLFF pusat.

GPS akan menentukan lokasi kendaraan dan juga secara otomatis memotong saldo.

Salah satu aplikasi MLFF yang dikembangkan di Indonesia adalah aplikasi bernama Cantas.

#2 Penggunaan unit terpasang (OBU)

Cara kedua, Anda dapat menggunakan perangkat unit kapal (OBU) untuk pelaksanaan sistem pembayaran MLFF. Pada prinsipnya cara ini hampir sama dengan Appendix E-OBU.

Bedanya, Anda harus menggunakan OBU yang terpasang pada kendaraan.

#3 Gunakan Tiket rute elektronik

Dan ketiga, Anda dapat menggunakan sistem Tiket rute elektronik. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang jarang bepergian di jalan tol.

Anda dapat membeli e-tiket ini melalui situs web atau aplikasi resmi MLFF.

Anda kemudian dapat memilih titik masuk atau keluar gerbang tol yang akan Anda tuju.

Selain membayar biaya smartphoneAnda juga dapat mengelola keuangan di ponsel Anda, kamu tahu. Anda dapat mengunduh aplikasi Finansialku untuk merencanakan keuangan Anda dengan fitur keuangan yang bermanfaat.

Coba semua fitur sekaligus dan bereskan keuangan Anda segera!

Demikian informasi mengenai sistem MLFF agar pembayaran tol tidak terhenti. Jadi apa pendapat Anda tentang informasi ini? Jangan takut untuk menulis di komentar!

Redaktur: Ratna S.Kh.

Sumber tautan:

  • Rangga Rahadiansya. 22 Mei 2022 Pembayaran tol menggunakan HP pengganti tol elektronik di Indonesia pertama di dunia. Detik.com – https://bit.ly/3PB4qLN
  • editor. 20 Mei 2022 Cara bayar tol tanpa sentuh, mobil tidak boleh berhenti dan antri. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3wExtXv
  • Cynthia Sami Bhayankara. 20 Mei 2022 Beginilah cara kerja MLFF, daripada harus bayar tol tanpa berhenti dan menunggu antrian panjang.. Suara.com – https://bit.ly/3PBXhL9




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Aplikasi Enel Kekuatan Hijau Viral! Legal atau Bodong?