Keyboard merupakan salah satu fitur yang memegang peranan sangat penting pada smartphone atau tablet Anda.

Jika keyboard pada smartphone Anda macet, error atau tidak muncul, tentu akan menghalangi Anda untuk menulis atau mengetik pesan.

Bukan hanya untuk mengetik pesan, jika keyboard smartphone Anda mengalami kesulitan melihat sekumpulan kata kunci. Tanpa keyboard, akan sangat sulit bagi Anda.

Apa yang harus dilakukan dengan keyboard Android yang hilang atau tidak mau muncul sebenarnya sangat sederhana. Silakan ikuti beberapa tips di bawah ini untuk memperbaiki keyboard Anda yang hilang.

Baca juga : Cara Mengatasi Android Lag.

Cara mengatasi keyboard android hilang

Ada beberapa cara technoinside dapat membantu Anda mengatasi hilangnya keyboard secara tiba-tiba. Untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel technoinside berikut ini.

1. Reboot atau hidupkan ulang HP

mulai ulang ls

Cara ini terbilang sangat efektif untuk mengatasi keyboard Android yang hilang atau error.

Cara ini juga sangat mudah digunakan, anda hanya perlu me-restart handphone anda, tujuan restart handphone ini adalah untuk mereset keadaan handphone agar error atau error yang muncul bisa hilang.

Sebagai aturan, setelah reboot, keyboard ponsel yang hilang akan ditampilkan seperti biasa.

2. Hapus data dan cache keyboard

bersihkan cache keyboard

Data dan cache pada ponsel Android digunakan untuk menyimpan semua pengaturan keyboard yang dibuat oleh pengguna. Tapi ada juga data dan cache yang bisa membuat beberapa masalah dengan keyboard.

Misalnya, pada ponsel Samsung, tombol mungkin macet atau bahkan tidak muncul (sayangnya, keyboard berhenti).

Cara mengatasi tombol keyboard tidak muncul, dengan cara ini:

  1. Buka Pengaturan > Aplikasi / Aplikasi / Aplikasi > Temukan aplikasi keyboard HP Anda.
  2. Lakukan Hapus Data dan Hapus Cache.
  3. Jika sudah, restart ponsel android Anda, kebanyakan dari mereka menggunakan metode ini untuk bekerja.
Baca juga:   10 Aplikasi Launcher Android Terbaik 2022: Gratis, Ringan

3. Paksa keyboard berhenti

paksa berhenti keyboard

Keyboard Android termasuk dalam layanan aplikasi latar belakang, atau yang biasa disebut sebagai aplikasi yang tetap berjalan meskipun tidak digunakan.

Nah untuk melakukan force stop atau berhenti paksa ini bisa membantu anda untuk membuat keyboard yang hilang atau tidak bisa digunakan muncul kembali.

Berikut ini menunjukkan cara menghentikan paksa keyboard:

  1. Buka Pengaturan > Aplikasi, Aplikasi, atau Aplikasi. Setelah itu, cari aplikasi keyboard, nama aplikasinya mungkin berbeda.
  2. Kemudian klik Paksa Berhenti.
  3. Setelah itu, aplikasi keyboard akan berhenti, langkah terakhir adalah cukup restart ponsel agar keyboard berfungsi kembali.

4. Cara mengatasi keyboard HP

hapus data keyboard dan cache

Metode ini untuk menghapus pengaturan dan cache dari aplikasi keyboard asli. Cara ini bisa dibilang sangat ampuh untuk mengatasi keyboard android yang hilang.

Setelah melepasnya, semua pengaturan keyboard akan kembali ke posisi semula. Silakan ikuti petunjuk di bawah ini untuk menghapusnya.

Menu Pengaturan » Aplikasi » Ketuk Semua » Keyboard Android (AOSP) » Paksa Berhenti » Hapus Data.

5. Gunakan aplikasi keyboard

menggunakan aplikasi keyboard

Ada banyak aplikasi keyboard di Play Store yang bisa Anda unduh secara gratis dan aman. Sobat hanya perlu memasukkan kata kunci “Keyboard” di Play Store lalu pilih keyboard yang diinginkan.

Tambahan : Jika semua cara tidak berhasil, maka Anda benar-benar perlu melakukan “Factory Reset”. Metode ini mengembalikan keyboard ke pengaturan aslinya.

6. Atur ulang ke pengaturan pabrik

pengaturan ulang pabrik

Jika cara di atas tidak berhasil, suka atau tidak suka, Anda perlu melakukan reset pabrik.

Factory reset jika semua hal diatas sudah anda lakukan namun keyboard anda tidak muncul atau masih error. Anda dapat membaca cara mengembalikan pengaturan pabrik di teknoinside.

Baca juga:   6 Cara Burning File ke CD/DVD Tanpa Aplikasi di Laptop PC

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk mengatasi keyboard yang hilang atau macet. Menurut saya cara termudah adalah dengan menggunakan aplikasi keyboard di Play Store.

Demikian artikel dari technoinside tentang cara mengatasi keyboard android hilang atau tidak muncul. Semoga artikel di atas dapat membantu dan menambah wawasan Anda.

Jika kamu punya cara atau cara lain, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar. Sekian dari teknoinside, selamat mencoba dan terimakasih.


https://storyforgeproductions.com