WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer dan banyak digunakan saat ini, memenuhi kebutuhan mengobrol pengguna. Dengan fitur yang banyak dan sederhana, hampir semua orang bisa menggunakan aplikasi WhatsApp ini.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ada begitu banyak pengguna WhatsApp di seluruh dunia. Di WhatsApp, kita bisa berkomunikasi dengan banyak orang secara langsung menggunakan fitur grup. Jika Anda adalah pengguna WhatsApp, pernahkah Anda melihat orang berbagi video di WhatsApp?

Memang biasanya grup WhatsApp ini tidak jarang banyak orang yang suka berbagi informasi terbaru dalam bentuk video agar lebih mudah dipahami. Karena whatsapp memiliki fitur berbagi video. Oleh karena itu, video yang sering dikirimkan dibagikan secara luas dan akhirnya menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Kita dapat menggunakan fitur berbagi video ini melalui obrolan pribadi atau grup. Tetapi sebagian besar video yang muncul di ponsel cerdas kami berasal dari grup. Namun terlepas dari semua ini, Anda perlu menyadari bahwa ada batasan pada berbagi video WhatsApp.

Ini termasuk batasan ukuran dan durasi di mana kami hanya dapat mengirim video berukuran 16 MB atau kurang dari 90 detik. Tentu saja, pembatasan ini akan mengganggu seseorang.

Apalagi jika video yang ingin dikirim memiliki durasi yang panjang dan ukuran yang besar. Aturan untuk membatasi pengiriman video juga tertulis di FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan) di situs resmi WhatsApp.

Seperti yang kami sebutkan di atas, jika Anda mengirim video dengan durasi panjang atau ukuran besar, Anda akan mendapatkan opsi untuk memotong video sesuai dengan pedoman WhatsApp.

Umumnya, jika video yang akan Anda kirim berukuran panjang atau besar, akan muncul pesan seperti berikut.

File media yang dipilih lebih besar dari 16 MB. Tidak dapat mengirim file.”

atau

File media yang dipilih lebih besar dari 16 MB. Gagal mengirim file.”

Cara mengirim video panjang di whatsapp

Setiap masalah memiliki solusi dan juga solusi agar kami dapat mengirim video panjang dan ukuran besar di WhatsApp. Memang, kami tidak dapat mengirim video langsung ke WhatsApp.

Baca juga:   4 Cara Mematikan Notifikasi Grup WhatsApp di HP

Namun setidaknya kita bisa mencoba beberapa trik berikut ini agar video yang ingin kita kirim ke WhatsApp tetap dibagikan di WhatsApp. Untuk lebih jelasnya simak beberapa cara penggunaan berikut ini.

Baca juga: Cara mengatasi WhatsApp waiting.

1. Menggunakan Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud atau penyimpanan online dari Google. Dengan Google Drive, Anda dapat mengunggah file ke penyimpanan online melalui Internet. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk membagikan video whatsapp menggunakan google drive.

  1. Langkah pertama adalah membuka aplikasi Google Drive di smartphone Anda. Jika Anda belum memilikinya, Anda dapat mengunduhnya. [DISINI].
  2. Selanjutnya klik tombol Sebuah tambahan dan silahkan pilih salah satu pilihan Unduh.
  3. Kemudian pilih video yang ingin Anda bagikan di WhatsApp dan tunggu proses unggah video selesai.
  4. Setelah selesai, buka video sebelumnya, lalu tekan tombol menu Tiga titik lalu pilih opsi Salin tautan.
  5. Kemudian buka aplikasi WhatsApp, pilih kontak atau grup yang ingin Anda bagikan video, lalu tempel tautan yang Anda salin sebelumnya di sana.
  6. Kemudian nantinya, setiap orang yang membuka link tersebut akan diarahkan ke Google Drive dan dapat menonton dan menonton video di sana.

2. Penggunaan YouTube

Cara kedua ini hampir sama dengan cara sebelumnya. Namun disini kita akan menggunakan YouTube sebagai platform yang akan digunakan. Karena YouTube sering digunakan untuk mengunggah video. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk membagikan video whatsapp menggunakan fitur berbagi youtube.

  1. Langkah pertama: unggah video yang ingin Anda bagikan ke WhatsApp di YouTube terlebih dahulu.
  2. Setelah video selesai diunduh, buka video YouTube dan klik tombol Membagikan lalu pilih ada apa.
  3. Kemudian aplikasi WhatsApp akan terbuka secara otomatis, pilih kontak atau grup yang ingin Anda bagikan video dan Anda hanya perlu mengirimkannya.
  4. Kemudian nantinya, setiap orang yang membuka link tersebut akan diarahkan ke YouTube dimana mereka dapat menonton dan menonton video tersebut.
Baca juga:   5 Cara Memasukan Musik, Lagu, Audio di PowerPoin 2022

3. Kompres ukuran video sebelum mengirim

Berbeda dengan dua cara sebelumnya, cara ketiga ini memungkinkan Anda untuk langsung mengirim video ke WhatsApp. Caranya adalah dengan mengompres atau memperkecil ukuran atau ukuran video yang ingin Anda bagikan.

Ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan, tetapi di sini kita akan menggunakan aplikasi Vidcompact. Karena aplikasi ini memiliki fitur crop and shrink yang cukup bagus dan mudah digunakan. Simak cara berikut ini.

  1. Langkah pertama: unduh dan instal aplikasi Vidcompact dari Play Store.
  2. Kemudian buka aplikasi dan masuk ke menu “Pangkas dan kompres” untuk mengompres.
  3. Kemudian pilih video yang ingin Anda kompres.
  4. Selanjutnya, pilih opsi IzinAnda dapat mengurangi nilainya untuk membuatnya lebih kecil.
  5. Jika sudah, simpan video terkompresi tersebut.

Terakhir bisa langsung kirim video ke WhatsApp dan tidak perlu mikir panjang dan ukuran karena ukurannya memang sudah diperkecil. Namun, terkadang metode ini hanya dapat digunakan untuk jenis video tertentu.

Lihat juga: Cara keluar dari WhatsApp Web.

4. Potong video menjadi beberapa bagian

Jika Anda tidak ingin mengunggah video ke media lain, baik itu Google Drive atau YouTube, atau Anda tidak ingin mengedit video terlebih dahulu, Anda dapat membagi video menjadi beberapa bagian.

Misalnya, Anda ingin mengirim video 30 MB dengan durasi 6 menit. Karena batas WhatsApp adalah 16MB dengan durasi kurang lebih 3 menit. Anda kemudian dapat mengirim video dengan membaginya menjadi dua bagian.

dari 30 MB menjadi 15 MB, maka durasi akan otomatis berkurang menjadi 3 menit. Anda dapat melakukannya langsung di aplikasi WhatsApp, atau menggunakan aplikasi tambahan seperti aplikasi SplitVideo. Berikut cara menggunakan aplikasi SplitVideo.

  1. Langkah pertama: unduh dan instal aplikasi SplitVideo dari Play Store.
  2. Kemudian buka aplikasi dan buka video yang diinginkan.
  3. Kemudian atur durasi video sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu klik tombol membelah.
  4. Jika sudah memilikinya, Anda bisa langsung menyimpannya dan mengirimkannya ke WhatsApp di beberapa bagian atau part.
Baca juga:   Cara Membeli Aplikasi & Game Android di Play Store dengan Pulsa

Kesimpulan

Mengirim video ke WhatsApp tentunya sudah dilakukan oleh hampir semua pengguna WhatsApp. Dengan batasan ukuran dan durasi video.

Tentu sebagian orang yang sering menggunakan fitur ini akan merasa kesulitan. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, kami memberikan beberapa solusi yang dapat digunakan di atas.

Baca juga: Cara Mengganti Nomor Whatsapp.

Pertanyaan dan jawaban

Berikut kami rangkum beberapa pertanyaan yang sering diajukan, atau mungkin Anda juga ingin menanyakannya.

Berapa ukuran video maksimum yang dapat dikirim di WhatsApp?

16 MB

Berapa panjang maksimal video yang bisa dikirim di WhatsApp?

3 menit

Fitur apa saja yang disediakan WhatsApp?

Anda akan memiliki opsi untuk memangkas panjang video sebelum mengirimnya.

Ini adalah diskusi singkat dari teknoinside tentang cara mengirim video panjang penuh di whatsapp. Semoga pembahasan di atas dapat membantu dan membantu Anda menemukan solusi tentang cara mengirim video panjang atau video ukuran besar di aplikasi whatsapp.


https://storyforgeproductions.com