IndiHome merupakan salah satu ISP yang dibuat oleh Telkom Indonesia. Pada umumnya jika kita menggunakan layanan IndiHome, biasanya kita hanya perlu menggunakannya saja, sehingga kita tidak tahu bagaimana cara mengatur atau mengkonfigurasi IndiHome. Salah satunya adalah cara setting STB atau Set Top Box di Telkom IndiHome.

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk melakukan setup STB adalah anda harus menyiapkan nomor internet useetv dan password yang bisa anda dapatkan dengan menghubungi 147 atau bisa juga melalui laporan instalasi yang biasanya diberikan oleh staff Telkom saat menginstall IndiHome layanan di rumah Anda.

Cara setting modem STB Telkom Indihome

Cara Setting STB IndiHome Telkom USA

Hubungkan perangkat Anda terlebih dahulu, seperti ini:

  1. 1. Pertama-tama nyalakan TV dan dekoder.
  2. Silakan hubungkan menghibur ke ONT (modem fiber/adsl) dengan kabel jaringan lokal (STB pada port WAN dan ONT pada port LAN 4).
  3. Kemudian sambungkan STB ke TV Anda dengan kabel HDMI atau kabel A/V tergantung pada jenis TV Anda.
  4. Atur TV Anda ke input audio/video (RCA) atau HDMI, tergantung pada jenis kabel yang Anda gunakan, sehingga Anda dapat melakukan daisy-chain TV dan STB Anda.

Pengenalan tombol jarak jauh STB:

Fungsi tombol remote STB Inidhome

Informasi:

  1. Tombol untuk menyalakan dekoder saat siap digunakan.
  2. Nyalakan TV, sesuaikan volume dan sesuaikan input TV.
  3. Untuk mengubah saluran audio.
  4. Mengaktifkan dan menonaktifkan suara.
  5. Tombol untuk mengaktifkan program yang sedang berjalan, dan tombol kanan dan kiri untuk mengatur program yang diinginkan dan OK untuk memulai program dari titik sebelumnya
  6. Aktifkan sistem penyiapan STB.
  7. Aktifkan program informasi.
  8. Aktifkan program VOD.
  9. Digunakan untuk mengaktifkan program aplikasi serta mengganti saluran.
  10. Petunjuk arah.
  11. Menampilkan informasi saluran saat ini.
  12. Hentikan siaran saat ini
  13. Menghentikan atau melanjutkan program yang sedang berjalan.
  14. Ganti saluran atau saluran.
  15. Ubah halaman sebelum atau sesudah program.
  16. Masukkan huruf dan angka.
  17. Untuk menghapus karakter.
  18. Tombol untuk menghidupkan program langsung.
  19. Untuk mengaktifkan program TVOD
  20. Digunakan untuk membuka halaman EPG
  21. Untuk kembali ke menu sebelumnya.
  22. Untuk memajukan atau memundurkan siaran saat ini dengan cepat.
  23. Volume.
  24. Digunakan untuk memasukkan angka yang mengandung lebih dari satu digit.
Baca juga:   10+ Aplikasi Pemutar Video di Laptop PC: Terbaik 2022

Setelah menghubungkan perangkat, Anda perlu mengatur UseeTV dan memahami fungsi tombol pada remote control STB. Kemudian kita bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Kloning kendali jarak jauh

Tujuan dari cloning remote control itu sendiri adalah untuk menggunakannya untuk menghubungkan remote STB ke TV anda, sehingga TV anda tidak perlu menggunakan 2 remote dalam konfigurasinya, sehingga lebih praktis dan tidak repot.

STB hanya dapat mengontrol pengaturan input/output TV dan hanya mengontrol volume TV. Sedangkan untuk mengganti program atau channel dari UseeTV, Anda bisa mengarahkannya ke STB.

Namun, jika STB Anda hilang atau rusak, Anda dapat mengunjungi Plasa Telkom untuk mengganti STB yang telah dilepas dengan yang baru. Dan cara mengkloning remote STB dan TV adalah sebagai berikut.

Setel kata sandi DHCP, pengguna, dan STB

Cara Setting STB IndiHome Telkom USA

Untuk mengatur STB untuk layanan UseeTV, Anda perlu menyiapkan nomor akun atau nomor Internet dan kata sandi UseeTV untuk pengaturan sebagai berikut.

1. Pertama, tekan tombol set pada remote control STB yaitu tombol SET No. 6 pada penjelasan remote control STB, lalu masukkan password “6321”.

2. Kemudian pilih DHCP.

3. Dalam kolom pengguna sebaik untuk memberi tahu kata sandi tidak perlu diisi, dikosongkan saja.

4. Selanjutnya, isi kolom akun dengan nomor Internet dan kata sandi yang Anda siapkan sebelumnya.

5. Kemudian tekan BAGUS.

Cara Setting STB IndiHome Telkom USA

6. Pilih “Informasi Sistem” dan kemudian masukkan “Informasi Jaringan” untuk melihat alamat IP layanan. UseeeTV: 10.xx/20konfigurasi jaringan ini menunjukkan bahwa TV dan dekoder yang ada sudah terhubung ke layanan UseeTV.

Catatan : Jika Anda menerima alamat IP 192.168.xx berarti pengaturan jaringan di ONT (modem) buruk, sehingga Anda tidak terhubung ke Internet.

7. Jika di menu Panduan televisi muncul, Anda dapat mengkonfirmasi layanan Unicast itu berhasil.

Cara Setting STB IndiHome Telkom USA

8. Dan jika layanan Hidup Televisi muncul berarti layanan Multicast berhasil.

Baca juga:   8+ Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek WiFi

9. Jika layanan Multicast sebaik Unicast berhasil, maka layanan UseeTV Anda berfungsi dengan baik.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah dengan benar dan benar, maka layanan UseeTV Anda akan bekerja dengan baik dan benar. Namun jika terjadi error mungkin ada yang salah dengan penanganannya, berikut jenis error yang sering terjadi pada layanan UseeTV dan cara penanganannya.

Cara Setting STB IndiHome Telkom USA

Pengaturan STB Indihome untuk Web dan UseeTV

Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi, maka ketika indihome digunakan untuk menonton useetv dan kemudian Anda ingin beralih ke internet, kita perlu mengubah koneksi yang digunakan.

Ini akan berulang setiap kali kita ingin beralih antara UseeTV atau menggunakan untuk web. Jadi akan sangat merepotkan dan sama sekali tidak praktis. Apakah ada cara untuk menggunakan STB untuk TV dan Internet tanpa mengalihkan koneksi?

Jawabannya tentu saja kita bisa menambahkan koneksi kabel LAN. Jadi kita akan memiliki 2 koneksi yaitu via wifi dan via LAN. Jadi Anda tidak perlu mengubah koneksi nanti jika ingin beralih antara UseeTV dan internet.

1. Pertama-tama, masuk ke modem administrator web Anda masing-masing. Sambungkan ke jaringan Wi-Fi, lalu temukan alamat IP di bagian belakang modem. Kemudian ketik di browser web Anda dan tekan enter.

2. Setelah itu, kita akan diminta memasukkan user dan password. Biasanya ini juga tertulis di bagian belakang modem, bisa dicek sendiri.

Mengkonfigurasi Internet STB Indihome UseeTV

3. Setelah berhasil login, pilih dari tab menu jaringan global. Kemudian klik sambungkan IPTVDalam bab Opsi Pengikatan pilih koneksi LAN4 untuk UseeeTV. Selanjutnya tinggal klik Berlaku.

Mengkonfigurasi Internet STB Indihome UseeTV

4. Lalu masuk ke tab menu aplikasi jaringan dan tekan Konfigurasi IGMP. Tentang Pilihan Aktifkan IGMP untuk memilih Ya sebaik Modus IGMP untuk memilih Pengawasan dan tekan Berlaku.

Mengkonfigurasi Internet STB Indihome UseeTV

5. Sekarang sambungkan kabel LAN4 ke dekoder Indihome. Buka UseeTV, pilih “Pengaturan” lalu “Jaringan”. Siapkan jaringan nirkabel untuk Internet dan jaringan kabel untuk UseeTV.

Baca juga:   Cara Mengatasi Flashdisk Minta di Format + Penyebab

Demikian artikel tentang Cara Setting IndiHome STB dari Telkom Indonesia yang dapat diteruskan oleh Teknoinside. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan, namun jika masih belum bisa melakukan setting sendiri layanan UseeTV bisa menghubungi 147 dan melaporkan masalah atau pelanggaran ke Telkom Plaza terdekat.


https://storyforgeproductions.com