Saya baik-baik saja! Pemerintah telah menetapkan kuota haji 2023 bagi masyarakat di Indonesia.

Apakah Anda ingin tahu lebih banyak tentang itu? Lihatlah artikel keuangan saya berikutnya.

Pemerintah menetapkan kuota haji Indonesia untuk tahun 2023

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) dan Pemerintah Arab Saudi telah secara resmi membentuk dan menyepakati kuota haji 2023itu. sangat banyak kuota 221 ribu..

Hal itu ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian haji 1444 H/2023 M antara Indonesia dengan pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Kesepakatan tersebut ditandatangani langsung oleh Menteri Agama Yakut Choleel Kumas bersama Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F. Al-Rabiah, kemarin di Jeddah (23/08/01).

Dengan demikian, kuota haji tahun 2023 terdiri dari 203.320 jamaah reguler dan 17.680 jamaah khusus. Sedangkan tahun ini akan ada kuota 4.200 petugas.

Sebelumnya kuota haji untuk Indonesia masih terbatas karena mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan jamaah itu sendiri.

Dengan bertambahnya kuota haji tahun 2023 untuk Indonesia, mungkin ada negara lain yang harus dikurangi kuotanya.

Tidak ada batasan usia bagi jemaah haji.

Selain membahas kuota, pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi juga sepakat melakukan beberapa hal. Salah satu diantara mereka Tidak ada batasan usia bagi jemaah haji.

Sebelumnya, selama dua tahun terakhir, ada syarat usia jemaah harus sebelum 2022. Namun, kini telah dibatalkan.

Jadi, pada tahun 2023, jemaah yang berusia 65 tahun ke atas sudah bisa menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

Berawal dari laman Kementerian Agama, Tawfiq F. Al-Rabia mengaku senang bisa memberikan tambahan kuota haji untuk Indonesia.

“Indonesia akan selalu mendapat prioritas untuk mendapatkan tambahan kuota. (Mungkin) ada negara yang mengurangi jumlah jemaah haji sehingga kuota untuk Indonesia bisa dialokasikan. Tentu semua merindukan haji (dalam kondisi normal),” jelasnya.

[Baca Juga: Simak Biaya Haji Plus, Syarat Daftar, dan Bedanya dengan Haji Furoda]

Pelaksanaan haji dilakukan oleh Sharika atau perusahaan

Selain kuota haji tambahan dan tidak ada batasan usia untuk jamaah, kini tersedia tidak ada lagi moissa.

Mulai sekarang, haji akan dilakukan oleh bola atau perusahaan. Tahun ini, setidaknya ada 6 perusahaan yang ditunjuk untuk melaksanakan ibadah haji.

Untuk setiap negara, termasuk Indonesia, Anda bisa memilih balon untuk persiapan haji.

Perusahaan juga akan mengikuti Kongres Haji pada 9 Januari 2023. Dengan demikian, masing-masing negara akan dapat menilai secara langsung kesiapan dan penawaran layanan yang mereka siapkan.

Sebagai bagian dari pelaksanaan Muktamar, juga akan diselenggarakan pameran barang-barang haji dan seminar.

“Akan ada kesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih baik. Saya juga meminta agar perjanjian itu dibuat secara detail untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Jika dirinci akan menjadi pedoman ketika perusahaan melanggarnya. Jika mereka melanggar, kita bisa memberikan sanksi,” katanya.

Pentingnya Mempersiapkan Tabungan Untuk Haji

Sahabat finansialku, ini adalah kabar baik tentang pelaksanaan ibadah haji. Bagi sebagian orang, biaya menunaikan rukun Islam yang kelima ini memang tidak murah.

Oleh karena itu, kami membutuhkan tabungan yang cukup untuk dapat berangkat ke tanah suci.

Namun, jika Anda memiliki kemauan dan tekad yang besar, apapun yang Anda inginkan sangat mungkin tercapai.

Oleh karena itu, kita bisa mulai merencanakan tabungan untuk haji. Sebagai acuan, Ayolah, ikuti saran lengkapnya di eBuku bebas dari keuanganku Panduan Sederhana Persiapan Haji Sejak Dini.

Selain itu, jika Sahabat Finansialku ada pertanyaan atau butuh nasihat finansial, konsultasikan saja bersama mereka. perencana keuangan keuangan saya.

Hubungi melalui aplikasi keuangan saya atau membuat janji melalui whatsapp dengan klik spanduk di bawah itu.

Nah itulah informasi mengenai kuota haji tahun 2023 untuk Indonesia. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, jangan lupa tulis di kolom komentar ya.

Bagikan juga artikel ini kepada teman dan keluarga yang berencana menunaikan ibadah haji. Terima kasih.

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber referensi:

  • admin. 8 Januari 2023 Kuota resmi haji 2023 untuk Indonesia Total 221 ribu.. CNN Indonesia – http://bit.ly/3in2nz4
  • Fika Nurul Ulya. 9 Januari 2023 Kuota haji di Indonesia bertambah menjadi 221.000 orang. Tahun ini. Kompas.com – http://bit.ly/3GpCO8v
  • admin. 8 Januari 2023 Kuota haji tahun 2023 sebanyak 221 ribu orang, tidak ada batasan usia.. Kemenag.go.id – https://bit.ly/3ioFQlv




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Covid XBB Sudah Masuk ke Indonesia, Waspada Gejalanya!