Kursor merupakan bagian penting dari komputer yang sangat berguna bagi pengguna komputer. Tanpa kursor ini tentunya pengguna komputer akan kebingungan karena tidak ada penunjuk di komputer atau laptopnya.

Tanpa kursor ini kita juga akan kesulitan saat ingin membuka aplikasi yang diinginkan, karena kita tidak bisa mengklik aplikasi yang ingin kita buka karena tidak ada kursor.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kursor ini memainkan peran yang sangat penting dalam penggunaan komputer yang benar.

Namun terkadang kursor juga mengalami error seperti loading terus menerus, kursor rusak dan terkadang kursor yang kita gunakan tidak mau bergerak.

Tentunya hal ini akan mengganggu aktivitas kita menggunakan komputer. Nah, kali ini Teknoinside akan memberikan panduan cara mengatasi fixed cursor di Windows 7,8,10.

Lihat juga: Cara memperbaiki kesalahan touchpad laptop.

Karena mouse tidak bergerak

Sebelum beralih ke panduan cara memperbaikinya, sebaiknya cari tahu dulu apa penyebab kursor atau pointer di komputer atau laptop tidak bergerak.

Ada beberapa alasan mengapa kursor di komputer Anda tidak mau bergerak, antara lain:

  • Anda menarik mouse terlalu keras atau terlalu kasar
  • Anda secara kasar menekan touchpad, sengaja atau tidak sengaja

Jadi, jika Anda merasa telah melakukan dua hal di atas, jangan lakukan lagi karena dapat menyebabkan kursor Anda tidak bergerak.

Tapi mungkin ada alasan lain kenapa kursor tidak bisa bergerak, jika Anda mengetahuinya, silakan tambahkan ke kolom komentar.

Cara Memperbaiki Kursor Mouse Tidak Bergerak

Ada dua cara untuk membuat kursor Anda bekerja seperti sebelumnya, yaitu mengklik FN+F7/F9 untuk menonaktifkan penunjuk atau kursor beku.

Cara kedua lebih panjang dari yang pertama, berikut adalah cara kedua untuk menangani kursor atau pointer tetap:

Baca juga:   10 Cara Memperbesar Ukuran Foto JPG: Online + Offline

1. Buka panel kontrol

Memasuki Panel kendali caranya berbeda untuk setiap jendela, tapi dengan cara ini anda bisa masuk ke control panel semua jenis windows yaitu write “Panel kendali” di menu pencarian Mulai.

cara mengatasi kursor tidak bergerak 1

2. Klik Perangkat Keras dan Suara.

Kemudian setelah itu pergi ke Peralatan dan suara.

cara mengatasi kursor tidak bergerak 2

3. Klik

Anda kemudian akan melihat layar yang mirip dengan yang di bawah ini. pada Perangkat dan Printer Silahkan klik mouse.

cara mengatasi kursor tidak bergerak 3

4. Klik Aktifkan

Silakan pergi ke tab Pengaturan alat atau di versi lain dari Windows disebut EL, jadi di sini Anda pergi, silakan klik nyalakan kemudian Berlaku pengaturan dan klik BAGUS.

cara mengatasi kursor tidak bergerak 4

5. Percobaan

Selesai, kini masalah mouse yang tidak bisa bergerak di komputer atau laptop anda sudah teratasi.

Perbaikan Fisik (Jalan Terakhir)

Untuk langkah selanjutnya, jika dirasa langkah pertama belum berhasil, Anda bisa melakukan beberapa perbaikan, pastikan dilakukan oleh ahlinya agar tidak ada masalah lagi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kursor tidak bergerak.

  • Kabel terputusA: Biasanya, koneksi antara mouse/touchpad dan laptop/komputer tidak dapat dilakukan karena kabel dicabut.
  • Matikan lampu: jika lampu merah menyala karena sensor pada mouse mati. Jadi tidak bisa dipindahkan lagi.
  • touchpad rusakA: Jika touchpad rusak, harus diganti. Karena sangat sedikit orang yang dapat memperbaiki touchpad, alternatifnya adalah mengganti touchpad sesuai dengan jenis dan tipe laptop.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, kursor pada laptop/PC Windows 7,8,10 tidak bergerak karena suatu hal, entah itu dengan menarik mouse terlalu kasar atau menekan mouse terlalu keras.

Namun, Anda masih dapat memperbaiki masalah ini dengan beberapa cara yang dijelaskan di atas. Atau, jika Anda tidak ingin memperumit masalah, Anda dapat mengganti mouse dengan yang baru.

Baca juga:   5 Cara Menghapus Cache di HP Android Sampai Bersih

Demikian panduan yang dapat Teknoinside sampaikan kepada Anda tentang cara mengatasi kursor atau pointer yang tidak bergerak, semoga bermanfaat dan dapat menyelesaikan masalah Anda.

Dengan menggunakan metode di atas, Anda dapat menyelesaikan atau memperbaiki masalah dengan kursor tidak bergerak. Jika ada masalah dalam praktek, atau masih tidak berhasil, atau mungkin masih bingung, silahkan bertanya di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com