Tidak dapat dipungkiri bahwa internet telah menjadi bagian penting dari masyarakat modern. Bagi sebagian orang, sangat sulit untuk berpisah dengan Internet bahkan untuk satu hari.

Karena memang itu juga memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk berjejaring sosial atau browsing, kini internet juga sering digunakan untuk kebutuhan pekerjaan.

Untuk alasan ini, ketika terjadi kesalahan saat menghubungkan ke Internet, itu dapat menyebabkan masalah lain. Mungkin Anda sendiri dihadapkan pada kenyataan bahwa Anda tidak dapat terhubung ke jaringan sama sekali.

Atau Anda dapat terhubung ke Wi-Fi tetapi tidak dapat menggunakan Internet. Padahal jaringan lancar dan kuota masih lumayan besar, apa masalahnya.

Cara mengatasi laptop tidak terkoneksi internet

Sebelum kita melangkah lebih jauh, kita perlu memastikan beberapa hal. Terkadang laptop tidak dapat terhubung ke Wi-Fi hanya karena kelalaian kita sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda periksa.

1. Pastikan Wi-Fi aktif

Saat mencoba menghubungkan perangkat ke wifi, ternyata sinyal access point tidak ditemukan. Itu bukan karena sesuatu yang rusak pada laptop Anda.

Fungsi Wi-Fi pada perangkat mungkin belum aktif. Makanya tidak bisa mendeteksi sinyal AP di sekitarnya.

mengatasi PC tidak bisa konek ke Wi-Fi

Bagi yang menggunakan OS Windows 7 bisa klik Mulai lalu ketik ‘Pusat Mobilitas Windows‘ dan tekan. Pastikan bagian Jaringan nirkabel sudah menyala.

Sedangkan pengguna Windows 8 dan 10 bisa langsung masuk ke menu. jaringan, disana sudah disediakan setting untuk wifi. matikan Modus udara dan nyalakan Wifiselesai.

2. Ubah alamat IP menjadi otomatis

Anda mungkin juga sering menjumpai situasi di mana Wi-Fi terhubung, tetapi Internet tidak berfungsi. Sudah dicek, kuota masih tinggi, tapi tetap tidak bisa nonton.

Ini sering kali disebabkan oleh perangkat yang tidak mendapatkan alamat IP yang benar. Oleh karena itu, Anda perlu mengubah pengaturan agar dapat mendeteksi IP secara otomatis:

Klik pertama Mulai dan pilih Panel kendali.

Selanjutnya Klik pada opsi Pusat Komunikasi dan Transfer Data.

tidak dapat menghubungkan wifi

Klik Opsi Ubah pengaturan adaptor Dari sisi kiri.

Kemudian klik kanan driver Wi-Fi dan pilih Karakteristik.

laptop tidak terhubung

Pilih dari menu Protokol Internet Versi 4lalu pilih Karakteristik.

mengatasi PC tidak bisa konek ke Wi-Fi

Di sini Anda mengubah semua pengaturan menjadi otomatis, seperti yang ditunjukkan pada gambar.

mengatasi PC tidak bisa konek ke Wi-Fi

tinggal terakhir BAGUS dan coba browsing lagi.

Baca juga:   15+ Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Banyak orang memiliki masalah serupa. Bisa dibilang alasannya sangat beragam dan berbeda satu sama lain.

Cara mengatasi laptop yang tidak bisa terhubung ke Wi-Fi

Namun ada beberapa hal umum yang sering menjadi penyebabnya. Jika Anda juga mengalami masalah konektivitas internet atau Wi-Fi, Anda dapat langsung mencoba beberapa solusi di bawah ini dari Teknoinside.

1. Restart komputer atau laptop Anda.

Tips pertama dimulai dari yang paling sederhana. Cukup dengan me-restart komputer agar sistem kembali normal.

Terkadang setelah reboot, koneksi internet mungkin normal dan digunakan kembali. Silakan coba sendiri, jika tidak berhasil, lanjutkan ke tips berikutnya.

2. Nyalakan ulang modem atau router Anda.

Jika memulai ulang perangkat tidak membantu, Anda mungkin perlu memulai ulang penambatan Wi-Fi. Mungkin masalahnya sebenarnya ada di perangkat keras router itu sendiri.

Coba matikan lalu nyalakan lagi untuk mengembalikannya ke normal. Hubungkan PC Anda ke Wi-Fi dan lihat apakah Internet berfungsi seperti sebelumnya.

3. Instal ulang driver Wi-Fi

Driver adalah software yang bertugas untuk mengontrol hardware agar dapat terhubung dengan sempurna.

Itu menjadi penghubung antara perangkat keras dan sistem operasi sehingga ketika dicolokkan dapat berfungsi dengan baik. Tanpa driver, perangkat keras tidak dapat digunakan.

Sebagai aturan, berbagai jenis driver akan diinstal pada PC atau laptop. Ada driver untuk Wi-Fi, mouse, keyboard, headset, dan perangkat keras lainnya.

Ketika terjadi masalah pada driver yang digunakan, tentunya hal ini juga akan menyebabkan error pada hardware. Ini adalah sesuatu yang sering diabaikan dan tidak pernah diuji oleh banyak pengguna komputer.

Saat laptop tidak dapat terhubung ke Wi-Fi, kemungkinan besar masalahnya ada pada driver.

Dalam hal ini, mungkin tidak kompatibel dengan OS Anda, atau mungkin perlu diperbarui ke versi terbaru. Bagaimana cara memeriksanya? Silakan ikuti petunjuk untuk menginstal driver laptop berikut:

  • Klik pertama Mulai dan pilih Panel kendali.
  • Klik menu Pengaturan perangkat.
  • Dalam bab Adaptor jaringanklik kanan driver nirkabel dan pilih Menghapus.
  • Setelah itu, restart perangkat PC Anda.
  • Secara otomatis, driver Wi-Fi akan terpasang dengan sendirinya.
  • Coba sambungkan ke Internet lagi.
Baca juga:   15+ Aplikasi Edit Video di Laptop PC Terbaik 2022: Gratis

4. Perbarui alamat IP perangkat

mengatasi PC tidak bisa konek ke Wi-Fi

Alamat Protokol Internet adalah pengidentifikasi numerik milik perangkat di jaringan.

Oleh karena itu, ini juga memainkan peran penting dalam menghubungkan ke Internet. Jika terjadi masalah, Anda mungkin perlu memperbarui alamat IP perangkat yang Anda gunakan. Bagaimana?

Cukup sederhana, kita bisa menggunakan software CMD yang pada dasarnya sudah terinstal di setiap laptop. Klik MulaiTipe memerintah dan buka programnya. Ketika itu dimasukkan, Anda masuk ipconfig/baru lalu tekan enter.

Tunggu, laptop akan secara otomatis memperbarui alamat IP-nya. Terakhir, keluar saja dari CMD dan coba sambungkan lagi ke internet.

5. Nonaktifkan antivirus/firewall Anda.

Antivirus adalah perangkat lunak yang sangat penting dalam perlindungan terhadap malware. Terkadang juga memiliki firewall. Apa itu firewall? Maka mungkin kita dapat menonaktifkan antivirus laptop untuk sementara.

Sistem keamanan yang melindungi perangkat dari ancaman eksternal. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya malware yang mungkin ditargetkan pada PC saat kita browsing internet.

Meskipun ini sangat penting, terkadang firewall juga mengambil tindakan yang salah. Atau lebih tepatnya, overprotektif.

Seringkali juga memblokir koneksi internet yang kita gunakan. Ini karena firewall menganggap jaringan kurang aman untuk digunakan.

Lihat juga: Cara menonaktifkan firewall.

Akibatnya, itu diblokir, mengakibatkan perangkat tidak dapat terhubung ke internet. Tentu saja, ini justru menimbulkan masalah lain bagi kita.

Mungkin solusi terbaik yang bisa diambil adalah dengan menonaktifkan sementara antivirus dan firewall agar kita bisa terhubung ke Internet kembali.

Atau cukup nonaktifkan fitur firewall dan biarkan perlindungan antivirus tetap aktif.

6. Setel ulang modem atau router Anda

Selain melakukan reboot, kita juga bisa mencoba mereset modem yang digunakan. Metode terkadang berbeda satu sama lain.

Namun secara umum, cukup menekan tombol reset selama beberapa detik. Jika Anda tidak dapat menemukan tombolnya, cari manual di Google untuk perangkat yang Anda gunakan.

7. Instal ulang laptop.

Penginstalan ulang seringkali merupakan cara terakhir untuk memperbaiki masalah apa pun di komputer. Jika Anda belum menemukan solusi ampuh dari tips di atas, Anda bisa mencobanya.

Baca juga:   2 Cara Logout Akun Google Gmail di HP & Laptop

Jika Anda cukup berpengalaman, silakan lakukan proses instalasi ulang sendiri. Namun jika kurang paham, tanyakan pada orang yang lebih berpengalaman atau bawa ke service center.

Dengan cara ini, fungsi di komputer akan kembali normal, seperti yang lainnya. Jika ingin install ulang laptop bisa baca tutorial cara install ulang windows 10 dimana kita bisa menggunakan flashdisk.

8. Hubungi penyedia ISP Anda

Yang sangat mengganggu adalah provider yang kita gunakan sering mengalami gangguan. Oleh karena itu, ketika kami tidak mendeteksi masalah apa pun pada perangkat, saatnya beralih ke jaringan.

Coba hubungi layanan dukungan dari layanan Internet yang Anda gunakan.

Tanyakan apakah ada gangguan pada jaringan internet mereka. Jika tidak, minta bantuan pemecahan masalah jaringan di rumah Anda.

Biasanya mereka mengirim ahli untuk menanganinya. Namun tentunya Anda harus bersabar karena kami tahu bahwa setiap penyedia layanan berbeda-beda.

Kesimpulan

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi laptop yang tidak dapat terhubung ke Internet dan Wi-Fi. Memang cukup merepotkan untuk menghadapi masalah ini, jadi sebaiknya kita segera menyelesaikannya dengan tips di atas.

Pertanyaan yang sering diajukan

Kami telah merangkum beberapa pertanyaan umum terkait masalah dengan Windows yang tidak dapat terhubung ke Wi-Fi.

Mengapa laptop saya tidak dapat terhubung ke Wi-Fi?

Penyebabnya ada beberapa, karena modem rusak, router rusak, driver belum terpasang, password salah, dan lain sebagainya.

Apa yang harus dilakukan jika Windows 10 tidak dapat terhubung ke Wi-Fi?

Masalah dengan Windows 10 adalah tidak dapat terhubung ke Wi-Fi, sehingga Anda dapat menginstal driver nirkabel/Wi-Fi di laptop.

Mengapa Wi-Fi lambat dan terkadang tidak tersambung?

Jika pengguna Wi-Fi yakin bahwa mereka telah membayar tagihannya, terkadang hal ini terjadi saat mereka diisolasi.

Jika ada di antara kalian yang punya pengalaman, silahkan share di kolom komentar. Jangan lupa tinggalkan kritik dan saran untuk menjadikan Teknoinside lebih baik kedepannya.


https://storyforgeproductions.com