Uang tidak semuanya, tetapi semuanya membutuhkan uang. Tahu cara mengelola uang secara optimal apa yang perlu Anda ketahui untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang literasi keuangan.

Jangan salah, literasi keuangan juga merupakan metrik penting untuk mengukur kemajuan suatu negara.

Tak heran, dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah dan Bank Indonesia karena bank sentral terus mempromosikan pentingnya literasi keuangan bagi masyarakat di jalan menuju kebebasan finansial.

Simak ulasan berikut untuk lengkapnya, yuk!

Apa itu literasi keuangan?

Literasi keuangan adalah pengetahuan dan keterampilan keuangan masyarakat untuk mencapai pengelolaan dan penggunaan keuangan yang maksimal. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat mengambil sikap dan keputusan keuangan yang cerdas.

Sedangkan menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara singkat literasi keuangan adalah pengetahuan yang dapat mempengaruhi seseorang dalam mengelola keuangan untuk mencapai tujuan dan sejahtera di masa depan.

Semua orang ingin tujuan keuangan dan hidupnya makmur, bukan?

Itulah mengapa literasi keuangan sangat penting untuk dipelajari.

Aspek literasi keuangan

Untuk mengukur tingkat literasi keuangan, perlu dipahami beberapa aspek penting.

Setidaknya ada tiga aspek yang harus diperhatikan, antara lain:

1. Manajemen uang dasar

Wealth management atau juga dikenal dengan manajemen keuangan adalah suatu kegiatan yang melibatkan perencanaan, pengelolaan, memegang dan mengendalikan keuangan dan aset seseorang.

Melakukan manajemen keuangan penting untuk melacak pengeluaran seseorang agar lebih terkontrol, misalnya dengan melakukan penganggaran, mengatur pengeluaran, tabungan, mengelola pinjaman.

2. Merencanakan tujuan keuangan

Merencanakan tujuan keuangan Anda akan sangat memudahkan Anda dalam mengelola keuangan agar lebih terstruktur dan efisien dalam mencapai tujuan keuangan Anda.

Selain itu, merencanakan tujuan keuangan juga bermanfaat bagi mereka yang dapat mengelola keputusan keuangannya, seperti pemahaman yang lebih baik tentang cara membuat keputusan keuangan yang cerdas..

Baca juga:   9 Cara Mengatur Penghasilan Paling Bijak

Bentuk nyata dari perencanaan tujuan keuangan, seperti merencanakan dana untuk membeli rumah atau Dana pensiun.

3. Investasi

Terakhir, aspek yang sama pentingnya adalah investasi.

Sebelum memilih kendaraan investasi, pastikan Anda memperhatikan beberapa faktor penting seperti kemampuan Anda berinvestasi, pengalaman investasi, jumlah dana yang bisa Anda hemat.

Setelah itu, pilih kendaraan investasi yang sesuai dengan Anda dan mulailah berinvestasi untuk mencapai tujuan keuangan yang Anda inginkan.

Aspek apa yang telah Anda lakukan? di siniteman CoinWorks?

Jika semua aspek terpenuhi, maka kita dapat mengatakan bahwa Anda memiliki tingkat literasi keuangan yang baik dan dianggap sebagai orang kaya.

Bagaimana literasi keuangan masyarakat Indonesia?

Berbagai survei dan kajian telah dilakukan untuk mengukur tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia, antara lain:

1. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK)

Studi ini dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019. Hasil SNLIK menunjukkan bahwa indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia adalah 38,03%. Padahal, akses masyarakat terhadap jasa keuangan cukup tinggi yaitu sebesar 76,19%.

2. Studi indeks kebugaran finansial

Studi ini dilakukan Bank OCBC NISP bekerjasama dengan NielsenIQ pada tahun 2022 dengan metrik yang terukur antara lain kemampuan memenuhi kebutuhan keuangan keluarga, menabung secara rutin, dan memiliki dana darurat.

Akibatnya, indeks kesehatan keuangan Masyarakat Indonesia masih tergolong rendah, yakni 40,06 poin dari maksimal 100. Namun, perolehan nilai tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 37,72 poin.

Hasil survei dan studi yang dikutip di atas menunjukkan bahwa masyarakat memiliki akses ke produk keuangannamun pemahaman tentang produk keuangannya masih rendah.

Lalu bagaimana cara meningkatkan literasi keuangan?

Cara meningkatkan literasi keuangan

1. Penelitian

Sesuai dengan namanya, untuk meningkatkan literasi keuangan Anda perlu belajar.

Baca juga:   Resolusi Keuangan Tahun 2022, Financial Freedom

Anda dapat memutuskan sendiri sarana pendidikan apa yang ingin Anda gunakan. Karena saat ini akses pelatihan literasi keuangan sudah tersebar dan mudah didapatkan secara gratis, mulai dari artikel, video, podcast, serta webinar.

Saat Anda membaca sekarang, ini juga salah satu media yang akan membantu Anda meningkatkan literasi keuangan Anda.

Khusus untuk Anda, CoinLearn dari KoinWorks siap membantu Anda meningkatkan literasi keuangan untuk mencapai Kemandirian finansial.

2. Terapkan apa yang telah Anda pelajari

Mewujudkan kebebasan finansial, teori saja tidak cukup!

Untuk melakukan ini, mulailah mempraktekkan apa yang telah Anda pelajari. Misalnya, Anda baru belajar cara membuat anggaran setiap bulan, lalu mencoba berlatih dengan melacak pengeluaran dan pendapatan bulanan.

Dengan cara ini, Anda akan lebih memahami langkah mana yang lebih efektif dalam mencapai kebebasan finansial yang diinginkan.

Karena setiap orang memiliki profil risiko, keuangan dan prioritas lainnya. Untuk itu, setelah Anda mempelajari literasi keuangan, pastikan Anda menerapkannya sesuai dengan kondisi Anda.

Sampailah kita pada akhir pembahasan literasi keuangan untuk menuju kebebasan finansial.

Kunci penting untuk meningkatkan literasi keuangan adalah disiplin dan tindakan. Segera praktikkan apa yang telah Anda pelajari, dengan mulai berinvestasi.

Untuk investor pemula, Anda dapat mencoba alatnya investasi pinjaman bersama dari CoinWorksitu adalah KoinP2P.

Anda tidak perlu banyak modal, kok. Hanya dengan Rp 100.000 Anda sudah bisa mulai berinvestasi.

Ayo, berinvestasi di KoinP2P!


Pemodelan Pendanaan KoinWorks

Ketahui profil risiko investasi Anda




Rekomendasi Diversifikasi

Dengan modal awal Rp dan tambahan rupiah setiap bulan, maka rekomendasi Anda untuk diversifikasi adalah sebagai berikut:

Dengan pengembalian sebesar per tahun setelah tahun, maka perkiraan pengembalian Anda terlihat seperti ini

rupiah,-

Mulai Pendanaan

Mulai pendanaan di Aplikasi KoinWorks sekarang dan dapatkan KOIN (Dana Percobaan) gratis sebesar Rp350.000 untuk digunakan di KoinP2P.

Instal aplikasi KoinWorks.





https://storyforgeproductions.com