Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) resmi merilis logo spesial Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77. Jadi apa filosofi di balik ini?

Simak artikel Finansialku berikut untuk informasi lebih lanjut.

Pemerintah rilis logo HUT RI ke-77

Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengeluarkan Logo Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 Tahun 2022 ini. Isu ini sekaligus menyambut perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Menteri Luar Negeri sendiri mengeluarkannya efektif 12 Juli 2022. Hal ini juga tertuang dalam Surat Edaran No. B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 dari Menteri kepada Sekretaris Negara.

Surat edaran tersebut berisi pengenalan tema, logo dan partisipasi dalam perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022.

Dengan logo ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya untuk berpartisipasi dalam revitalisasi perayaan HUT RI ke-77.

Tema HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022.

Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, Panitia Kemerdekaan Indonesia telah menyiapkan tema perayaan kemerdekaan ini.

Tema: Cepet sembuh, tambah kuat. Tentunya dengan mempertimbangkan topik ini, dengan mempertimbangkan kondisi Indonesia saat ini yang baru akan terjadi setelah pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.

Tidak hanya itu, tergantung topiknya, ada tujuh gambaran besar yang mencakup semuanya. Uraian tersebut meliputi semangat kebangkitan, sinergi, harapan baik, pemulihan bersama, kekuatan, persatuan bangsa, dan percepatan.

Makna atau Filosofi Logo HUT RI ke-77

Selain tema, ada pula makna dan filosofi yang tersembunyi di balik logo HUT RI ke-77.

Sebelum mengetahui filosofinya, tidak lengkap rasanya jika tidak mengetahui sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. ayotemukan kisahnya di artikel ini:

Sejarah Lengkap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

Kembali ke topik pembahasan, setidaknya ada 7 poin utama filosofi logo, antara lain sebagai berikut:

#1 Formulir nomor 77

Logo kali ini memiliki angka 77 yang bentuknya seperti panah ke atas. Bentuk ini melambangkan percepatan gerakan untuk memperbaiki kondisi negara kita menjadi lebih baik dan menjadi lebih kuat.

Logo peringatan 77 tahun Republik Ingushetia. Sumber: Instagram/Kemensetneg

#2 Dua garis horizontal

Kemudian, di bagian atas angka 7 terdapat dua garis mendatar menyerupai tangga. Ini melambangkan kemajuan dan perkembangan semua sektor yang saat ini terjadi di Indonesia.

#3 Potong bagian atas

Kemudian bagian atas dipotong. Simbol ini mewakili keterbukaan kita sebagai bangsa Indonesia harus bebas dan aktif berperan penting di tingkat global.

Saat ini, masyarakat internasional terutama membutuhkan kerjasama dan sinergi seluruh warga dunia untuk menghadapi situasi sulit.

#4 Tebasan dan sudut tajam

Simbol itu juga mengandung garis miring dan sudut tajam. Bentuk ini terinspirasi dari kepala Garuda Pancasila yang melambangkan Semangat bertarung kembali kuat dan tangguh.

#5 Dua garis lengkung

Ada juga dua garis lengkung di logo. Bentuk ini melambangkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat untuk bekerja sama dan bergerak berdampingan menuju Indonesia yang lebih maju.

No. 6 Sudut penghubung

Lambang sudut penghubung ini harus menegaskan posisi sekaligus peran Indonesia. Inilah penyatuan suara negara-negara maju dunia dalam menyelesaikan berbagai permasalahan global yang saat ini sedang berlangsung.

Hal ini sekali lagi menyoroti peran Indonesia sebagai tuan rumah Forum G20 yang akan diselenggarakan pada November 2022 di Bali.

nomor siluet nomor 7

Akhirnya, simbol menunjukkan siluet nomor tersebut. Gambar ini melambangkan Roh Bhinneka Tunggal Ika semboyan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar, kuat dan bersatu.

Cara menggunakan logo HUT RI ke 77

Tak lupa Sekretariat Negara Kementerian juga membagikan aturan penggunaan Logo Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari penyalahgunaan logo dan risiko perbedaan makna.

Lantas, apa saja syarat penggunaan logo HUT RI ke-77? Berikut deskripsi lengkapnya:

  • Menunjukkandan logo HUT RI ke-77 harus akurat dan konsisten.
  • Tamukomposisi, orientasi dan pilihan warna logo harus, tanpa kecuali, mematuhi peraturan yang berlaku.
  • Skala logo dan karakter visual yang dirancang harus menjaga visibilitas dan konsistensinya.

Sebagai informasi, ada tata cara penggunaan logo Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, yaitu: SALAHitu adalah:

  • MelelehTempatkan logo HUT ke-77 Republik Indonesia di zona foto yang ramai.
  • Melelehakan ada logo di area kontras foto.
  • Mainemengubah orientasi logo selain horizontal.
  • mengumengubah komposisi warna logo.
  • mengumengubah warna logo yang tidak sesuai dengan palet warna yang ditentukan.
  • Namabahkan efek bayangan pada logo.
  • Namamemilih logo garis.
  • menguberubah warna menjadi gradasi.
  • anggotaTambahkan efek tambahan pada logo.
  • mengumengubah font pada logo.
  • Melampirkan logo HUT RI ke-77 pada logo lainnya.

Download logo HUT RI ke 77

Logo RI ke 77 bisa anda dapatkan secara gratis dengan mendownload link sesneg.go.id.

Ada berbagai format seperti PDF, PNG, HD.

Berikut adalah beberapa tautan-miliknya:

17 Agustus 1945 merupakan hari bersejarah bagi Indonesia yang berhasil memperoleh kemerdekaan dan membebaskan diri dari belenggu penjajahan.

Dengan kemerdekaan kita, Indonesia dapat menjadi satu bangsa yang berdaulat dan menentukan nasibnya sendiri.

Saat ini, Teman keuangan saya, menyambut hari jadi kemerdekaan negara kita, apakah situasi keuangan Anda benar-benar mandiri?

Jika Anda masih belum bebas dan masih terbelenggu oleh duri utang, jangan khawatir!

Anda bisa mendapatkan informasi tentang cara hidup bebas hutang dengan membaca buku Elektronik mengikuti.

Ayo, unduh langsung buku Elektronikdan terapkan dalam hidup!

Cara Bebas dan Menghindari Utang eBook Promosi Banner - PC
Banner Promosi E-Book Cara Bebas dan Hindari Hutang - HP

Jika Anda memiliki sesuatu yang berhubungan dengan keuangan, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan perencana keuangan saya Finansialku. Hubungi perencana keuangan Finansialku melalui Aplikasi Keuangan saya atau buat janji temu via whatsapp di nomor (+62)851-5866-2940!

Demikian informasi mengenai logo RI ke-77 dan filosofi dibaliknya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar lebih banyak orang mendapatkan informasi!

Redaktur: Ratna Sri H.

Sumber referensi:

  • Al-Khoria Etiek Nugraha. 02 Agustus 2022 Logo Hari Kemerdekaan Indonesia 77, link download dan filosofi. Detik.com – https://bit.ly/3QefSMM
  • Muhammad Husni Tamami. 01 Agustus 2022 Tema dan logo HUT RI ke-77 tanggal 17 Agustus 2022, Tahu juga filosofinya. Liputan6.com – https://bit.ly/3ShVxbi




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Resmi! ASN Honorer Akan Diganti Outsourcing, Ini Perbandingannya