Untuk menjalankan aplikasi Android, kita membutuhkan program aplikasi PC tambahan yang akan bekerja dengan mudah untuk menginstal dan menjalankan program atau game Android di PC.

Sebenarnya ada banyak aplikasi emulator yang bisa digunakan, kamu bisa memilih beberapa emulator seperti di bawah ini.

  1. Aplikasi emulator Bluestacks
  2. Aplikasi emulator Nox.
  3. Dan aplikasi emulator android lainnya.

Anda dapat mengunduh perangkat lunak emulator di atas secara gratis, deskripsi perangkat lunak emulator adalah program yang memungkinkan Anda untuk menginstal dan menjalankan OS Android di PC.

Dengan demikian, pengguna laptop dan komputer dapat dengan mudah menginstal dan menjalankan aplikasi dan game Android di PC.

Cara menginstal aplikasi Android tanpa emulator

Cara ini merupakan emulator alternatif, jika menurut Anda PC (komputer dan laptop) sulit untuk menjalankan emulator, alangkah baiknya jika Anda menggunakannya. emulator.

1. Unduh aplikasinya

Unduh aplikasi Remix Os. Aplikasi ini adalah penginstal untuk dual boot Android dengan Windows.

Scroll kebawah sampai menemukan bagian seperti gambar berikut,

cara dual boot windows android

Pilih sesuai dengan bit yang Anda gunakan dan klik “Unggah Cermin” jika gagal? berikut link mirror google drive.

2. Instal

Kemudian unduh saja dari tautan hijau seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Tunggu download sampai selesai, jika sudah selesai tinggal extract file zip (remix os).

Jalankan “Remix_OS_for_PC_Installation_Tool” yang sudah di extract tadi.

Cara Dual Boot Android Windows Sangat Mudah

3. Pilih drive

Klik Browse dan masukkan file iso di folder hasil ekstrak (remix os). Kemudian pilih Jenis: Hard Disk.

Disk adalah yang Anda butuhkan, saya sarankan untuk mengaturnya secara terpisah dari menginstal Windows dan data lainnya. Misalnya, di D: atau di G:

Pilihan Drive: Tidak, untuk memilih C:/, kecuali C:/ Anda bisa, karena C adalah Installer Windows.

4. Tunggu proses ekstraksi

Nah sobat tinggal atur ukuran gambar datanya, atur sesuai kebutuhan saja. Kali ini saya memilih 16Gb untuk data ukuran gambar.

dual boot android vs windows min.

5. Proses instalasi OS

Cukup restart/reboot PC dan laptop jika proses instalasi sudah selesai.

Masuk download sobat pilih remix os. Selanjutnya akan muncul banyak teks dengan latar belakang hitam, dan Anda hanya perlu menunggu sampai habis.

Baca juga:   8+ Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi + Penyebab

Kemudian setelah selesai akan muncul tulisan “Choose a language”, pilih saja English. > Setuju > Lewati > Lewati > Selesai. Dan sampai Anda menemukan tulisan “activate google play?” kamu klik tanda centang di lingkaran kecil, lalu klik next.

Persyaratan Minimum

Untuk menginstal aplikasi atau program emulator yang berjalan di PC dan biasanya program atau aplikasi emulator tersebut memiliki kondisi instalasi yang berhasil.

Artinya, aplikasi dapat diinstal jika komputer atau laptop yang Anda gunakan memiliki karakteristik yang memadai, dengan memperhatikan karakteristik PC untuk menginstal emulator secara umum, sebagai berikut.

1. Sistem operasi Windows 7, 8, 10

  • Saat Anda bekerja di PC, Anda harus menjadi administrator di PC itu.
  • RAM minimal 2 GB
  • Drvie C memiliki setidaknya 10 GB ruang kosong tersisa
  • Pastikan Net Framework 2.0 diinstal pada sistem operasi.

2. Sistem operasi Windows XP

  • Saat mengakses PC, pastikan Anda adalah administrator
  • Komputer yang Anda pasang memiliki setidaknya 1 GB RAM.
  • Di drive C, hemat ruang, pastikan Anda memiliki sisa ruang kosong 10 GB.
  • Untuk Windows XP, pastikan Anda menjalankan SP3 atau lebih tinggi.
  • PC harus sudah terinstall Net Framework 2.0 jika tidak bisa mendownloadnya terlebih dahulu.

Spesifikasi di atas setidaknya harus sudah ada di PC yang Anda gunakan, jika Anda belum menginstal struktur jaringan, Anda dapat mengunduhnya. [Net framework disini].

Bagi anda yang belum mengetahui cara cek spek pc atau laptop bisa mengikuti langkah-langkah cara cek spek pc di bawah ini.

Pertama-tama buka Windows Explorer > lalu klik kanan pada komputer lalu pilih properties, akan muncul jendela baru dimana anda bisa mengetahui spesifikasi komputer anda.

Baca juga: Cara Cek RAM Laptop.

Mengetahui karakteristik teknis komputer, Anda dapat mengetahui apakah komputer atau laptop yang Anda gunakan dapat menginstal aplikasi emulator untuk menjalankan program Android di PC yang Anda gunakan atau tidak.

Adapun cara menjalankan dan menginstal aplikasi/game Android di PC dengan mudah dan gratis.

Cara main game di laptop tanpa emulator

Nah, berikut ini cara install game Android di laptop Phoenix OS agar bisa bermain game Android dengan mudah tanpa lag!

Baca juga:   Cara Share Lokasi Google Maps ke WhatsApp, Dll

1. Unduh OS

Langkah pertama, upload teman dulu Pemasang OS Phoenix untuk Windowsmungkin melalui situs web

Setelah itu pilih tipe Exe Installer (For Windows) dan coba pilih Android versi terbaru disana.

2. Instal

cara mudah instal OS android di komputer

Setelah Anda selesai mengunduh penginstal Phoenix OS, jalankan aplikasi penginstal Phoenix OS seperti biasanya Anda menginstal aplikasi .exe di Windows.

Pilih jenis instalasi yang ingin Anda gunakan. Dengan Phoenix OS, Anda dapat menggunakan drive eksternal atau yang dapat dilepas sebagai penyimpanan sistem operasi sehingga Anda dapat menginstal dan menghapus instalannya.

Jika Anda ingin menginstal Phoenix OS di memori internal PC atau laptop Anda, pilih Install biru, atau jika Anda menginginkannya di memori flash atau drive eksternal lain, pilih Buat disk U hijau di atasnya.

Di sini, misalnya, saya menggunakan hard drive internal, jadi saya memilih Install yang berlogo biru.

3. Atur lokasi partisi

Pilih ruang disk yang ingin Anda gunakan untuk meng-host sistem phoenix OS, disarankan jika Anda menggunakan partisi kosong atau partisi baru agar lebih sedikit kesalahan selama proses instalasi.

Kondisi: Anda tidak dapat menggunakan partisi C:/, Anda harus menggunakan partisi kosong dengan setidaknya 10 GB ruang kosong.

Tapi sebenarnya kalian juga bisa menggunakan bagian yang ada dan sobat bisa saja menggunakan bagian yang sudah ada, disini saya menggunakan bagian M: setelah itu klik “Selanjutnya”. Lihatlah gambar di bawah ini.

cara mudah instal OS android di komputer

4. Pengaturan penyimpanan

Kemudian setelah memilih tempat untuk menginstal, sekarang kita pilih ukuran atau memori yang akan digunakan di perangkat Android di phoenix OS nanti, biasanya di phoenix OS, Anda harus melebihi minimal 2 GB hingga 3 GB untuk memilih ukuran.

Misal kita ingin memori internal 4 GB, ruang kosong hard disk yang dibutuhkan sekitar 6 GB ke atas, jika kita menginginkan 8 GB, ruang kosong hard disk kita harus sekitar 10 GB ke atas, dan seterusnya.

Karena 2 GB bagus untuk penyimpanan sistem operasi. Nah sobat pilih ukuran data yang ingin digunakan disini saya ingin menggunakan 8GB jadi pilih 8GB selanjutnya klik instal seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.

cara mudah instal OS Android di laptop

5. Instal dan tunggu

Tunggu hingga proses instalasi Phoenix OS selesai.

cara mudah menginstal phoenix os di komputer

6. Pilih Mulai Ulang Sekarang.

Setelah proses instalasi selesai, akan muncul pesan yang menunjukkan bahwa Phoenix OS telah berhasil diinstal, seperti gambar di bawah ini.

Baca juga:   6+ Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus 2022

Silahkan teman-teman klik isi ulang sekarang jika Anda ingin menjalankan sistem operasi phoenix OS. Maka perangkat kita akan secara otomatis masuk ke Phoenix OS.

cara mudah menginstal phoenix os di komputer

Kesimpulan

Jika membahas cara bermain game Android di PC tanpa emulator menggunakan remix os dan phoenix os, keduanya cukup powerful.

Penjelasan Phoenix OS adalah sistem operasi desktop berbasis Linux, khususnya Android x86.

Tidak lain adalah penciptaan sistem operasi Phoenix agar kita dapat menggunakan aplikasi platform Android di PC atau laptop kita dengan cara yang lebih stabil dan nyaman, tanpa menurunkan kinerja perangkat kita saat menggunakan sistem operasi lain di perangkat tersebut.

Karena Phoenix OS adalah sistem operasi, artinya terpisah dari sistem operasi sebelumnya, emulator cenderung sangat berat.

Keuntungan menggunakan Phoenix atau OS Android x86 lainnya adalah sistem akan berjalan lebih stabil karena resource atau resource laptop atau PC kita hanya digunakan untuk sistem operasi tersebut.

Baca Juga: Cara Download Foto dari Instagram ke PC.

Hal ini berbeda dengan ketika kita menggunakan emulator Android yang tentunya membutuhkan spesifikasi laptop atau komputer yang cukup tinggi agar emulator Android yang kita gunakan di perangkat desktop dapat berjalan dengan lancar dan stabil.

Karena jika kita menggunakan emulator Android di laptop atau PC kita, kemampuan perangkat kita akan terpisah untuk sistem operasi yang digunakan dan emulator, jika kita menggunakan sistem operasi Android x86, semuanya berbeda.

Jika ada langkah-langkah di atas yang masih belum kamu mengerti dan belum mengerti, kamu bisa bertanya kepada kami dengan menulis komentar di kolom yang telah disediakan.


https://storyforgeproductions.com