Badan Geologi Kementerian ESDM menyatakan bahwa Indonesia harta karun 2 miliar ton emas. Dimana dia berada? Anda akan menemukan jawaban lengkapnya di artikel Keuangan Saya berikut ini.

Harta karun 2 miliar ton emas dan tembaga ditemukan

Pemerintah melalui Badan Geologi Kementerian ESDM mengatakan, di Indonesia telah ditemukan perbendaharaan sebanyak 2 miliar ton emas.

Harta karun tersebut terkait dengan potensi sumber daya tembaga dan emas Onto yang terletak di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Harta karun penemuan terdiri dari 1,1 miliar ton tembaga dan emas untuk sumber daya mineral yang ditunjuk. dengan kadar tembaga 0,96% dan 0,58.

Sedangkan 1 miliar ton lainnya merupakan mineral tereka. dengan kandungan tembaga 0,7% dan emas 0,4 g/t.

“Oleh karena itu, jenis deposit ini memiliki volume yang besar, sehingga dimungkinkan untuk memiliki total sumber daya mineral emas dan tembaga yang cukup besar, yaitu sekitar 2 miliar ton. Setiap sumber daya di mana 1,5 miliar ton sumber daya tersebut terdiri dari 0,96 persen tembaga dan 0,58 gram emas secara total.” kata Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono saat launching cnbcindonesia.com (10/06).

Dijumlahkan, total potensi sumber daya ini sekitar 2 miliar ton. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan data Desember 2019.

Temuannya jauh lebih besar dari sebelumnya

Sebagai acuan, pada 2019, PT Sumbawa Timur Mining berhasil membuka potensi sumber daya tembaga dan emas Onto yang mencapai 1,72 miliar ton.

Sehingga potensi sumber daya Onto pada Desember 2021 meningkat sekitar 0,4 miliar ton atau 20% dibandingkan tahun lalu.

[Baca Juga: Krisis Ekonomi AS Semakin Dekat! Seperti Apa Kondisinya?]

Eksplorasi sejak 2010

Pekerjaan eksplorasi untuk mencari sumber daya potensial di wilayah Nusa Tenggara Barat telah dilakukan sejak tahun 2010 oleh PT STM.

Estimasi potensi mineral diumumkan setelah PT STM mengebor 74 sumur dengan total kedalaman 74.130 meter.

Sejauh ini, PT STM terus melakukan pengeboran. Secara total, mereka sudah memiliki 108 lubang bor dengan total kedalaman 115.591 meter.

Pada mekanisme penambangan

Dengan adanya informasi tentang perburuan harta karun tersebut, tentunya timbul pertanyaan sebagai berikut: bagaimana mekanisme pengambilan sumber daya tersebut?

Eco menjelaskan, mekanisme ekstraksi tergantung perusahaan yang sedang menjajaki.

Namun, yang juga penting adalah perlunya penelitian lebih lanjut untuk memetakan cadangan di lokasi ini.

“Ya tentu nanti perusahaan yang punya pertimbangan sendiri dari segi ekonomi, deposit emas seperti apa yang disebut formasi yang begitu luas, apakah masih ada kajian lanjutan? dia menambahkan.

Temui PT Sumbawa Timur Mining (STM)

Perlu diketahui bahwa PT Sumbawa Timur Mining (STM) merupakan perusahaan yang saat ini sedang menjajaki potensi sumber daya di daerah Huu.

Perusahaan ini mengantongi Kontrak Generasi ke-7 (KK) yang ditandatangani pemerintah Indonesia pada 19 Februari 1998. Artinya STM telah meneliti selama 24 tahun.

Proses pengeboran akan berlanjut hingga 2022 dan seterusnya untuk mendukung studi lebih lanjut untuk menentukan ukuran, area, dan karakteristik sumber daya potensial.

Tidak hanya itu, eksplorasi tersebut bertujuan untuk memperkaya data yang akan digunakan dalam studi rekayasa proyek Hu’u.

Di sisi lain, mayoritas saham PT STM dipegang oleh Vale SA (80%) melalui Eastern Star Resources Pty Ltd dan sisanya dimiliki oleh PT Antam Tbk. (dua puluh%).

Teman keuangan saya, berbicara tentang berburu harta karun emas, apakah Anda tertarik untuk berdagang emas berjangka?

Tentu untuk menjalankan alat berdagang Ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dipelajari untuk memaksimalkan keuntungan.

Jika Anda tertarik untuk mempelajarinya, ayo ambil pelajaran Lab Pedagang dari keuangan saya.

Anda akan belajar melalui pelatihan sebaik persiapan selama 3 bulan dari hal. pedagang profesional.

Penasaran? Lihat informasi lebih lanjut dengan mengklik spanduk di bawahnya!

Lab Pedagang Spanduk - versi seluler

Demikian informasi penemuan harta karun 2 miliar ton emas dan tembaga di kawasan Khu’u, Nusa Tenggara Barat. Jadi apa pendapat Anda tentang informasi ini? Jangan takut untuk menulis di komentar!

Redaktur: Ratna S.Kh.

Sumber referensi:

  • editor. 10 Juni 2022 Atas! RI menemukan harta karun 2 miliar ton emas, terletak di sini. cnbcindonesia.com https://bit.ly/39lc3FR
  • Ruth Meliana Dwi Indriani. 24 April 2022 5 Fakta Penemuan Harta Karun Emas 2 Miliar Ton di NTB, Rhode Island Berapa Untung? Suara.com – https://bit.ly/3xzf3Yy
  • Fadli Fauzi Rahman. 4 Mei 2022 Harta karun baru telah muncul di RI! 2 miliar ton emas dan tembaga di dekat Mandalika. detik.com https://bit.ly/3tuI19E




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Pasca Ultimatum Elon Musk, Karyawan Twitter Resign Massal!