Di era modern ini, berbagai perusahaan berusaha memberikan sejumlah fasilitas kepada karyawannya untuk memenuhi kebutuhan vital mereka. Namun tidak hanya itu, memberikan tunjangan karyawan juga dapat meningkatkan produktivitas.

Biasanya, perusahaan memberikan beberapa tunjangan dasar seperti BPJS ketenagakerjaan, asuransi karyawan, dan sebagainya. Juga merupakan pemenuhan kewajiban yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, maupun dalam peraturan pemerintah. Inilah yang perlu Anda berikan kepada karyawan.

Namun ada satu hal yang sering menjadi masalah dalam hal ini. Disinilah kebutuhan antar pekerja tidak sama dan berbeda satu sama lain.

Oleh karena itu, jika sebuah perusahaan memberikan manfaat yang sama, mungkin tidak memenuhi kebutuhan setiap karyawan. Nah, di sinilah konsep tunjangan fleksibel memecahkan masalah ini.

Pentingnya Konsep Manfaat Fleksibel

Pentingnya Manfaat Fleksibel

Mungkin banyak dari Anda yang masih belum familiar dengan istilah tunjangan fleksibel. Sederhananya, ini dapat diartikan sebagai program manfaat yang fleksibel.

Dengan kata lain, pekerja akan ditawari beberapa jenis tunjangan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Oleh karena itu, sejak saat itu, banyak perusahaan telah beralih dari konsep manfaat tradisional ke konsep manfaat yang fleksibel. Untuk memberikan manfaat yang lebih beragam dan memenuhi kebutuhan karyawan kami dengan lebih baik.

Kesulitan dalam menerapkan manfaat fleksibel

Definisi manfaat fleksibel

Di satu sisi, konsep manfaat ini berdampak positif bagi kedua belah pihak. Namun, biasanya hanya digunakan oleh perusahaan besar (enterprise). Karena konsep manfaat fleksibel yang dilakukan secara manual ini akan membutuhkan manajemen yang lebih kompleks.

SDM (Sumber Daya Manusia) atau perusahaan harus menyediakan paket yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap karyawan.

Beragamnya manfaat yang akan diberikan mengharuskan kami untuk bekerjasama dengan mitra/supplier, yang membutuhkan proses administrasi yang rumit dan biaya yang tinggi.

Selain itu, diperlukan pengaturan alokasi anggaran, rangkuman penggunaan tunjangan, dan pengajuan penggantian dari karyawan atas tunjangan yang digunakan, yang akan sangat berisiko jika dilakukan secara manual. Karena butuh waktu lama untuk rawan human error.

Baca juga:   8 Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress: Terbaru 2022

Seringkali sulit bagi pemimpin perusahaan untuk menerapkan konsep tunjangan fleksibel bagi karyawannya. Jika manfaat fleksibel dilakukan secara manual, akan memakan waktu dan dapat menyebabkan kesalahan manusia dalam penerapannya. Begitu banyak perusahaan besar yang akhirnya bermitra pihak ketiga untuk mengelola manfaat yang fleksibel, tentu saja, dengan biaya tambahan yang tinggi. Apa yang Tidak Dapat Dilakukan oleh Perusahaan Kecil dan Menengah

Selain itu, penerapan manfaat fleksibel juga membutuhkan tabulasi penggunaan dan sisa saldo yang belum dialokasikan.

Mekari Flex, kemudahan memberikan manfaat yang fleksibel

Apa itu Mekari Flex?

Memperkenalkan Mekari Flex, platform digital yang mengintegrasikan Human Resource Management Information System (HRIS) untuk mengelola tunjangan karyawan yang fleksibel di semua perusahaan. Dimana platform ini dapat menjadi solusi dari kompleksitas pengelolaan dan mewujudkan manfaat yang fleksibel dan beragam

Mekari Flex merupakan win-win solution yang dapat memberikan kemudahan tidak hanya bagi SDM atau perusahaan, tetapi juga bagi karyawan itu sendiri.

Karena dengan platform digital ini, perusahaan dapat lebih mudah memberikan keuntungan yang gesit dengan biaya yang lebih rendah. Di sisi lain, karyawan juga lebih fleksibel dalam memilih paket benefit yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. layanan mandiri pekerja lapangan di smartphone

Mekari Flex dapat menjadi layanan mandiri karyawan mobile yang meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan karyawan. Karena tidak, dengan aplikasi ini kita bisa “membayar kapan saja” tanpa menunggu hari gajian. Ini juga mencakup berbagai kategori manfaat yang dapat dipilih secara bebas mulai dari asuransi, kesehatan, kebutuhan gaya hidup dan sebagainya.

Dengan demikian, perusahaan tidak perlu bermitra dengan pemasok yang berbeda, yang tentunya akan memakan banyak waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Karena pilihan benefit yang dibutuhkan karyawan sudah tersedia di Mekari Flex dan bisa dipilih sesuai keinginan. Akibatnya, distribusi keseimbangan manfaat dapat dimaksimalkan dan secara otomatis dinilai kembali tanpa takut hal ini akan terjadi. kesalahan manusia.

Manfaat menggunakan Mekari Flex

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, platform digital ini dapat menjadi win-win solution baik bagi perusahaan maupun karyawan.

Baca juga:   10+ Cara Melaporkan Akun Instagram Penipuan / Palsu

Pasalnya, layanan tersebut memberikan kemudahan bagi keduanya untuk menerapkan konsep flexible advantage. Berikut beberapa keuntungan jika kita menggunakan layanan Mekari Flex.

1. Untuk karyawan

mekar untuk karyawan
  • Karyawan dapat memilih tunjangan yang sesuai dengan kebutuhan hidupnya. Cukup dengan mengakses aplikasi Mekari Flex di smartphone, karyawan bebas menentukan keuntungan yang diinginkan, kapan saja, di mana saja, dengan saldo yang disediakan oleh perusahaan.
  • Tersedia berbagai paket manfaat. Mulai dari asuransi, kesehatan, gaya hidup, hingga komuter dengan harga bersaing. Memungkinkan karyawan untuk memanfaatkan insentif anggaran secara maksimal
  • Kontrol anggaran dan keseimbangan penggunaan manfaat tepat di aplikasi. Jika Anda ingin memilih manfaat tetapi saldonya habis, karyawan memiliki opsi untuk mengakses daftar gaji lebih awal untuk membayar manfaat yang dipilih. Sehingga pemilihan benefit ini tidak mengganggu cash flow karyawan, karena otomatis akan dipotong pada payroll berikutnya.

2. Untuk Sumber Daya Manusia (SDM)

berbunga selama satu jam
  • Pengenalan konsep remunerasi yang fleksibel dapat dilakukan dengan lebih mudah. Proses administrasi lebih sederhana dan tidak rumit, seperti tunjangan fleksibel yang dilakukan secara manual, tentunya tanpa biaya tambahan.
  • Mekari Flex telah bermitra dengan beberapa vendor untuk memberikan paket manfaat yang berbeda. Pemasok yang telah bermitra dengan Mekari Flex antara lain Salvus dan Future Ready for Insurance, Doogether, Good Doctor, Riliv, Triasse, Kulina, YellowFit Kitchen dalam kategori wellness. Pada kategori lifestyle, vendor yang telah bekerjasama sebagai partner pada aplikasi ini adalah Houzcall, Sayurbox dan Cakap.
  • SDM dapat menetapkan batas tunjangan anggaran sesuai profil karyawan dan kebijakan perusahaan langsung dari dashboard khusus yang terintegrasi dengan HRIS. Sederhanakan proses untuk HR pendaftaran manfaat, pelaporan dan ringkasan, dan pemantauan penggunaan Manfaat karyawan, dimana semua data dapat diakses secara online secara real time dalam satu dasbor.
  • Pelaporan dan ringkasan penggunaan saldo karyawan akan dilakukan secara otomatis. Dengan begitu, HR tidak perlu melakukan perhitungan secara manual untuk menghindari human error. Selain itu, proses pemantauan penggunaan saldo karyawan juga dapat dipantau secara real time dengan sangat mudah.
Baca juga:   10 Negara Dengan Utang Terbanyak 2022, Indonesia Termasuk?

3. Untuk perusahaan

Keuntungan bagi perusahaan yang menggunakan Mekari Flex
  • Penerapan konsep flexible preferential juga dapat dilakukan tidak hanya oleh perusahaan besar (enterprises). Namun, perusahaan kecil pun dapat berpartisipasi secara optimal dalam implementasinya dengan Mekari Flex, karena hemat biaya.
  • Dapat memberikan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi karyawan. Hal ini tentunya juga akan berdampak positif pada produktivitas mereka, yang akan berpengaruh pada produktivitas dan perkembangan perusahaan itu sendiri.
  • Menjadi salah satu daya tarik bagi orang-orang yang ingin bergabung dengan perusahaan. Berdasarkan studi SHRM, hasilnya menunjukkan bahwa 29% karyawan mencari pekerjaan karena tunjangan. Sedangkan 32% sisanya mengatakan keuntungan tersebut menjadi alasan mereka bertahan di perusahaan.

Kesimpulan

Kesimpulan

Mekari Flex adalah platform digital yang dapat memecahkan masalah penerapan konsep manfaat yang fleksibel bagi perusahaan. Mampu memberikan kemudahan dalam proses pemberian imbalan kerja tanpa harus melalui proses administrasi yang panjang. Sehingga hal ini akan berdampak positif tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi karyawan itu sendiri.

Dengan kemudahan tunjangan fleksibel melalui Mekari Flex, karyawan bebas mengelola tunjangan yang mereka inginkan sesuai anggaran yang dialokasikan perusahaan. Hal tersebut tentunya dapat membawa kebahagiaan dan kepuasan bagi karyawan, yang akan berdampak positif pada produktivitas dan produktivitas mereka.

Apa yang kamu tunggu? Dengan banyaknya fitur dan fasilitas yang ditawarkan oleh platform digital ini, tidak ada alasan untuk melewatkannya. Untuk layanan dan informasi lebih lanjut tentang Mekari Flex, Anda dapat mengunjungi situs resminya secara langsung. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.


https://storyforgeproductions.com