Berbicara tentang bit laptop atau komputer, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan bit? Anda yang akrab dengan komputer tahu apa itu ketukan. Bit adalah singkatan dari binary digit, yang berarti digit biner.

Digit biner ini adalah unit terkecil atau terkecil dalam komputer digital. Komputer tidak menggunakan angka desimal untuk menyimpan data, semua data komputer disimpan dalam angka biner.

Memahami 32 dan 64 bit

Pada laptop dan komputer, terdapat dua jenis sistem bit yang dapat digunakan oleh pengguna komputer, yaitu antara sistem 32-bit dan sistem 64-bit. Kedua angka ini menunjukkan lebar atau jumlah maksimum data yang dapat diproses oleh sistem komputer. Dalam kebanyakan kasus, sistem 32-bit berarti memerlukan prosesor 32-bit atau 64-bit.

Sedangkan untuk sistem operasi tipe 64 bit hanya dapat dijalankan pada komputer dengan prosesor tipe 64 bit, karena prosesor tipe 32 bit tidak dapat memahami instruksi atau perintah yang dimiliki oleh program tipe sistem 64 bit.

Jadi, kita harus tahu cara mengetahui bit laptop sebelum menjalankan aplikasi atau menginstal aplikasi yang membutuhkan jenis bit komputer tertentu.

Meskipun Anda dapat mengganti prosesor Anda dengan upgrade prosesor laptop sehingga Anda memiliki prosesor 64-bit.

Cara mengetahui bagian PC laptop

Nah, kali ini saya akan memberikan 7 cara mudah mengetahui bit laptop anda. Cara ini dapat diterapkan pada sistem operasi Windows seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

Sedangkan untuk sistem operasi lain seperti sistem operasi macOS atau Linux mungkin sedikit berbeda, berikut cara mengetahui kedalaman bit sebuah laptop.

1. Properti Sistem

cara memeriksa kedalaman bit laptop

Cara kedua adalah dengan menggunakan fitur Windows yaitu System Properties. Mengakses fitur ini di Windows Vista, Windows 7, Windows 8, atau Windows 10 mirip dengan berikut ini.

  • Pertama, Anda perlu membuka menu mulai atau mengklik ikon windows.
  • Selanjutnya klik kanan pada icon komputer atau biasanya My Computer, kemudian pilih Properties dari menu yang muncul.
  • Pada jendela baru yang muncul, akan ada menu System atau tab yang berisi System Type.
  • Pada tab ini, Anda dapat mengetahui sistem operasi Windows mana yang digunakan, apakah itu Windows 32-bit atau 64-bit.
Baca juga:   10+ Cara Mengatasi Lupa Password Gmail: Work 2022

2. Sistem informasi

cara mengetahui kedalaman bit laptop melalui informasi sistem

Jadi Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan lainnya di Windows Sistem Informasi. Aplikasi dapat menampilkan banyak, dari jenis prosesor, versi Windows, dan banyak lagi.

  • Alternatif: Temukan informasi tentang sistem, buka di pencarian.
  • Untuk mengaksesnya, pilih ikon Start menu atau ikon Windows, lalu pilih All Programs.
  • Setelah itu, buka menu “Accessories”, lalu “System Tools”, dan dari opsi yang muncul, Anda akan melihat “System Information”.
  • Buka aplikasi Informasi Sistem dan jendela yang muncul akan memberi tahu Anda jenis sistem apa yang Anda miliki dan fitur prosesor apa yang tersedia.
  • Jika “x86” ditampilkan, maka sistem komputer Anda adalah sistem komputer 32-bit, dan jika “x64” muncul, maka sistem Anda adalah 64-bit.

Jika sudah jelas berapa bit depth yang dimiliki prosesor dan laptop anda, maka anda bisa melanjutkan untuk menginstall CD sesuai dengan cara install driver tanpa CD dan sesuaikan dengan versi prosesor laptop anda.

3.DXdiag

cari tahu 32 atau 64 bit melalui dxdiag

Pada titik ini, kita dapat memeriksanya dengan alat diagnostik DirectX, atau biasanya disingkat dxdiag. Berikut langkah-langkahnya.

  • Tekan tombol Win+R secara bersamaan.
  • Kemudian ketik dxdiag
  • Kemudian tekan Enter, maka akan muncul seperti gambar di atas.

4. Tentang sistem

lihat bit cek pc

Langkah ini bisa kita terapkan pada sistem operasi Windows 8 dan Windows 10 dengan mengikuti penjelasan berikut ini.

  • Klik windows > masuk ke pengaturan.
  • Kemudian pilih pengaturan, gulir ke bawah hingga bagian Tentang muncul, dan klik.
  • Tampilan yang ditunjukkan di atas kemudian akan muncul, yang akan memberi tahu Anda bit mana yang sedang digunakan.

Dengan ini, Anda dapat melihat potongan-potongan laptop tanpa aplikasi tambahan, tentu saja sangat mudah untuk dicoba.

Baca juga: Cara Menambah RAM Laptop.

4. SMD

cara cek spek pc

Lalu, jika tidak ingin pusing atau sudah familiar dengan cmd Windows, bisa menggunakan cmd untuk mengecek bit notebook, berikut caranya.

  • Langkah pertama tekan Win + R bersamaan
  • Ketik cmd, lalu tekan Enter.
  • Kemudian ketik cd../../Windows/system32 lalu ketik
  • Kemudian ketik kembali sistem Informasi lalu masuk.
  • Kemudian akan muncul spesifikasi laptop untuk mengetahui bit-bit pada bagian system type.
Baca juga:   6 Perbedaan SSD dan Hardisk: Kelebihan dan Kekurangan

5. CPU-Z

menggunakan prosesor

Cara terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi CPU-Z. Aplikasi ini cukup populer di kalangan pengguna komputer karena dapat memberikan gambaran yang jelas dan spesifik tentang sistem komputer.

Informasi terkait CPU, RAM, penyimpanan HDD/SSD, dan lainnya dapat ditampilkan dengan aplikasi ini dengan cukup detail dan jelas agar pengguna dapat dengan mudah menggunakan aplikasi ini tanpa perlu langkah khusus tambahan.

Jadi, dengan aplikasi ini, Anda dapat mengetahui sistem operasi apa yang Anda miliki. Jika x86 ditampilkan, berarti sistem operasinya 32-bit, dan jika x64 ditampilkan, maka sistem operasinya 64-bit.

Baca juga: Cara Mengetahui Ciri-Ciri PC.

6. Menggunakan sistem

cek bit pc

Pada versi Windows XP, atau versi Windows pada umumnya, terdapat jendela informasi sistem yang cukup lengkap dan dapat menampilkan jenis bitness dari sistem operasi yang kita miliki.

Cara mengaksesnya dengan pencarian string yaitu dengan mengklik menu mulai, lalu tab pencarian, atau “Cari string“, Anda dapat menulis sistem yang akan membuat Windows Anda menampilkan aplikasi “Sistem”.

Jika jendela yang muncul memiliki informasi 32-bit atau x86, maka sistem Anda adalah 32-bit, dan jika ditampilkan x64 atau 64-bit, maka sistem komputer (OS) Anda adalah 64-bit. Dengan aplikasi ini, Anda juga dapat melihat versi lengkap dari prosesor Anda.

8. Gunakan Tinjauan Sistem

Cara kelima ini adalah dengan menggunakan fitur System Summary yang ada pada Windows 2000, Windows Server, dan beberapa jenis Windows versi sebelumnya. Cara mengaksesnya, Anda cukup menekan tombol Win+R, lalu pada jendela yang muncul, ketik sysdm.cpl, lalu tekan OK atau enter.

Sebuah jendela yang mirip dengan “Informasi Sistem” akan muncul. Jika jendela menunjukkan PC berbasis X86, maka sistem operasi Anda adalah 32-bit, dan jika Anda melihat EM64T, maka Anda memiliki sistem operasi dan sistem komputer 64-bit.

Baca juga:   5 Cara Mengubah Video MKV ke MP4 Online & Offline

9. Aplikasi yang aman

Mengetahui informasi tentang prosesor di komputer Anda. Anda dapat melakukannya dengan bantuan aplikasi tertentu, seperti aplikasi SecurAble.

Aplikasi SecurAble adalah aplikasi gratis yang bisa Anda dapatkan secara online. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi ini dan menginstalnya, lalu jalankan untuk mengetahui jenis prosesor apa yang ada di komputer Anda apakah itu prosesor 32 bit atau prosesor 64 bit.

Dengan aplikasi ini, kita dapat mengetahui bit laptop dari berbagai jenis prosesor AMD atau Intel.

10. Menggunakan terminal

Pada sistem operasi Linux dan MacOS, Anda dapat menggunakan terminal untuk mengenal seluk beluk sistem komputer Anda. Caranya ketikkan “uname -a” di jendela terminal yang muncul, lalu login.

Untuk menampilkan beberapa informasi tentang kernel, sistem operasi yang sedang berjalan, dan lainnya, termasuk jenis sistem komputer atau prosesor yang Anda miliki.

Dengan cara ini Anda dapat mengetahui apakah sistem operasi Anda x86 (32-bit) atau x64 (64-bit). Namun, Anda perlu berhati-hati saat bekerja dengan terminal, Sobat, karena jika Anda secara tidak sengaja melakukan tindakan tertentu, ini dapat menyebabkan kegagalan prosesor di laptop atau komputer Anda.

Itu saja yang bisa saya sampaikan pada pembahasan kali ini tentang Cara melihat bit laptop Semoga cara yang bisa saya rekomendasikan di atas bisa membantu dan bermanfaat dan sobat bisa dengan mudah menerapkannya.

Jika masih ada yang kurang jelas dan Anda ingin bertanya, kirimkan pertanyaan Anda di kolom komentar yang tersedia.


https://storyforgeproductions.com