PowerPoint adalah perangkat lunak presentasi yang paling umum digunakan. Dengan PowerPoint ini, Anda dapat dengan mudah melakukan presentasi.

Biasanya orang membuat presentasi hanya dengan kata-kata dan gambar, jarang kita temukan orang yang melakukan presentasi dengan melampirkan video.

Bahkan, di PowerPoint, kita dapat menyematkan video dalam presentasi kita untuk membuatnya lebih menarik. Jadi konten presentasi lebih dari sekedar teks dan gambar.

Nah, pada kesempatan kali ini, Teknoinside akan membagikan tutorial cara menyisipkan video di PowerPoint.

Baca juga: Cara Menambahkan Gambar ke PPT.

Cara menyematkan video di powerpoint

Lantas, bagaimana cara menyematkan video di powerpoint dengan mudah?

Nah, mungkin banyak dari kalian yang masih bingung, yuk simak cara membuatnya, karena sudah saya jelaskan di bawah ini.

1. Buka PowerPoint

Langkah pertama silahkan buka PowerPoint di komputer atau laptop anda.

2. Klik Tempel

unggah video ke powerpoint

Kemudian pilih tab Sisipkan dari bilah menu. Setelah itu, pilih dan klik menu dropdown video. Kemudian akan muncul dua pilihan yaitu “Video Online” dan “Video di PC saya”.

Di bawah “Video di komputer saya”, itu berarti mendapatkan video dari komputer Anda, dan video online dibagi menjadi dua opsi, yaitu Youtube dan dari kode embed video.

Sedangkan? Yuk simak penjelasannya berikut ini:

3. Cara memasukkan video dari laptop

Langkah pertama: Silakan pilih menu dari file, lalu klik “Browse”.

Tahap kedua: Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini. Kemudian pilih video yang ingin Anda sisipkan di slide. Kemudian klik “Sisipkan”.

unggah video ke powerpoint

Langkah ketiga: Video yang Anda masukkan akan terlihat seperti contoh gambar di bawah ini. Anda dapat menyesuaikan ukuran video dengan menyeret sudut video yang membulat.

Baca juga:   4 Cara Password File ZIP & RAR: untuk PC, Laptop

Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan tampilan video yang ditambahkan. Anda melakukan ini dengan mengklik tab pemutaran. Kemudian klik drop-down menu mulai untuk menentukan bagaimana video akan diputar.

Akan ada dua pilihan: “On Click” dan “Otomatis”. Saat diklik, video akan diputar saat diklik. Sedangkan video secara otomatis diputar saat halaman presentasi ditampilkan.

4. Cara menyematkan video Youtube

Langkah pertama: Jika Anda memilih menu ini, komputer atau laptop Anda harus terhubung ke Internet agar Anda dapat terhubung ke YouTube secara langsung.

Pilih menu YouTube. Kemudian masukkan nama saluran YouTube untuk ditampilkan di kotak pencarian YouTube. Setelah itu, klik ikon pencarian.

Tahap kedua: Saluran YouTube yang terkait dengan nama itu kemudian akan muncul. Kemudian pilih video yang ingin Anda sematkan dan klik “Sisipkan”.

unggah video ke powerpoint

Catatan: Video ini dapat diputar saat terhubung ke Internet. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki koneksi internet selama presentasi agar video dapat diputar selama tayangan slide.

5. Cara menyematkan video dengan kode sematan

Langkah pertama: Untuk cara ini, pastikan juga koneksi internet di laptop atau komputer Anda masih terhubung. Kemudian pilih menu Dari kode semat video.

Tahap kedua: Setelah itu, buka YouTube dan temukan video yang ingin Anda tampilkan di mesin pencari. Kemudian putar video untuk melihat apakah itu layak atau tidak.

Langkah ketiga: Kemudian klik “Bagikan” di sudut kanan video.

Langkah keempat: Kemudian, di bagian “Bagikan Tautan”, Anda dapat membagikan tautan video ke berbagai platform seperti Facebook, Twitter, dll.

Namun, jika Anda ingin menampilkannya di Power Point, Anda harus memilih Embed.

unggah video ke powerpoint

Langkah kelima: Kode embed video kemudian akan muncul. Kemudian klik Salin.

Baca juga:   8 Cara Membuka Blokir Instagram Teman, Orang Lain (100% Work)

Langkah keenam: Tempelkan kode semat di kolom yang sesuai dan klik ikon di sebelah kanan.

unggah video ke powerpoint

Langkah pertama: buat formulir yang berisi kata-kata klik di sini.

Tahap kedua: klik kanan bentuk untuk membuka menu lain. Klik hyperlink.

Langkah ketiga: akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Temukan lokasi file video Anda dan klik OK.

unggah video ke powerpoint

Kesimpulan

Selain menyematkan video, Anda juga dapat menyematkan musik di PowerPoint. Dengan cara ini Anda dapat membuat presentasi Anda lebih menarik.

Tapi jangan khawatir, cara pertama dan terakhir ini bisa diterapkan di semua aplikasi PowerPoint. Nah, mungkin itu saja pembahasan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Oke semuanya sudah berakhir Sekarang Cara menyematkan video di powerpoint yang saya rekomendasikan di atas.

Bagaimana? Mudah bukan? Namun perlu saya ingatkan kembali bahwa cara di atas, terutama cara ke-2 dan ke-3, tidak bisa digunakan di PowerPoint 2010 karena saya sudah mencobanya dan tidak berhasil juga.


https://storyforgeproductions.com