Titik akses adalah area di mana klien dapat terhubung ke Internet menggunakan sistem nirkabel (nirkabel/nirkabel) dari perangkat tertentu.

Saat ini ponsel Android merupakan ponsel yang paling banyak digunakan masyarakat di dunia, tak terkecuali di negara kita yaitu Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya menggunakan ponsel Android.

Semua hp android seharusnya memiliki fungsi hotspot, mungkin hanya sebagian kecil hp jadul saja yang tidak memiliki wifi/hotspot.

Baca juga: Cara Membatasi Kuota Internet.

Nah, kali ini Teknoinside ingin membagikan artikel yang akan membahas tentang cara membatasi perangkat hotspot yang terhubung di ponsel Android dengan atau tanpa aplikasi.

Oke sob silahkan simak artikel cara membatasi dengan benar perangkat yang terhubung hotspot di hp android dibawah ini ya.

Membatasi pengguna yang terhubung ke hotspot di ponsel kita berguna karena kita dapat mengontrol penggunaan data sehingga lebih efisien dan tidak terganggu saat dihidupkan.

Nah di bawah ini adalah pembahasan tentang cara membatasi pengguna hotspot di Android tanpa aplikasi dan dengan aplikasi:

1. Cara membatasi jumlah pengguna hotspot seluler Xiaomi

Agar kita dapat mengatur jumlah maksimum pengguna yang dapat terhubung ke jaringan hotspot kita, itu dapat dikonfigurasi sesuai dengan pengaturan. Bagi pengguna smartphone Xiaomi, silahkan ikuti panduan berikut ini.

Pertama, buka pengaturan masing-masing ponsel Xiaomi Anda. Anda dapat pergi melalui menu atau geser ke bawah tab notifikasi dan pilih opsi Pengaturan.

1. Kemudian pilih menu hotspot pribadilalu ketuk opsi Perangkat yang terhubung.

Cara membatasi pengguna hotspot Xiaomi

2. Akan ada pengaturan untuk membatasi jumlah pengguna. Pilih menu Batas perangkat yang terhubung kemudian tentukan jumlah pengguna maksimum.

Cara membatasi pengguna hotspot Xiaomi

3. Jadi jika selanjutnya jumlah pengguna yang terhubung secara bersamaan mencapai maksimum, maka perangkat lain tidak akan dapat terhubung ke hotspot Anda lagi.

Baca juga: Cara Membuat Hotspot di Laptop.

2. Bagaimana cara membatasi jumlah pengguna hotspot HP Oppo

Nah bagi yang menggunakan smartphone Oppo sebagai hotspot Wi-Fi. Sangat penting untuk membatasi jumlah pengguna yang terhubung secara bersamaan. Apalagi jika memang ingin menghemat kuota agar tidak cepat habis.

Baca juga:   16+ Cara Mengatasi HP Android Lemot: Semua Merk

Karena jika tidak dibatasi apalagi tanpa password, maka tentunya siapa saja bisa terkoneksi dan cepat menghabiskan data internet Anda. Jadi bertanya-tanya bagaimana? Langsung saja kita simak tutorial selanjutnya.

1. Segera buka menu pengaturan pada smartphone. Kemudian pilih opsi Koneksi nirkabel lainnya.

2. Setelah itu akan muncul beberapa menu yang berhubungan dengan koneksi nirkabel. Kami memilih opsi hotspot pribadi.

Cara Membatasi Pengguna Oppo Hotspot

3. Untuk mengatur jumlah pengguna, klik Manajer Koneksi > Jumlah Maksimum Perangkat Terhubung.

Cara Membatasi Pengguna Oppo Hotspot

4. Terakhir, Anda bisa menentukan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Apakah itu mudah?

Baca Juga: Cara Membatasi Pengguna Wifi Indihome

3. Cara Membatasi Jumlah Pengguna Samsung Mobile Hotspot

Jika Anda ingin membatasi pengguna hotspot untuk perangkat tertentu saja, Anda dapat mencoba tips berikut. Di mana Anda dapat secara khusus mencantumkan HP/laptop yang dapat dihubungkan ke jaringan Wi-Fi.

Oleh karena itu, jika perangkat yang tidak terdaftar kemudian mencoba menyambung, perangkat tersebut tidak akan dapat melakukannya. Untuk tutorialnya bisa cek di bawah ini.

1. Buka pengaturan HP Samsung, lalu pilih menu Koneksi lalu ketuk opsi Hotspot seluler dan tethering.

Cara Membatasi Pengguna Samsung Hotspot

2. Selanjutnya, masuk ke menu Hotspot seluler. Setelah itu, klik menu tiga titik di pojok kanan atas dan pilih Perangkat yang Diizinkan.

Cara Membatasi Pengguna Hotspot Samsung

3. Aktifkan opsi Hanya perangkat yang diizinkan untuk menggunakan fitur ini. Selanjutnya pilih Sebuah tambahan untuk mendaftarkan perangkat baru.

Cara Membatasi Pengguna Hotspot Samsung

4. Sekarang di sini Anda dapat mengisi nama perangkat beserta alamat MAC-nya.
Bagi yang tidak tahu di mana mencari alamat MAC, buka System Information, yang biasanya terdapat di bagian bawah menu Settings.

5. Di sana Anda akan melihat alamat MAC Wi-Fi, tulis dan gunakan. Dengan demikian, jika perangkat tidak terdaftar, maka tidak akan dapat terhubung ke hotspot Anda.

Baca juga:   10 Cara Cek Jadwal Film Bioskop Online: di Laptop & HP

4. Cara membatasi jumlah pengguna hotspot di ponsel Android tanpa aplikasi

cara membatasi hotspot di android

Adapun cara membatasi pengguna hotspot di android tanpa aplikasi mungkin hanya dengan melihat gambar diatas sobat bisa langsung mengerti bagaimana cara membatasi pengguna hotspot di hp android tanpa aplikasi.

Namun bagi yang belum paham dengan gambar di atas, berikut ini akan dijelaskan cara membatasi pengguna hotspot seluler di Android tanpa aplikasi:

  1. Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah masuk ke menu Pengaturan / pengaturan yang ada di hp android teman.
  2. Selain itu, setelah Anda berada di menu pengaturan, akan ada banyak opsi menu, Anda pilih menu koneksi nirkabel lainnya.
  3. Kemudian, jika sudah ada di menu koneksi nirkabel lain, Anda dapat menemukan opsi hotspot pribadiAnda memilih menu.
  4. Setelah itu, setelah Anda memiliki menu hotspot pribadi, akan muncul menu dengan beberapa opsi untuk mengatur hotspot di ponsel Anda. Silahkan teman-teman pilih Manajer Koneksi.
  5. Nah di bagian connection manager sobat bisa mengatur beberapa hal seperti perangkat yang diblokir (black list), batas pengguna (jumlah maksimum perangkat yang terhubung), pembatasan jumlah maksimum data yang terhubung (batas data). Untuk mengatur batas pengguna, silakan teman-teman, klik jumlah maksimum perangkat yang terhubung kemudian tentukan jumlah maksimum pengguna yang dapat terhubung.

5. Cara Membatasi Jumlah Pengguna Hotspot di Ponsel Android Menggunakan Aplikasi

batasi hotspot di android dengan aplikasi

Jika cara pertama tidak bisa dilakukan karena ponsel Anda tidak mendukung fitur pembatasan pengguna hotspot di ponsel Android, Anda dapat mencoba cara membatasi data perangkat yang terhubung dengan hotspot di Android menggunakan Mobile Wifi Hotspot Manager – aplikasi Tethering.

Ini berfungsi untuk membatasi jumlah penggunaan data yang dapat digunakan pengguna untuk terhubung ke hotspot di ponsel Android teman mereka.

Baca juga:   8+ Cara Install Android di PC Laptop tanpa Emulator

Berbeda dengan yang pertama, yang membatasi jumlah pengguna yang bisa terhubung. Simak cara membatasi penggunaan data hotspot di perangkat Android berikut ini:

  1. Langkah pertama silahkan teman-teman Unduh dan pasang aplikasi pertama Pengelola Hotspot Wifi Seluler – Modemyang dapat Anda temukan di play store.
  2. Kemudian, setelah Anda berhasil mengunduh dan menginstal Mobile Wifi Hotspot Manager – aplikasi Tethering, buka aplikasi dan pilih menu. Titik panas.
  3. Kemudian, setelah itu, aplikasi Mobile Wifi Hotspot Manager – Tethering akan secara otomatis memberitahu kita untuk menyalakan hotspot di ponsel kita. Silahkan teman-teman nyalakan hotspotnya dengan klik tulisan aktifkan hotspot.
  4. Setelah menyalakan hotspot, kembali ke aplikasi Manajer Hotspot Wifi Seluler – modem, dan perhatikan bahwa ada menu Pembatasan datasilahkan sobat atur batasan data yang bisa digunakan, ada juga pengaturan lain seperti timer hotspot (untuk mengatur berapa lama hotspot akan aktif, setelah waktu berlalu, hotspot akan mati secara otomatis).
  5. Harap diperhatikan bahwa saat menggunakan aplikasi ini, jangan menutup aplikasi saat sedang berjalan karena nantinya dapat menghentikan pembatasan data yang berlaku.

Lihat juga: Cara membatasi pengguna hotspot di Android.

Itulah beberapa tips dari Teknoinside tentang cara membatasi jumlah pengguna hotspot di HP. Dengan cara ini, Anda dapat menentukan jumlah maksimum pengguna yang dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi secara bersamaan. Ini akan sangat berguna untuk mengontrol penggunaan data dan menjaga kuota.


https://storyforgeproductions.com