Di masa lalu, ketika seseorang ingin menjadi tuan rumah suatu acara, baik itu pernikahan, pesta, dll., mereka akan menyertakan informasi alamat lengkap beserta deskripsi peta. Namun, rencana tersebut tidak dapat mencantumkan alamat secara detail, hanya sebagai ilustrasi.

Tapi sekarang kita bisa mengatasi masalah ini dengan melengkapi undangan yang dibuat dengan barcode lokasi Google Maps. Jadi tidak perlu repot membuat rencana yang tidak terlalu akurat, Anda bisa menggunakan Google Maps yang sudah pasti akurat.

Mengapa Anda harus menggunakan Google Maps?

Alasan utama dan terpenting adalah lokasi yang ditampilkan di Google Maps lebih lengkap, akurat, dan detail dibandingkan denah lantai. Dengan adanya Google Maps tentunya akan memudahkan para tamu undangan untuk menemukan lokasi undangan yang dituju.

Ada juga alasan lain, yaitu:

  • Hampir semua pengguna Android memiliki aplikasi Google Maps
  • Google Maps dapat menampilkan foto pratinjau langsung dari lokasi.
  • Google Maps mudah digunakan.
  • Kami dapat membagikan kode lokasi di jejaring sosial.
  • Masih banyak manfaat lainnya.

Untuk berbagi, tautan biasanya digunakan. Namun sekarang barcode juga bisa digunakan untuk sharing, sekarang ini sudah banyak orang yang mengenal barcode karena lebih mudah dan praktis.

Cara membuat barcode lokasi di Google Maps

Membuat barcode lokasi di Google Maps sangat mudah, bahkan bisa langsung dilakukan dengan ponsel Android Anda. Nah, pada kesempatan kali ini, Teknoinside akan membahas cara membuat barcode lokasi di ponsel.

Karena cara ini kemungkinan besar akan sangat berguna bagi Anda baik untuk mendesain undangan maupun untuk keperluan lainnya.

Menggunakan aplikasi Barcode Generator

Cara pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Generator kode batang, yaitu aplikasi yang memungkinkan pengguna membuat barcode untuk berbagai keperluan. Fungsi utama dari barcode adalah untuk menyimpan informasi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghasilkan barcode lokasi menggunakan generator barcode.

1. Instal generator kode batang

cara membuat barcode lokasi

Pertama-tama, Anda harus terlebih dahulu mengunduh dan menginstal aplikasi Barcode Generator dari Google Play store. [DISINI]. Atau Anda juga dapat mengunduh aplikasi ini dari App Store atau mencari di Google.

Baca juga:   8 Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Menerima Gambar

Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi ini hanya berukuran sekitar 2MB. Tidak perlu khawatir ponsel Anda tertinggal setelah menginstal aplikasi ini.

Lihat juga: Cara mengetahui nomor ponsel.

2. Buka Google Maps

cara membuat barcode lokasi 2

Setelah Anda menginstal aplikasi Barcode Generator, buka aplikasi Google Maps di ponsel Anda. Biasanya aplikasi ini sudah langsung ada di setiap handphone, karena merupakan salah satu aplikasi bawaan android, silahkan cek di folder google.

3. Temukan tempat yang tepat

cara membuat barcode lokasi 3

Kemudian silahkan cari tempat dimana anda ingin membuat barcode tersebut. Anda dapat memasukkan nama jalan tempat ini secara manual. Atau, jika lokasinya jelas (seperti nama properti), masukkan saja lokasinya.

Misalnya, saya akan mencari “Teknoinside”. Setelah itu akan muncul hasil pencarian, klik lokasinya dan akan muncul jendela baru. Akan ada tombol Membagikan (bagikan), tekan tombol.

Lihat juga: Cara menandai tempat di peta Google.

4. Bagikan dengan pembuat kode batang

cara membuat barcode lokasi 5

Langkah selanjutnya adalah mentransfer lokasi yang telah dipilih sebelumnya ke aplikasi Barcode Generator. Jadi, saya katakan sebelumnya bahwa ada tombol bagikan di kotak lokasi yang Anda pilih.

Akan ada beberapa pilihan berbagi seperti media sosial seperti Facebook, Instagram, WA dan juga ada aplikasi Barcode Generator. Jadi silahkan pilih Generator kode batang.

5. Barcode lokasi otomatis dihasilkan

cara membuat barcode lokasi 6

Setelah Anda berbagi lokasi dengan pembuat kode batang, aplikasi pembuat kode batang akan secara otomatis menampilkan alamat serta kode batang dari alamat tersebut. Untuk menyimpan barcode, Anda dapat mengambil screenshot dan akan disimpan di galeri ponsel Anda.

Sangat mudah bukan?

Anda sekarang dapat menggunakan tangkapan layar kode batang nanti untuk mengedit atau keperluan lainnya. misalnya, tangkapan layar dimasukkan ke dalam file undangan yang dihasilkan. Selain tangkapan layar, Anda juga dapat membagikan hasil kode batang dengan tombol Membagikan.

Anda dapat dengan mudah membagikannya di whatsapp, instagram, dan jejaring sosial lainnya.

Baca juga:   10 Cara Ampuh Memaksimalkan Potensi Diri Sendiri

Jika Anda tidak mengerti, Anda dapat menonton pelajaran dalam bentuk video:

https://www.youtube.com/watch?v=XajP4Q8aAbc

Penggunaan peramban

Selain menggunakan aplikasi Barcode Generator, Anda juga dapat menghasilkan barcode lokasi tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Jadi anda tidak perlu mendownload aplikasinya lagi, anda hanya perlu menggunakan browser di laptop/PC atau handphone anda.

Anda juga tidak memerlukan aplikasi Google Maps untuk membuat kode batang. Karena sebenarnya ada versi web dari aplikasi Google Maps. Jadi jika Anda tidak memiliki Google Maps di ponsel Anda, Anda dapat menggunakan metode ini.

Berikut langkah-langkah menggunakan browser untuk menghasilkan barcode lokasi di Google Maps (web):

1. Kunjungi situs web Google Maps

Langkah pertama kalian harus mengunjungi situs/website Google Maps, kalian bisa mengunjungi situsnya [DISINI]. Atau Anda bisa mengetik “Maps” ke Google dan pilih website atau situs yang ada di atas.

2. Temukan lokasi

Setelah Anda membuka situs Google Maps, langkah selanjutnya adalah mencari tempat yang ingin Anda buatkan barcode. Jadi silahkan cari alamat yang ingin digunakan sebagai barcode misalnya seperti pada langkah-langkah sebelumnya saya mencari alamat “Teknoinside”.

3. Buka kode QR

Setelah alamat ditemukan, klik alamat dan Membagikan > Tautan akan muncul > Silakan salin tautannya. Kemudian tempel tautan ke browser Anda dan tambahkan. .qr untuk alamat tautan.

Setelah itu, Anda akan dapat melihat kode QR dari alamat yang Anda pikirkan sebelumnya. Setelah kode QR muncul, Anda dapat menyimpan kode QR tersebut.

Selain di ponsel Android, cara ini juga bisa Anda gunakan di berbagai perangkat lain seperti komputer/laptop, iPhone, Apple, MAC OS, dll.

Cara Scan Barcode Lokasi di HP

Setelah Anda mempelajari cara membuat barcode lokasi, Anda juga harus tahu cara memindai barcode lokasi di ponsel Anda. Barcode yang kita buat tadi sebenarnya menggantikan link ke Google Maps.

Dengan demikian, saat memindai kode batang, ponsel akan mendeteksi informasi alamat serta tautan yang tersimpan di kode batang. Setelah itu, ketika Anda mengklik tautan tersebut, Google Maps akan terbuka dan menunjukkan tempat yang telah penulis tetapkan sebelumnya.

Baca juga:   5 Cara Install & Menggunakan Panda Helper di HP Android

Untuk mengatasi masalah pemindaian, hampir semua jenis ponsel sekarang memiliki fungsi pemindaian, dan aplikasi juga harus melakukan proses pemindaian kode QR. Tetapi jika tidak ada aplikasi, Anda dapat mengunduhnya terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah untuk memindai kode QR:

1. Instal aplikasi pembuat kode batang

Pertama, Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Barcode Generator. Loh, apakah aplikasi ini digunakan untuk membuat barcode? Selain digunakan untuk membuat barcode, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memindai barcode.

Jadi Anda tidak perlu menginstal aplikasi lain yang sejenis, hanya dengan aplikasi ini Anda dapat membuat dan memindai kode batang. Silakan unduh dan instal aplikasi ini dari Google Playstore atau App Store.

2. Berikan Izin Aplikasi

Setelah instalasi berhasil, buka dan jika muncul pemberitahuan meminta izin kamera, klik izin. Izin harus diberikan agar aplikasi dapat mengakses kamera ponsel dan dapat memindai kode batang yang diperlukan.

3. Arahkan pemindai ke kode batang

Setelah kamera berhasil dibuka dengan aplikasi Barcode Generator, arahkan kamera pemindai ke barcode yang sudah ada atau dibuat sebelumnya. Setelah itu, tautan akan muncul secara otomatis.

Nah, link ini digunakan untuk mengakses suatu lokasi atau alamat yang tersimpan dalam barcode yang menunjukkan lokasi di Google Maps yang telah disimpan.

Kesimpulan

Masih banyak orang yang tidak tahu cara membuat barcode lokasi, padahal barcode lokasi ini bisa sangat berguna jika digunakan dengan benar, seperti yang saya katakan di awal.

Jadi, panduan ini adalah tentang cara membuat barcode lokasi Google Maps di laptop dan ponsel android. Cara ini bisa kamu gunakan untuk semua jenis handphone Android, iOS dan Apple, kamu juga bisa menggunakannya di laptop atau komputer kamu.

Jika masih bingung dengan tutorial yang saya berikan di atas, silahkan komentar di bawah, terima kasih.


https://storyforgeproductions.com