Google adalah perusahaan yang sangat besar. Google tidak hanya memiliki mesin pencari, tetapi juga banyak layanan lainnya, salah satunya adalah Google Docs.

Dengan Google Docs akan memudahkan kita dalam membuat file dokumen di web, namun tidak hanya itu, kita juga dapat berbagi file dokumen yang telah kita buat dengan orang lain.

Caranya sebenarnya sangat sederhana, syarat utamanya adalah jika ingin membuat dan berbagi file dokumen menggunakan Google Docs, Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Jika Anda tidak memiliki akun Google, Anda dapat mendaftar untuk satu.

Lihat juga: Memahami Google Documents.

Jika Anda telah menyelesaikan atau sudah memiliki akun Google, Anda pergi ke halaman Google Documents untuk mulai membuat dokumen baru. Google Docs menyediakan tiga fitur yang dapat Anda gunakan untuk membuat dokumen, yaitu:

  • Dokumen (misalnya, Microsoft Word).
  • Spreadsheet (misalnya, Microsoft Excel).
  • Slide (misalnya, Microsoft Power Point).

Cara membuat Google Documents di PC

Nah, kali ini Teknoinside akan memberikan contoh cara membuat file dokumen di Google Docs. Kami tidak hanya benar-benar melakukan ini, kami juga dapat mempelajari cara memodifikasi file di Google Documents. Lihat panduan berikut tentang cara menggunakan Google Documents.

1. Buka Google Dokumen

Pertama, buka halaman Google Documents, jika Anda masuk klik Dokumen.

Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen di Google Documents

2. Buat dokumen baru

Untuk membuat dokumen baru, klik Buat dokumen baru atau ikon +.

Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen di Google Documents

3. Menulis makalah

Kemudian tulis dokumen tersebut seolah-olah Anda sedang mengetik dokumen di Microsoft Word.

Google Docs juga menyediakan banyak alat editing yang dapat mempercantik jenis dokumen Anda, seperti Font Color (warna huruf), Image Insertion (penambahan gambar), Font Size (ukuran huruf) dan lain sebagainya.

Baca juga:   4 Cara Cek Kuota Axis lewat SMS, Dial dan Aplikasi (Terbaru 2022)

4. Simpan otomatis

Setelah Anda selesai membuat dokumen, Anda tidak perlu menyimpannya karena Google Documents akan menyimpan dokumen Anda secara otomatis. Namun, jika Anda khawatir dokumen tidak disimpan, Anda dapat mengklik tombol Simpan.

Lihat juga: Cara membuat Formulir Google.

Cara Membuat Google Documents di Android

Cara yang telah dijelaskan sebelumnya di atas adalah membuat Google Docs menggunakan PC atau laptop. Bagi Anda yang ingin membuat Google Docs tetapi tidak memiliki PC atau laptop, Anda dapat menggunakan smartphone Android Anda.

Nah berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat Google Docs di Android:

1. Instal dan buka Google Documents

cara membuat google docs di android

Pertama, instal Google Docs atau aplikasi Google Documents terlebih dahulu melalui Play Store atau App Store. Jika malas bisa langsung klik link download berikut. Jika Anda telah mengunduh dan menginstalnya, buka aplikasinya.

2. Buat dokumen baru

cara membuat google docs di android 2

Kemudian buat dokumen baru di Google Documents dengan mengeklik + ikon yang ada di kanan bawah. Tolong pilih dokumen baru untuk membuat dokumen baru.

3. Menulis makalah

cara membuat google docs di android 3

Silakan tulis apa yang ingin Anda tulis di dokumen. Ada juga berbagai menu yang bisa Anda gunakan, seperti menu-menu yang ada di Microsoft Word, meskipun tidak terlalu lengkap, namun tetap bisa membantu pekerjaan Anda.

4. Ganti nama dokumen

cara membuat google docs di android 4

Jika Anda mengisi dokumen atau menulis dalam dokumen, beri nama dokumen apa pun yang Anda inginkan atau judul yang Anda inginkan. Jika Anda mengklik BAGUS menyimpan.

cara membuat google docs di android 5

Selesai, dokumen yang Anda buat sekarang disimpan di aplikasi Google Document. Anda dapat membagikan dokumen atau mengunduhnya ke ponsel cerdas Anda.

Cara berbagi file dokumen di Google Documents

Setelah Anda selesai membuat dokumen, Anda dapat membagikan tautan ke dokumen yang telah Anda buat di berbagai jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, dll.

Baca juga:   5+ Cara Cek Kecepatan Internet di HP & PC Laptop

Selain itu, Anda juga dapat membagikan dan mempublikasikan di situs web Anda. Untuk berbagi file dokumen, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik Publikasikan ke Web.

Pertama pastikan Anda masih berada di halaman Google Docs lalu klik menu Mengajukan dan submenu Menerbitkan on line. . .

Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen di Google Documents

2. Salin tautan (metode pertama)

Pada halaman Publikasikan ke Halaman Web, ada dua opsi untuk penerbitan, yang pertama adalah Tautan ini berarti Anda perlu menyalin tautan dan kemudian menempelkannya di web, setelah itu tautan akan mengarah ke halaman dokumen yang Anda buat di Google Documents.

Cara membuat dan berbagi file dokumen di Google Documents Cara membuat dan berbagi file dokumen di Google Documents

3. Masukkan tautan (metode kedua)

Opsi kedua Menanamkanyang berarti Anda perlu menyalin kode dari kotak dan kemudian menempelkannya ke situs web Anda untuk menampilkan dokumen yang Anda buat di Google Documents.

Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen di Google Documents

4. Contoh dokumen

Di bawah ini adalah contoh dokumen yang dibuat Teknoinside di Google Docs dan diterbitkan dengan cara kedua, yaitu Menanamkan.

Cara Membuat dan Berbagi File Dokumen di Google Documents

Kesimpulan

Untuk membuat dokumen sekarang kita tidak perlu memiliki Ms Word. Kita dapat membuat dokumen Ms Word menggunakan Google Docs yang disediakan oleh Google. Kami juga dapat membagikan dokumen yang telah kami buat.

Lihat juga: Cara membuat Google Cendekia.

Demikian artikel dari teknoinside tentang cara membuat dokumen di Google Docs. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Jika ada hal-hal yang kurang jelas pada setiap langkah dan ingin ditanyakan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah.


https://storyforgeproductions.com