Aplikasi Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang cukup populer saat ini. Banyak orang menggunakan Microsoft Word karena Microsoft Word memiliki banyak keunggulan dibandingkan aplikasi pengolah kata lainnya.

Salah satu keunggulan Microsoft Word adalah tampilannya yang user friendly dan juga mudah digunakan. Selain itu, ada satu fakta menarik dari Microsoft Word, yaitu kita bisa dengan mudah membuat kode QR di Microsoft Word.

Kode QR adalah kode batang, atau bisa juga disebut matriks dan kode dua dimensi, awalnya dikembangkan oleh Denso Wave, yang dapat digunakan untuk menyimpan dan menyimpan data. Awal mula kode QR dikembangkan pada tahun 1994.

Ini adalah sedikit cerita tentang awal dari QR Code. Padahal tujuan dari pembuatan kode QR adalah agar dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dan mendapatkan respon yang sama dengan cepat.

Lihat juga: Cara membuat pagination di Word.

Keuntungan lain dari kode QR adalah dapat menyimpan informasi secara vertikal dan horizontal sedangkan kode batang hanya dapat menyimpan informasi secara horizontal.

Nah khusus pada artikel kali ini saya akan menjelaskan betapa mudahnya membuat kode QR di Microsoft Word. Yang dapat digunakan dengan add-on langsung di aplikasi. Untuk memahami hal tersebut secara lebih mendalam, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Cara membuat kode QR di MS Word

Untuk dapat membuat kode QR di Microsoft Word, kita hanya perlu menambahkan add-on pada aplikasi Microsoft Word yang bernama QR4Office yang bisa didapatkan secara gratis. Lihat langkah selanjutnya.

1. Unduh add-in QR4Office.

cara membuat qr code dengan mudah di microsoft word 1

Langkah pertama adalah menyiapkan add-in QR4Office terlebih dahulu. Jika Anda belum memilikinya, unduh terlebih dahulu. Lalu klik Dapatkan Sekarang. Untuk mengunjungi situs tersebut, klik tautan berikut:

Baca juga:   10 Aplikasi Antivirus Laptop PC Ampuh (Terbaik 2022)

Kemudian pilih dan klik Continue seperti gambar dibawah ini.

cara membuat qr code dengan mudah di microsoft word 2

2. Pilih Buka di Word.

Setelah itu, klik “Buka di Word” seperti gambar di bawah ini.

cara membuat qr code dengan mudah di microsoft word 3

3. Cara Lain untuk Mengunduh QR4Office

Selain menggunakan link, kita juga dapat menginstal QR4Office menggunakan Microsoft Store. Caranya cukup sederhana, yaitu sebagai berikut.

Pilih dan klik “Sisipkan”, lalu pilih Dapatkan add-on seperti gambar di bawah ini

cara membuat qr code dengan mudah di microsoft word 4

Ketik QR4Office di kotak pencarian di Add-in Office, jika muncul QR4Office, klik Menambahkan tambahkan seperti gambar di bawah ini

cara membuat qr code dengan mudah di microsoft word 5

4. Klik tab “Sisipkan”.

Kemudian setelah QR4Office berhasil ditambahkan, lanjutkan dan klik Insert, pilih My Add-Ins, dan pilih QR4Office seperti gambar di bawah ini.

cara membuat qr code dengan mudah di microsoft word 6

5. Masukkan URL

Langkah selanjutnya di QR4Office yang kita pilih bisa https://, bisa juga http:// atau bisa juga dengan opsi lain, lalu masukkan URL yang ingin dimasukkan di QR code, lalu klik Memasukkan lihat gambar di bawah

cara membuat qr code dengan mudah di microsoft word 7

6. Simpan kode QR

Jika kita sudah selesai membuat kode QR, kita bisa menyimpannya dengan cara klik kanan pada kode QR tersebut lalu klik Simpan sebagai gambar…

cara membuat qr code dengan mudah di microsoft word 8

Selanjutnya, pilih di direktori mana kode QR yang kita buat tadi akan disimpan, jika ya, beri nama filenya lalu tekan Menyimpan

cara membuat qr code dengan mudah di microsoft word 9

7. Hasil Kata Kode QR

Maka hasilnya akan seperti ini:

cara membuat qr code dengan mudah di microsoft word 10

Kami juga dapat mengedit kode QR, warna untuk mengatur warna, jika latar belakang untuk mengatur warna latar belakang.

Lihat juga: Cara membuat bingkai di Word.

cara membuat qr code dengan mudah di microsoft word 11

Untuk mengatur ukuran, Anda dapat menggunakan Ukuran, Koreksi Kesalahan untuk mengatur kesalahan, dan terakhir hasilnya dapat dilihat di Pratinjau.

Kesimpulan

Kita sering menjumpai kode QR saat berbelanja di Alfamart, namun banyak orang yang belum mengetahui cara membuat kode QR ini. Walaupun hanya dengan Ms Word kita sudah bisa melakukan ini.

Baca juga:   6+ Cara Cek Nomor XL Sendiri lewat Dial, SMS, Apk (Terbaru 2022)

Demikian artikel tentang cara mudah membuat kode QR di Microsoft Word semoga dapat membantu kita memahami, terutama saat membuat kode QR di Microsoft Word. Jika ada sesuatu dalam tutorial yang Anda tidak mengerti, jangan ragu untuk bertanya.


https://storyforgeproductions.com