Bagi Anda yang baru ingin membuat website atau berencana membuat website baru, Anda perlu mengetahui tentang hosting. Hosting website sangat penting, hosting ini bisa disamakan dengan tempat/rumah website Anda di internet.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak memilih hosting sembarangan. Karena jika sembarangan dalam memilih hosting akan berdampak buruk bagi situs tersebut. Ada banyak jenis hosting, harga juga bervariasi tergantung fitur dan kualitasnya.

Namun, saya mengerti bahwa Anda harus mencari hosting yang bagus dengan harga murah. Tidak semua host menyediakan hosting berkualitas dengan harga murah, tetapi bukan berarti tidak ada.

Lihat juga: Pengertian hosting.

Bagaimana memilih hosting terbaik

Ada juga beberapa perusahaan hosting yang menyediakan layanan hosting berkualitas dengan harga yang cukup murah.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan saran bagaimana cara memilih hosting terbaik sesuai dengan kebutuhan anda, berikut tipsnya.

1. Tentukan dana

10 tips memilih hosting yang berkualitas 1

Hosting memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari spesifikasi dan fitur yang ada di dalamnya. Jadi, Anda harus siap dan mengetahui dana yang Anda miliki untuk menyewa hosting nantinya.

Jika Anda ingin membuat website, namun dana Anda masih terbatas, Anda bisa memilih hosting murah dengan harga yang terjangkau, atau Anda bisa menggunakan hosting gratis.

Berbagai website host juga biasanya memiliki diskon yang bisa Anda manfaatkan. Jadi, ketika ada diskon dan promosi besar-besaran, Anda bisa mencoba membeli hosting dengan harapan bisa berhemat.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

10 tips memilih hosting yang berkualitas 2

Ketika Anda membeli hosting, Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Anda harus menentukan tujuan Anda dalam membangun sebuah website sebelum membeli hosting.

Sampai saat ini ada 4 jenis hosting yang bisa dibeli yaitu shared hosting, VPS, dedicated hosting dan cloud hosting. Jika Anda baru mulai membuat website, pilih saja yang paling murah yaitu Shared Hosting.

Baca juga:   6 Cara Membuat Tulisan Berkolom di Word dengan Mudah

Shared web hosting murah bisa menjadi langkah awal Anda dalam membangun website karena Anda belum memiliki dana yang besar.

Seiring waktu, saat situs Anda mendapatkan lebih banyak lalu lintas, Anda dapat membeli hosting dengan spesifikasi lebih tinggi. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengupgrade hosting Anda nanti.

3. Pilih server yang berkualitas baik

10 tips memilih hosting yang berkualitas 3

Server yang dihosting sangat penting, karena jika Anda ingin pengunjung mengakses situs Anda tanpa masalah, maka server yang Anda pilih harus memiliki koneksi jaringan yang kuat dan stabil.

Inilah sebabnya mengapa server hosting penting untuk situs web Anda. Selain koneksi jaringan, Anda harus menentukan lokasi server.

Jika target pengunjung lokal, gunakan hosting di Indonesia, jika target internasional, gunakan server di luar negeri, seperti Amerika, Singapura, dll.

4. Pilih “Kapasitas” dari “Bandwidth”.

10 tips memilih hosting yang berkualitas 4

Ketika kita akan membeli hosting tentunya kita harus menentukan bandwidth hosting kita. Anda dapat memilih dari dua jenis bandwidth, yaitu terbatas dan tidak terbatas.

Jika Anda benar-benar serius ingin membangun website, saya sarankan memilih situs dengan kapasitas tidak terbatas agar website Anda tetap online meski dengan trafik yang padat.

Namun, jika Anda tidak serius membangun situs web dan hanya bereksperimen, maka saya sarankan memilih opsi bandwidth terbatas.

Namun untuk hosting yang terbatas ini, situs Anda bisa saja down ketika banyak traffic di situs Anda. Oleh karena itu, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan Anda dalam membuat website.

5. Perhatikan jumlah domain

10 tips memilih hosting yang berkualitas 5

Tips hosting selanjutnya adalah perhatikan jumlah atau kapasitas domain. Jadi Anda bisa memilih hosting yang hanya menyediakan 1 domain atau lebih dari 1 domain dalam 1 hosting.

Baca juga:   5+ Cara Mengunci Aplikasi Android Semua Merk: Lengkap

Jika Anda ingin membuat website lain di kemudian hari, disarankan untuk memilih hosting yang dapat menampung beberapa domain website sehingga Anda tidak perlu menambah space atau membeli hosting lagi.

Baca juga: Manfaat Website untuk Bisnis.

6. Hosting luar angkasa

10 tips memilih hosting yang berkualitas 6

Ruang hosting juga sangat penting saat memilih hosting. Jangan sampai Anda asal memilih host yang murah dan ternyata kapasitasnya hanya 1 GB.

Hanya beberapa minggu sejak ruang hosting Anda terisi. Akibatnya, Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk menambah ruang atau meningkatkan hosting.

Bahkan jika Anda baru memulai, lebih baik memilih hosting dengan ruang yang cukup. Karena dengan space hosting yang lebih banyak, Anda lebih leluasa dalam menyisipkan gambar dan tulisan di website.

7. Pilih hosting yang aman

10 tips memilih hosting yang berkualitas 7

Saat memilih hosting, Anda juga harus memperhatikan keamanan hosting yang Anda pilih. Jika hosting yang Anda pilih memiliki sistem keamanan yang buruk/lemah, maka situs Anda bisa diretas/dihack oleh hacker di kemudian hari.

Apakah Anda yakin tidak ingin ini terjadi? Oleh karena itu, pilihlah hosting dengan tingkat keamanan yang tinggi agar situs Anda terlindungi dari serangan hacker yang tidak bertanggung jawab.

8. Pilih host dengan fitur yang tepat

10 tips memilih hosting yang berkualitas 8

Walaupun Anda memilih menggunakan hosting standar atau shared hosting, Anda tetap perlu memastikan bahwa hosting tersebut sudah memiliki fitur dasar seperti Cron untuk aktivitas website Anda sehari-hari.

Cari juga hosting dengan fitur instalasi script otomatis seperti Fantastico, Quick Installer, Simple Script dan sebagainya. Jangan lupakan fitur akses FPT dan akses htaccess untuk mengarahkan ulang halaman.

9. Layanan pelanggan yang baik

10 tips memilih hosting yang berkualitas 9

Tidak semua layanan hosting menyediakan layanan pelanggan yang baik. Misalnya, ketika website Anda mengalami masalah, tentunya Anda membutuhkan bantuan dari perusahaan hosting pilihan Anda.

Baca juga:   8+ Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi + Penyebab

Jika penyedia layanan tidak memiliki layanan 24/7, Anda tentu harus menunggu hingga keluhan Anda tersampaikan.

Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah host yang juga memiliki layanan 24 jam yang baik sehingga jika terjadi masalah pada situs tersebut, maka akan segera teratasi.

10. Jumlah klien

10 tips memilih hosting yang berkualitas

Kualitas hosting tidak bergantung pada klien. Namun, jika Anda ingin mempercayakan situs Anda sepenuhnya ke hosting, Anda harus dapat memperhatikan klien hosting.

Jika layanan hosting tersebut sudah memiliki pelanggan di mana-mana, maka kemungkinan hosting tersebut bagus dan berpengalaman.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, ketika kita akan membuat website, kita harus memilih hosting yang baik untuk website tersebut tergantung dari kebutuhan dan tujuan pembuatan website tersebut. Dengan demikian, Anda dapat mengikuti beberapa tips di atas saat memilih web host yang bagus.

Demikian tips yang bisa Technoinside sampaikan kepada Anda tentang tips memilih web host yang baik dan berkualitas. Semoga apa yang saya sampaikan dapat membantu dan membantu Anda memilih hosting terbaik dan tidak mengecewakan Anda.

Jika Anda memiliki tips hosting lainnya, silakan tambahkan di kolom komentar postingan ini, terima kasih.


https://storyforgeproductions.com