Ada beberapa alasan mengapa sebuah foto dapat merusak sebuah gambar. Salah satunya terkait dengan kamera yang kurang bagus, sehingga ketika di-zoom pada foto, grafiknya akan terlihat patah-patah.

Lalu ada juga alasan kenapa foto atau gambar bisa pecah saat diperbesar, sebenarnya hal itu bisa kita lihat langsung dari ukurannya. Biasanya file foto besar pasti beresolusi tinggi, tergantung kualitas kameranya.

Nah jika sobat sudah mengetahui hal ini maka sobat hanya perlu mengetahui bagaimana cara meningkatkan resolusi foto dan gambar, tujuannya agar tidak blur, tidak pecah dan gambar lebih tajam, agar lebih bagus sob. tingkatkan, itu intinya.

Cara memperbesar resolusi foto agar tidak pecah

Hanya kita yang bisa meningkatkan resolusi foto menjadi lebih jelas menggunakan metode online.

Jadi sobat bisa menggunakan website di bawah ini yang akan saya bagikan nanti. Oke, inilah cara meningkatkan resolusi foto tanpa terlalu banyak kesulitan.

1. Kunjungi situs web

Langkah pertama, buka situsnya terlebih dahulu Waifu2x melalui browser di perangkat Anda, berikut tautannya http://waifu2x.udp.jp/ atau Anda dapat mengikutinya.

2. Unggah gambar

Selanjutnya perhatikan pada bagian “Select Image”, masukkan URL foto atau gambar yang ingin diubah resolusinya.

Jika Anda ingin mengubah resolusi foto di perangkat Anda, Anda dapat memilih Pilih file. Lihatlah gambar di bawah ini.

cara mengubah resolusi foto

3. Tetapkan resolusi

Ubah pengaturan untuk gambar baru atau resolusi foto yang Anda pilih sebelumnya.

Jika Anda ingin meningkatkan resolusi gambar atau foto, di bawah Pengurangan Derau, pilih Tinggi, lalu di bawah Penskalaan, pilih 1,6x atau 2x.

4. Pengaturan lanjutan

Lihat bagian Saya bukan robot.

Jika langkah keempat selesai, klik “Ubah”.

Setelah itu akan terbuka halaman baru secara otomatis dengan hasil gambar atau foto anda yang sudah diolah tadi, tinggal anda upload gambar atau foto tersebut.

Ini website waifu2x yang fungsinya sama gan, penajaman foto. Keren sob, dengan resolusi yang lebih tinggi maka gambar akan lebih jernih sehingga tidak sobek saat di zoom.

Cara meningkatkan resolusi foto di Photoshop

Untuk langkah kedua ini sobat bisa menggunakan adobe photoshop. Kita semua tahu bahwa aplikasi ini cukup andal dalam hal mengedit foto, berikut cara meningkatkan resolusi foto di Photoshop.

1. Buka foto di Photoshop

Masukkan foto ke Photoshop

Pertama, buka aplikasi pengeditan foto Adobe Photoshop di perangkat Anda. Jika Anda belum menginstalnya, instal Photoshop CS6. Ini gratis karena merupakan versi lama dari Adobe Photoshop.

Baca juga:   10 Cara Repost Foto dan Video Instagram di HP Android

Kemudian cari gambar atau foto yang ingin Anda ubah resolusinya. (Untuk membuka gambar atau foto, Anda dapat menggunakan CTRL + O).

2. Buka Ukuran Gambar

Buka ImageSize

Jika gambar atau foto yang resolusinya ingin Anda ubah sudah terbuka, Anda akan melanjutkan Gambar > Ukuran Gambar.

Atau bisa juga langsung menekan tombol CTRL+ALT+I saat gambar atau foto yang akan diedit terbuka.

3. Atur resolusi foto

Lalu pada bagian Resolution, atur resolusi yang diinginkan, isi nilai yang lebih tinggi untuk gambar yang lebih tajam atau lebih continuous, dan isi nilai yang lebih rendah untuk kebalikannya, lalu klik OK. Seperti gambar di bawah ini.

cara mengubah resolusi gambar

4. Simpan foto

menyimpan foto jpg

Dan terakhir, simpan saja foto Anda. Dengan mengklik File > Save As dan tentukan lokasi penyimpanan.

Cara meningkatkan resolusi foto di HP

Panduan ini berlaku untuk semua merek ponsel selama menggunakan sistem operasi Android 5.0 ke atas karena aplikasi ini hanya kompatibel dengan versi ini atau yang lebih baru.

1. Unduh aplikasinya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi, tautannya ada di bawah.

2. Masukkan foto/gambar

Kemudian masukkan foto dengan mengklik langkah-langkah berikut.

  • Klik Ubah Ukuran (px).
  • Pilih Gambar dan cari foto yang ingin diperbesar.
  • Jika sudah klik lanjutkan.
pemilihan gambar foto

3. Tetapkan resolusi

Anda kemudian memasukkan nilai resolusi khusus, semakin besar semakin baik hasilnya (semakin tinggi resolusinya).

Kemudian klik “Lanjutkan” dan pratinjau hasilnya jika Anda suka.

Beberapa foto mungkin memiliki waktu pemrosesan yang berbeda, tergantung pada spesifikasi pemrosesan data ponsel Anda, ukuran foto, resolusi foto.

Cara meningkatkan resolusi foto secara online

Selain menggunakan perangkat lunak pengedit gambar seperti Photoshop dan Paint, kita juga dapat mengubah ukuran gambar secara online. Ada beberapa situs yang menyediakan layanan edit gambar secara gratis.

Misalnya situs Resizeimage.net, di mana Anda dapat mengatur ukuran gambar sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan berikut ini:

1. Buka situs web

Pertama, kita pergi ke situs, di mana kita dapat mengunggah foto yang ingin kita tingkatkan resolusinya.

cara mengubah gambar foto rusak menjadi hd tanpa aplikasi

2. Pilih foto

Kemudian klik opsi Unggah Gambar untuk mengunggah gambar.

cara mengubah gambar foto rusak menjadi hd tanpa aplikasi

3. Identifikasi foto

Temukan gambar atau foto yang diinginkan dan klik di atasnya membuka.

cara mengubah gambar foto rusak menjadi hd tanpa aplikasi

4. Pengaturan format

Gesek ke bawah melalui opsi Ubah ukuran gambar Anda dapat menyesuaikan resolusi tergantung pada kebutuhan pribadi Anda.

cara mengubah gambar foto rusak menjadi hd tanpa aplikasi

5. Simpan foto

Anda juga dapat memilih format gambar keluaran: JPG, PNG, GIF, atau BMP. Setelah selesai, silahkan klik Option Ubah ukuran gambar melaksanakan eksekusi.

cara mengubah gambar foto rusak menjadi hd tanpa aplikasi

Tunggu sampai proses selesai, setelah itu tendang Unduh Gambar untuk mengunduh hasilnya.

Baca juga:   20+ Cara Mengatasi HP Mati Sendiri / Restart: Lengkap

Silakan bandingkan sebelum dan sesudah mengubah ukuran, bagaimana kualitasnya? jelas lebih baik atau bersih tidak retak.

Cara meningkatkan resolusi gambar online

Ada banyak situs web yang kami tawarkan untuk membantu Anda meningkatkan resolusi foto Anda, berikut daftar dan rekomendasinya.

1. Pengoptimal gambar

1. Langkah pertama silahkan buka terlebih dahulu website Image Optimizer melalui browser di device anda, berikut linknya http://imageoptimizer.net/ atau bisa juga di klik.

2. Selanjutnya perhatikan bagian “Optimalkan sekarang”, klik Pilih file untuk memasukkan gambar atau foto yang ingin diubah resolusinya, lalu pilih foto yang ingin diubah.

3. Silahkan sesuaikan pengaturan optimalisasi mulai dari kualitas (Anda dapat memilih kualitas minimum untuk ukuran file hingga kualitas terbaik).

Kemudian tentukan juga Max Width atau Maximum Width dan nilai Max Height atau Maximum Height untuk gambar yang akan Anda ubah resolusinya.

Setelah selesai, klik tombol Optimalkan Sekarang. Seperti gambar di bawah ini.

cara mengecilkan resolusi foto

4. Setelah itu, proses mengubah resolusi akan dimulai, yang pada akhirnya akan muncul halaman dengan tulisan “Gambar Anda sekarang dioptimalkan”.

Klik tombol “Unduh ke Komputer” di halaman ini untuk mengunduh gambar atau foto yang telah diubah ukurannya sebelumnya.

2. Kompres JPEG

1. Langkah pertama silahkan buka website Compress Jpeg melalui browser di device anda terlebih dahulu, ini linknya https://compressjpeg.com/ atau bisa juga di klik.

2. Setelah itu drag file gambar atau foto dari file manager ke bagian “Drag Files Here”, atau klik “Upload Files”, lalu pilih file yang ingin dikompres atau diubah resolusinya. Seperti gambar di bawah ini.

cara memperkecil resolusi gambar

3. Tunggu hingga proses selesai seperti gambar di bawah ini. Setelah selesai, klik Unduh di bagian bawah foto yang Anda kompres jika hanya ada satu file, tetapi Anda dapat mengklik Unduh Semua jika Anda mengompresi banyak file.

3. Memungkinkan I/O yang lebih baik

1. Langkah pertama, silahkan buka terlebih dahulu website Lets Enhance IO melalui browser di perangkat Anda dengan masuk ke https://letsenhance.io atau bisa juga klik.

2. Setelah itu, klik di sini pada bagian “Klik di sini untuk mengunggah gambar”, lalu pilih file yang ingin diubah resolusinya, dan klik “Buka”.

3. Kemudian akan langsung muncul jendela pop-up dengan pengaturan gambar atau foto yang anda upload tadi, sesuaikan. Pada bagian skala, Anda dapat mengubahnya menjadi 2x untuk memperbesar ukuran menjadi 2x, 4x untuk memperbesar ukuran menjadi 4x, dan seterusnya.

Baca juga:   Internet, SMS, Telp, Masa Aktif

Untuk menyimpan formatnya anda bisa memilih sesuka anda mau JPEG atau PNG, jika sudah silahkan klik “Start Processing”. Seperti gambar di bawah ini.

cara meningkatkan resolusi foto

4. Kemudian terakhir klik tombol “Upload” pada foto tersebut.

4. Saya SukaIMG

1. Langkah pertama: buka situs web I Love IMG di bagian “Ubah Ukuran Gambar” melalui browser di perangkat Anda.

2. Setelah itu, klik “Select Image”, lalu pilih file yang ingin diubah resolusinya, lalu klik “Open”.

3. Kemudian akan ada pengaturan untuk merubah gambar atau foto yang tadi anda upload, sesuaikan.

Di bagian “Lebar” atau “Lebar” dan “Tinggi”, Anda dapat menentukan nilai yang lebih besar dari ukuran aslinya untuk meningkatkan resolusi, dan lebih kecil untuk menurunkan resolusi. jika sudah, klik Ubah Ukuran Gambar. Seperti gambar di bawah ini.

cara meningkatkan resolusi foto

4. Kemudian file terbaru akan terdownload secara otomatis, jika tidak terdownload secara otomatis, anda dapat mengklik tombol “Upload resized image” pada halaman yang muncul.

Cara meningkatkan resolusi foto dengan Paint

Untuk pengguna laptop yang telah menginstal cat. Mungkin Anda bisa mencoba cara meningkatkan resolusi foto di laptop, berikut langkah-langkahnya.

1. Langkah pertama: buka foto atau gambar yang ingin diubah ukurannya dengan Paint.

2. Setelah foto atau gambar yang ingin diubah ukurannya dibuka dengan Paint, pilih “Resize”, akan muncul jendela pop-up “Resize and Skew” seperti gambar di bawah ini.

cara mengatur resolusi foto

3. Ubah By to Pixels untuk memudahkan mengatur resolusi foto, lalu masukan jumlah pixel pada bagian horizontal atau vertikal sesuai dengan ukuran baru yang diinginkan, dan terakhir klik OK.

Kesimpulan

Kami telah mencantumkan beberapa metode di atas dengan tingkat keberhasilan, jadi sebaiknya terapkan metode pertama terlebih dahulu.

Menurut kami, ini lebih efisien dan tidak mendistorsi hasil bagi yang ingin memperbesar ukuran foto jpg. Kami juga menulis artikel.

Mungkin tutorial saya kali ini tentang cara meningkatkan resolusi foto di web, di ponsel, dan di Photoshop sudah cukup.

Semoga ini bisa membantu untuk membantu Anda meningkatkan resolusi foto agar lebih jelas dan detailnya tidak pecah, dan terlihat dalam resolusi yang lebih tinggi, jika Anda memiliki pertanyaan tentang artikel ini, silakan berikan komentar Anda.


https://storyforgeproductions.com