Berselancar di Internet memang sesuatu yang cukup menyenangkan. Namun akan mengganggu jika koneksi Wi-Fi lambat. Banyak orang sering menghadapi masalah serupa, dan Anda mungkin salah satunya.

Saya telah mencoba berbagai tip dan trik untuk mempercepat koneksi internet Wi-Fi saya tetapi tidak berhasil. Namun jangan khawatir, dalam hal ini Teknoinside akan memberikan solusi terbaik untuk access point yang lambat.

Perlu diketahui bahwa masalah dengan jaringan Wi-Fi yang lambat dapat terjadi karena berbagai alasan. Oleh karena itu, pertama-tama kita harus melihat apa yang salah agar kita dapat menentukan solusinya.

Baca juga: Cara Mempercepat Download di Android.

cara mempercepat internet wifi

Berikut adalah beberapa panduan ampuh yang dapat Anda coba untuk mempercepat koneksi internet Wi-Fi yang lambat dengan mudah.

1. Tempatkan router Anda di lokasi yang strategis

Sangat penting untuk mencatat lokasi router. Sebagai pemancar Wi-Fi, jika ditempatkan pada posisi yang salah, efektivitasnya juga akan berkurang.

Jika perlu, disarankan untuk menempatkan router di tempat yang strategis. Coba juga posisikan di area yang agak terbuka.

Jangan menyentuh dinding, karena dapat mengakibatkan gangguan sinyal Wi-Fi dan perambatan yang tidak efisien.

2. Sesuaikan posisi antena pada router.

cara mengatasi wifi lemot

Jika Anda menggunakan router dengan antena eksternal, Anda dapat mencoba tips ini. Ternyata arah antena pada router juga mempengaruhi pengoperasiannya.

Coba ubah arah antena hingga Anda mendapatkan koneksi yang lebih baik dari sebelumnya.

3. Coba aplikasi peta panas

cara mengatasi wifi lemot

Perangkat lunak ini akan membantu Anda melihat seberapa efektif jangkauan sinyal Wi-Fi Anda. Dengan cara ini, kita dapat menentukan di mana posisi efektif router agar sinyal dapat merambat secara efisien.

Coba juga tips pengalihan antena di atas untuk hasil yang lebih baik.

4. Beralih ke jaringan tertutup

cara mengatasi wifi lemot

Semakin banyak orang yang menggunakan jaringan Wi-Fi, semakin lambat koneksinya. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin pemburu Wi-Fi gratis mengemudi tanpa izin, Anda harus memberikan kata sandi untuk jaringan hotspot Anda.

Baca juga:   5 Cara Mengunci File Word dengan Password: Lengkap

Dengan demikian, hanya perangkat tertentu yang dapat terhubung dan menggunakan Wi-Fi.

5. Ubah frekuensi menjadi 5 GHz.

cara mengatasi wifi lemot

Saat ini terdapat 2 jenis frekuensi pada Wi-Fi yaitu 2.4GHz dan 5GHz. mana yang lebih baik? Tergantung dari keadaan rumah Anda, jika banyak perangkat elektronik yang menggunakan frekuensi 2.4GHz, hal itu juga akan mempengaruhi koneksi Wi-Fi.

Dalam hal ini, disarankan untuk mengubah pengaturan router dari 2,4 GHz menjadi 5 GHz. Tapi sebelum itu, pastikan perangkat Anda mendukung 5GHz, oke?

6. Pilih saluran yang tidak terlalu ramai

cara mengatasi wifi lemot

Selain pemilihan frekuensi, pengaturan saluran pada router juga penting. Biasanya akan ada banyak orang di 2,4 GHz menggunakan saluran 1, 6 dan 11.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih saluran lain. Tetapi akan lebih baik lagi jika Anda beralih ke 5 GHz.

7. Tambahkan pengulang

cara mengatasi wifi lemot

Salah satu penyebab lambatnya koneksi Wi-Fi adalah penyebaran sinyal yang lemah. Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan repeater.

Perangkat ini akan berguna untuk memperkuat dan memperluas jangkauan sinyal Wi-Fi yang ada. Sehingga kita bisa mendapatkan koneksi yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga : Cara Mengatasi Wi-Fi Lemot.

8. Ganti router dengan yang baru

cara mengatasi wifi lemot

Mari kembali ke fakta bahwa router adalah faktor yang sangat penting dalam kasus ini. Jika perangkat yang Anda gunakan sudah jadul, disarankan untuk segera menggantinya.

Selain kinerjanya yang kurang efisien, router jenis baru ini jelas memiliki teknologi yang lebih baik. Ini akan bagus jika Anda ingin memiliki Wi-Fi berkecepatan tinggi.

9. Minta bantuan ISP Anda

cara mengatasi wifi lemot

Jika semua tips di atas tidak membantu Anda mengatasi Wi-Fi yang lambat, saatnya mencari bantuan. Anda dapat menghubungi ISP Anda untuk mengirim ahli untuk mempercepat koneksi Wi-Fi Anda.

Baca juga:   5+ Cara Menambahkan Lagu ke Video di HP Android

Mereka tentu lebih kompeten dan bisa mengetahui apa sebenarnya yang menyebabkan masalah. Selain itu, tips ini cocok untuk Anda yang tidak mau repot.

Sebelum melaporkan atau mencari bantuan dari ISP seperti Indihome. Jadi anda perlu mengetahui nomor internet terlebih dahulu jika belum bisa membaca cara mudah cek nomor indihome.

10. Jauhkan dari barang elektronik lainnya

Perangkat apa pun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik dapat memperlambat kinerja Wi-Fi, jadi jauhi perangkat elektronik seperti TV, telepon nirkabel, oven microwave, dan perangkat lain yang menghasilkan sinyal elektromagnetik.

11. Jangan letakkan di lantai

Lantainya terbuat dari semen, beton, dan bahan logam yang tidak bisa ditembus oleh sinyal Wi-Fi. tidak hanya lebih baik meletakkan router di atas bukit daripada di dataran rendah.

Contoh tempat yang baik adalah meja atau lemari. Mengapa posisi tinggi lebih menguntungkan? karena sistem kerja router adalah mengirimkan sinyal dari atas ke bawah.

12. Lakukan tes kecepatan

Jika Anda belum tahu cara cek kecepatan internet, Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya. Anda kemudian mencoba menyambung ke Wi-Fi dan kemudian melakukan hal yang sama melalui sambungan kabel. Jika keduanya buruk, maka masalahnya ada pada ISP Anda.

13. Periksa kekuatan sinyal

Untuk mengecek sinyal kita bisa dengan mudah mencoba menggunakan aplikasi, sekarang sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek sinyal.

Kamu bisa menggunakan Pemeriksaan Awan atau diperkuat Dengan aplikasi ini anda dapat mengetahui dimana sinyal kuat dan dimana sinyal lemah.

14. Menggunakan cmd

Anda dapat mempercepat koneksi WIFI Anda di rumah menggunakan CMD, untuk cara berikut cek kecepatan internet Anda menggunakan cmd.

  1. Buka aplikasi Notepad, tekan tombol WINDOWS + R pada keyboard anda, lalu ketikkan kata notepad. Atau bisa klik start lalu ketik notepad dan program akan muncul, langsung klik notepad.
  2. Setelah itu ketik “ping google.com -t” tanpa tanda kutip gan.
  3. Selanjutnya tinggal klik “Save as with type” All Files “, lalu masukan nama “ping.bat”, selanjutnya tentukan lokasi dimana file disimpan dan klik “Save”.
  4. Jika Anda membuka file ping.bat, itu akan mulai meningkatkan kecepatan koneksi Wi-Fi Anda.
Baca juga:   10 Cara Download Foto Instagram di HP & Laptop: Terbaru 2022

15. Pengaturan DNS

Coba atur DNS di laptop atau PC Anda. Menggunakan pengaturan berikut dapat membuat koneksi WIFI lebih stabil:

  1. Klik tombol Mulai, lalu buka Panel Kontrol.
    Setelah itu, klik “Network and Internet Connection”, lalu pilih “Network Connection”.
  2. Jika sudah klik kanan pada “Local Area Connection” dan pilih properties.
  3. Kemudian pilih internet protocol (TCP/IP), langsung klik properties.
    Kemudian klik “Gunakan server DNS berikut”.
  4. Anda dapat mengisi dns server dengan nomor 208.67.222.222 atau alternatif dns 208.62.220.220.
  5. Kemudian klik “OK” dan Anda dapat memeriksa apakah internet Wi-Fi cepat atau tidak.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, jika Wi-Fi di rumah Anda lambat, Anda tidak perlu khawatir. Beberapa cara di atas bisa kamu gunakan untuk mengatasi koneksi internet Wi-Fi kamu yang lemot.

Demikian pembahasan mengenai cara mempercepat koneksi jaringan Wi-Fi yang lambat. Semoga tips dan trik di atas dapat membantu Anda mengatasi hotspot internet yang lambat di rumah Anda.

Jika ada yang punya pengalaman atau saran lain silahkan share di kolom komentar. Untuk pertanyaan seputar artikel di atas bisa juga tulis di bawah.


https://storyforgeproductions.com