Tutorial cara menambah ram hp android? Mungkin smartphone Anda sering terpaksa ditutup atau aplikasi tidak merespons. Hal-hal ini biasanya disebabkan oleh RAM penuh karena proses yang berbeda berjalan pada waktu yang sama. Jadi dengan semua jumlah RAM yang dimiliki perangkat, Anda tidak dapat mengatasinya.

Dan yang pasti solusinya langsung terlintas di pikiran, bagaimana cara menambah RAM Android agar tidak lemot dan tidak freeze. Bisakah kita benar-benar meningkatkan RAM ponsel? Jawabannya adalah ya, tetapi tidak secara harfiah. Apa artinya?

Baca juga: Cara Menambah RAM Laptop.

Cara Meningkatkan RAM Android

Buat kamu yang bosan menutup paksa smartphone atau suka freeze/kosong. Teknoinside akan memberi Anda beberapa tips yang dapat ditindaklanjuti untuk mengatasi semua masalah ini. Penasaran? Silahkan cek tutorialnya berikut ini.

1. Gunakan Pengelola RAM

Bagaimana cara menambahkan RAM ke ponsel Android

RAM Manager adalah file APK yang memudahkan kita untuk mengatur penggunaan RAM kita. Sehingga tidak tersumbat dengan proses yang tidak perlu dan hanya mengisi memori. Ini akan mengosongkan beberapa ruang dan membuat smartphone melambat dan melambat lebih cepat.

  1. Langkah pertama Anda adalah cukup mengunduh dan menginstal aplikasi Manajer RAM.
  2. Kemudian buka aplikasi RAM manager dan pilih menu RAM.
  3. Anda dapat mengatur pengaturan pengelola RAM sesuai kebutuhan.
  4. Aplikasi ini secara otomatis akan membantu mengoptimalkan jumlah RAM.

2. Menambahkan RAM HP dengan memori lain

Bagaimana cara menambahkan RAM ke ponsel Android

Dalam tip ini, kita akan menggunakan memori internal smartphone / kartu SD sebagai memori swap. Jadi jika ada proses yang tidak bisa ditangani oleh RAM, sebagian akan dipindahkan ke memori virtual di memori internal/eksternal.

  1. Langkah pertama Anda harus menginstal aplikasi penukar.
  2. Aplikasi swap aplikasi root berguna untuk menambahkan memori virtual yang dapat meringankan ram android saat menggunakan ponsel android. Selain itu, aplikasi ini tidak memerlukan partisi pada kartu SD dan hanya menggunakan ruang memori eksternal untuk menyimpan file swap.
  3. Kemudian pastikan smartphone Android Anda sudah di root. Bagi yang belum tahu caranya, baca Cara Root Ponsel Android Tanpa PC.
  4. Kemudian buka swapper untuk aplikasi root, lalu tandai swap aktif saat boot.
  5. kamu tinggal pilih Partisi FAT kartu SD pada partisi file swap.
  6. Setelah itu, Anda cukup memasukkan nilai menggunakan ruang swap pada RAM yang Anda butuhkan. Sedangkan untuk besar kecilnya besaran swap RAM sebaiknya disesuaikan dengan besarnya ruang kosong (sisa memori) dari memori eksternal.
  7. Klik berikutnya menyimpantunggu beberapa detik hingga file swap berhasil dibuat.
  8. Reboot smartphone atau tablet Android Anda dan ponsel Android Anda akan lebih nyaman digunakan.
Baca juga:   12+ Aplikasi Download Film di HP Android: Terbaik 2022

3. Tingkatkan kinerja memori dengan SD-Booster

Bagaimana cara menambahkan RAM ke ponsel Android

Cara ini cukup mudah bagi Anda, tips ini berguna untuk meningkatkan kecepatan SD card untuk mempercepat proses membaca dan menulis data. Sehingga kinerjanya bisa lebih optimal dan terhindar dari kelambatan.

  1. Pertama, Anda harus mendapatkan hak root.
  2. Kemudian Anda mengunduh dan menginstal aplikasi penguat SD.
  3. Selanjutnya kamu buka aplikasinya, setelah itu kamu isi cache size dari 1 sampai 8192. Saya sarankan untuk mengisi angka 1024 atau 2048.
  4. Kemudian klik tanda centang hijau. Sekarang coba mulai ulang perangkat Anda dan biarkan aplikasi melakukan tugasnya. Lihat apakah sudah ada perbedaan kinerja smartphone.

4. Menambahkan RAM dengan Script RAM

Bagaimana cara menambahkan RAM ke ponsel Android

Pengertian Juwe RAM Script adalah script yang dapat mengoptimalkan kinerja, meningkatkan kinerja android dan memperbaiki lag atau tidak ada respon pada ponsel android.

Kebanyakan juwe ram digunakan secara manual, namun cara ini kurang efisien dan sekarang anda bisa menggunakan aplikasi yang jauh lebih hemat dan aman. Maka aplikasi ini bisa menyeimbangkan RAM, multitasking, mengatasi lag dan loading lambat di Android.

  1. Pertama, pastikan Anda telah menginstal CWM Recovery di ponsel Android Anda.
  2. Kemudian unduh dan simpan ke kartu SD Anda. Skenario Juwe RAM.
  3. Kemudian buka CWM Recovery, pilih “Install zip from SD card” lalu masuk ke script juwe ram.
  4. Klik “Instal”, tunggu hingga proses instalasi selesai 100%.
  5. Setelah itu, restart ponsel Android Anda dan skrip akan segera berjalan.

5. Hapus aplikasi yang tidak diinginkan

Bagaimana cara menambahkan RAM ke ponsel Android

Salah satu alasan paling umum mengapa ponsel Android lambat adalah memiliki terlalu banyak aplikasi. Begitu banyak proses yang perlu ditangani oleh smartphone secara bersamaan. Apalagi untuk perangkat dengan jumlah RAM kecil, pasti akan sulit untuk mengatasi semuanya. Kapasitas yang Anda miliki tidak akan mampu menangani semua proses secara bersamaan.

Baca juga:   10 Cara Menggunakan WhatsApp Web di HP & Laptop

Nah, sebagai pengguna, kita juga harus bijak saat memasang aplikasi di perangkat Android. Sangat disarankan untuk menginstal hanya APK yang diperlukan. Hapus aplikasi yang kurang bermanfaat dan jarang digunakan. Ini akan mengurangi beban yang harus ditanggung perangkat Android.

6. Bekukan/nonaktifkan aplikasi

Bagaimana cara menambahkan RAM ke ponsel Android

Mungkin diantara anda ada yang jarang menggunakan aplikasi tersebut. Namun di sisi lain, sayang juga untuk menghapusnya, karena suatu saat Anda akan membutuhkannya. Oleh karena itu, saran yang disarankan adalah membekukan atau menonaktifkan aplikasi. Dengan demikian, itu tidak akan berjalan di latar belakang dan menghabiskan RAM.

Jika nanti Anda membutuhkan aplikasi untuk menggunakannya lagi, kita hanya perlu mengaktifkannya kembali. Dan aplikasi sudah bisa digunakan secara normal, jika sudah habis dan tidak dibutuhkan bisa dibekukan lagi sampai digunakan kembali. Untuk melakukan ini, cukup buka Pengaturan > Aplikasi > Paksa berhenti/matikan.

7. Coba Aplikasi Penguat RAM

Bagaimana cara menambahkan RAM ke ponsel Android

Ada cukup banyak aplikasi penguat RAM di Android sendiri yang bisa Anda coba. Contohnya seperti RAM Manager, Smart Booster Pro, RAM Booster Extreme. Nah, pasti banyak yang tertarik dengan cara kerja aplikasi tersebut?

Untuk beberapa aplikasi, ia akan bertindak sebagai pengelola RAM, artinya ia bertanggung jawab untuk mengelola penggunaan RAM. Jadi jika jumlah RAM penuh, aplikasi akan membersihkan sejumlah proses yang tidak perlu untuk mengosongkan beberapa ruang. Secara berkala, proses pembersihan juga akan dilakukan untuk menjaga kesehatan smartphone.

8. Kurangi Widget, Screensaver, dan Animasi

Bagaimana cara menambahkan RAM ke ponsel Android

Pasti banyak dari Anda yang memasang widget atau screensaver. Fitur-fitur ini benar-benar sangat berguna dan dapat membuat tampilan lebih menarik. Namun, perlu juga ditekankan bahwa penggunaannya harus lebih masuk akal. Jangan memasang widget secara berlebihan, karena hal ini juga akan menambah beban pada smartphone. Gunakan dengan hemat dan sesuai kebutuhan Anda.

Definisi memori virtual

Bagaimana cara menambahkan RAM ke ponsel Android

Secara sederhana, dapat diartikan sebagai memori tambahan, yang tersedia di hampir setiap sistem operasi. Memori virtual ini digunakan untuk “menambah” jumlah memori utama jika proses/data yang ada melebihi ruang yang tersedia. Ini bekerja dengan memindahkan data terbaru ke file swap di penyimpanan.

Baca juga:   4 Cara Menghitung Rata Rata di Excel: Terbaru 2022

Jadi di sisa penyimpanan akan ada ruang kosong untuk pemrosesan data. Dan ketika data yang sebelumnya diganti diperlukan, itu akan diganti dengan data yang terakhir digunakan. Dengan cara ini, memori virtual seperti penyimpanan cadangan untuk menyimpan sementara data sebelum diproses, seperti halnya di RAM.

Jenis memori virtual

Bagaimana cara menambahkan RAM ke ponsel Android

Memori virtual atau VRAM juga memiliki beberapa metode. Jadi, ada beberapa jenis memori virtual yang sering digunakan, antara lain:

  • Tukar file : Metode ini membuat memori virtual menggunakan file yang disimpan di micro SD sebagai media swap.
  • Ubah bagian : Buat memori virtual menggunakan kartu SD / partisi Micro SD. Memori eksternal (mcri sd) dipartisi ulang menjadi dua atau tiga bagian dan pada partisi ketiga lunix swap digunakan sebagai satu sistem.
  • ZRAM : Cara ini cukup efisien karena cara ini membuat virtual memory yang menggunakan RAM internal. Dalam ruang, sebagian dari RAM internal ponsel Android akan dikompresi (diminimalkan) dan digunakan sebagai memori virtual, semakin besar jumlah ZRAM, semakin cepat ruang RAM internal smartphone atau tablet Android Anda akan habis.

Bahwa setiap cara yang digunakan berbeda-beda dan anda bisa memilihnya nanti sesuai dengan keinginan anda.

Anda mungkin mengira bahwa pengaturan atau skrip RAM berguna untuk meningkatkan RAM Android, sebenarnya ini adalah nilai yang salah.

Skrip atau pengaturan RAM sama dengan skrip biasa, tetapi skrip RAM dibuat menggunakan bahasa C, yang dapat mengoptimalkan kinerja RAM Android.

Oleh karena itu, sekali lagi ditegaskan bahwa disini kita tidak sekedar “menambah jumlah RAM”. Lebih khusus lagi, ia menggunakan beberapa kapasitas penyimpanan lain (seperti memori internal atau kartu SD) yang dialokasikan sebagai memori virtual untuk menyimpan data sementara (file paging).

Kesimpulan

Itulah beberapa tips cara menambah RAM di HP Android. Dengan panduan di atas, kita bisa mengatasi smartphone yang lemot, lag, sering tidak responsif atau terpaksa ditutup. Bagi yang memiliki perangkat RAM rendah, coba tips dan trik di atas.


https://storyforgeproductions.com