Era globalisasi saat ini telah mempengaruhi manusia dan membuat setiap orang semakin maju, kemudahan akses dan penggunaan teknologi membuat manusia semakin maju.

Salah satu ciri globalisasi yang paling mencolok adalah hadirnya internet yang semakin memudahkan kita untuk mengakses apapun, bahkan dunia.

Internet sendiri merupakan media yang dapat digunakan untuk belajar, sebagai media hiburan paling imersif yang pernah ada.

Karena sudah pasti kita semua pasti menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial, untuk berkomunikasi dan lain sebagainya.

Dan untuk akses ke mata pelajaran, serta bantuan tugas sekolah.

Anda dapat mengakses Internet menggunakan ponsel, komputer desktop, PC, atau laptop. Dan saat ini bagi saya tidak ada yang pernah memiliki akses ke internet.

Tapi tahukah kamu? terkadang tidak ada akses internet sendiri lho alasannya bisa karena kuota kamu habis, mungkin kamu tidak punya paket, bisa juga jaringan error.

Cara Mengatasi Android Tidak Terhubung ke Internet

Anda tertarik? Kali ini saya akan khusus membahas tentang penyebab tidak bisa terkoneksi internet, namun pada perangkat mobile/android langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

1. Cari sinyal operator

Cara yang pertama ini tergolong cara yang unik dan mudah digunakan, cara ini bisa membuat sinyal yang sangat lemah menjadi lebih kuat karena adanya update jaringan.

Sinyal yang diperbarui menjadi lebih optimal dan lebih cepat untuk akses bolak-balik.

Baca Juga : Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Terhubung ke Internet di Android.

Adapun cara seperti yang sudah dijelaskan di atas sangatlah sederhana, simak cara berikut di bawah ini.

cara mengatasi android yang tidak bisa konek ke internet 1
  • Masuk ke menu pengaturan
  • Setelah itu pilih Mode Pesawat
  • Jika sudah menunggu beberapa menit, matikan lagi mode pesawat.
Baca juga:   8 Cara Mengatasi Mobile Legends Tidak Dapat Dibuka + Penyebab

Catatan, saya mempraktekkan metode ini di Android Lollipop v5.1.1. Jika ponsel Anda menggunakan jaringan seluler yang berbeda, Anda dapat mengaturnya sendiri.

2. Tetapkan tanggal dan waktu

Kedengarannya sangat sepele, tetapi sebenarnya sangat mempengaruhi ponsel Anda.

Kenapa ini? hal ini dikarenakan tanggal digunakan untuk prioritas, memastikan ponsel android anda bisa terkoneksi internet atau tidak.

Jadi, buat pengaturan tanggal dan waktu yang benar. Tidak tahu bagaimana? jangan khawatir, disini saya akan menjelaskan caranya, sampai jumpa.

cara mengatasi android tidak bisa connect internet 2
  • Masuk ke menu pengaturan
  • Jika Anda mengklik pengaturan lanjutan, pilih dan klik tanggal dan waktu.
  • Sesuaikan tanggal yang telah Anda tetapkan.
  • Dilakukan

Harap diperhatikan, atur tanggal secara otomatis agar hasilnya sesuai dengan jaringan operator Anda. Saya melakukan langkah-langkah di atas dengan Android versi v5.1.1. Jika versi Android Anda berbeda, silakan ubah.

3. Hapus cache memori

Cara ini dilakukan agar cache pada ponsel tidak terlalu banyak menumpuk dan koneksi tidak terputus. Aplikasi yang saya rekomendasikan untuk membersihkan cache adalah Clean Master.

Karena aplikasi ini terbukti ampuh menghapus cache di ponsel Android, maka berikut cara yang digunakan:

cara mengatasi android yang tidak bisa terhubung ke internet 3
  • Masuk ke menu pengaturan
  • Kemudian pilih pengaturan lanjutan, lalu pilih manajemen aplikasi.
  • Langkah selanjutnya adalah menemukan nama aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya.
  • Jika Anda mencari, pilih saja Hapus Cache

Sebagai catatan tambahan, saya telah mempraktikkan langkah-langkah di atas pada Android Lollipop v5.1.1. Jika Anda memasang versi Android yang berbeda di ponsel, Anda dapat menyiapkannya sendiri.

4. Tambah/Ubah Titik Akses

APN itu sendiri sebenarnya sudah terpasang/dibuat secara otomatis di ponsel Anda sesuai dengan SIM yang Anda pasang dan gunakan.

Namun mengubah atau menambah APN juga tidak masalah dan bisa dilakukan secara manual, caranya sangat mudah dilakukan. Mau tahu cara-caranya?

Baca juga:   10+ Cara Menandai Lokasi di Google Maps: 100% Akurat

Di bawah ini sudah saya jelaskan cara menambah/mengubah APN, silahkan simak baik-baik.

cara mengatasi android yang tidak bisa konek ke internet 4

Lihat juga: Cara memblokir akses Internet di aplikasi Android.

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Kemudian pilih dual SIM dan seluler, lalu pilih SIM 1.
  • Jika langkah-langkah di atas sudah selesai, pilih nama jalur akses (APN).
  • Kemudian pilih dan klik ikon plus “+” (tambahkan APN)
  • Jika semua langkah di atas telah diikuti, Anda akan dapat melihat APN sesuai dengan provider SIM yang Anda gunakan, pilih salah satu atau Anda juga bisa membuatnya sendiri.
  • Dilakukan

Cara-cara tambahan di atas saya praktekan di Android Lollipop v5.1.1. Jika sistem operasi ponsel Anda memiliki versi yang berbeda, Anda dapat mengaturnya sendiri.

5. Matikan dan hidupkan ponsel Anda

Cara terakhir adalah dengan mematikan ponsel lalu menyalakannya kembali.

Cara ini memang tergolong cara yang paling aneh dari semuanya, namun bisa dibilang cara ini juga ampuh dan mampu mengatasi handphone anda yang tidak bisa terkoneksi dengan internet.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas baterai, kartu SIM, dan memori eksternal ponsel Anda lalu biarkan selama 10 detik.

Setelah 10 detik, pasang kembali, dan biasanya ponsel kembali normal, dan dapat dengan mudah digunakan untuk mengakses Internet, seperti membuka YouTube, Google, Facebook, dll.

Kesimpulan

Mudah bukan tutorial di atas? Jika sudah mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, bisa dipastikan ponsel akan kembali normal seperti semula.

Demikian panduan cara mengatasi android yang tidak bisa terkoneksi internet.

Jika ada hal yang kurang jelas/ada yang ingin ditanyakan, silahkan ditanyakan pada kolom komentar yang tersedia. Selamat mencoba, dan semoga ini bisa bermanfaat.


https://storyforgeproductions.com