Tentu bagi Anda pengguna Android, Anda pernah mengalami aplikasi force close, dan itu terjadi secara tiba-tiba. Kejadian ini tentu akan membuat Anda kesal.

Saat Anda membuka sebuah aplikasi atau game dan tiba-tiba aplikasi tersebut menutup dengan sendirinya, hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa alasan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya pesan error “Unfortunately, the application has stop” atau dalam bahasa Inggrisnya “Unfortunately, the application has stop”, antara lain:

Lihat juga: Cara mengatasi aplikasi tidak terbuka.

Alasan meninggalkan aplikasi sendirian

cara mengatasi aplikasi hp android keluar dengan sendirinya

Karena jika kita tidak tahu penyebabnya, kita tidak tahu solusinya. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa aplikasi Android sayangnya berhenti.

File cache adalah file yang berisi data yang telah Anda akses melalui aplikasi yang membutuhkan jaringan internet. Jika Anda jarang membersihkan file cache.

Maka file cache akan menumpuk yang akan menyebabkan ram android anda menjadi berat dan lambat saat anda membuka aplikasi.

Jadi, dalam situasi seperti itu, sangat mungkin aplikasi akan ditutup secara otomatis.

2. RAM penuh

RAM merupakan salah satu komponen yang berperan sangat penting saat membuka aplikasi tertentu.

Karena saat membuka aplikasi, RAM menjadi komponen utama yang membuat aplikasi tetap terbuka.

Jadi RAM akan cepat terisi jika Anda tidak memiliki cukup ruang RAM.

Dari beberapa kasus yang Teknoinside temui, jika RAM penuh maka otomatis aplikasi akan gagal berjalan dengan lancar bahkan menyebabkan aplikasi tiba-tiba berhenti dengan sendirinya.

Jika Anda merasa RAM penuh, Anda juga dapat memilih untuk tidak menambahkan RAM fisik. Menerapkan cara meningkatkan ram android.

3. Kerusakan data aplikasi

Alasan mengapa aplikasi berikut sayangnya berhenti kemungkinan besar karena data aplikasi rusak karena file obb yang Anda unduh tidak melalui aplikasi secara langsung tetapi melalui situs web.

Ini bisa terjadi jika aplikasi telah memperbarui tambalan sehingga file obb tidak sinkron dengan aplikasi. Hal ini mengakibatkan aplikasi tidak bisa dibuka.

4. OS Android tidak kompatibel

Pesatnya perkembangan teknologi telah membuat sistem operasi (OS) juga semakin canggih dan aman untuk menyimpan data pribadi penggunanya.

Hal ini tentunya membutuhkan pembaruan sistem dari berbagai pihak, salah satunya adalah aplikasi. Bagi Anda pengguna Android lama, mungkin ada beberapa masalah.

Baca juga:   5 Cara Download File di Google Classroom: PDF, Word, PPT

Jadi jika aplikasi yang Anda gunakan adalah aplikasi yang merekomendasikan untuk menggunakan perangkat Android dengan sistem operasi Marshmallow 6.0.

Tetapi Anda menjalankan aplikasi pada perangkat android yang menjalankan sistem operasi Lollipop 5.0. Kemudian nanti aplikasi tidak bisa bekerja dengan normal.

5. Hp Android diserang virus

Tidak bisa dipungkiri bahwa virus sangat mengganggu, baik itu komputer maupun perangkat Android.

Faktor penyebab aplikasi atau game tidak berjalan di ponsel Android adalah kemungkinan terkena virus. Pastikan Anda menghapusnya dengan mengetahui cara menghapus virus di Android.

Ini adalah beberapa alasan yang dapat menyebabkan aplikasi menutup secara tidak terduga. Jika Anda merasa bahwa alasan di atas pernah Anda alami, maka Anda tidak perlu khawatir.

Kali ini Teknoinside akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi, sayangnya aplikasi tersebut telah berhenti di hp android.

Cara Mengatasi Aplikasi Android Force Close

Cara yang kami uraikan berikut ini memang tidak sepenuhnya berhasil, namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara berikut ini jika Anda mengalami masalah yang sudah dijelaskan di atas.

Oke langsung saja simak artikel berikut ini dan coba satu per satu, dimulai dari cara mengatasi aplikasi yang berhenti di hp android.

1. Hapus cache aplikasi

Cara pertama dan termudah yang bisa Anda gunakan adalah dengan membersihkan cache di ponsel Android Anda.

Seperti yang Anda ketahui, cache yang dibiarkan begitu saja dan menumpuk dapat memperlambat ponsel Anda.

Bahkan, itu juga dapat memaksa menutup aplikasi yang Anda buka saat sedang digunakan.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba membersihkan cache di ponsel Anda, Anda dapat melakukannya secara manual atau menggunakan aplikasi pembersihan di Google Play store. Berikut cara menghapus cache secara manual di Android:

cara mengatasi sayangnya aplikasi berhenti di android 1
  • Buka pengaturan ponsel Android.
  • Kemudian klik Manajemen Aplikasi > Akan muncul daftar aplikasi yang ada.
  • Pilih hapus data, lalu pilih hapus cache.

Selain cara di atas, sebenarnya ada langkah lain yang bisa digunakan, seperti menggunakan aplikasi pembuangan sampah.

2. Hapus data

Metode lain yang dapat Anda gunakan ketika Anda mengalami masalah dengan aplikasi yang tiba-tiba menutup dan Anda mendapatkan pesan kesalahan “Maaf, aplikasi telah berhenti

Dengan menghentikan aplikasi secara paksa melalui pengaturan dan menghapus data aplikasi.

Baca juga:   8 Cara Remote HP Android dari Laptop PC: Work 2022

Cara ini biasanya cukup efektif dalam menyelesaikan masalah ini. Tapi Anda harus tahu ini dengan menghapus data. Namun, jika foto dihapus, Anda juga dapat memulihkan foto yang dihapus.

Maka data aplikasi yang ada di ponsel Anda akan hilang dan kembali normal, jadi Anda perlu memikirkan matang-matang jika bisa membackup datanya terlebih dahulu. Berikut cara memaksa menutup aplikasi dan menghapus data:

cara mengatasi sayangnya aplikasi berhenti di android 2
  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Kemudian buka aplikasi, daftar aplikasi yang diinstal akan muncul.
  3. Pilih aplikasi, lalu ketuk “Hapus Data” jika “Hapus Semua Data”.

Data yang dihapus adalah data aplikasi, mungkin semua foto dan video dapat dihapus.

Baca juga: Cara menutup aplikasi yang error di PC.

cara menutup paksa aplikasi

Caranya cukup sederhana untuk bisa memperbaiki aplikasi dan game yang berhenti sendiri dengan menutup paksa aplikasi android, berikut penjelasannya.

  • Buka Pengaturan > Aplikasi/Aplikasi.
  • Kemudian muncul pilihan aplikasi yang rusak.
  • Kemudian klik bagian force stop, dan aplikasi akan menutup sendiri.

4. Pembaruan aplikasi

cara mengatasi sayangnya aplikasi berhenti di android 4

Jika setelah Anda mencoba kedua cara di atas dan masih tidak berhasil, maka Anda dapat mencoba memperbarui aplikasi yang sering crash secara tiba-tiba.

Karena mungkin saja versi aplikasinya sudah ketinggalan zaman dan perlu diperbarui ke versi terbaru.

Anda dapat memperbarui melalui Google Play Store atau dengan mengunduh file aplikasi terbaru dari aplikasi yang sering berhenti tiba-tiba.

Namun, kami menyarankan untuk memperbarui melalui Google Play Store untuk alasan keamanan. Tetapi jika Anda merasa tidak dapat memperbarui, Anda dapat membaca panduan tentang cara mengatasi aplikasi yang tidak dapat diperbarui di ponsel Android Anda.

5. Instal ulang aplikasi

Masih tidak bekerja? Anda kemudian dapat mencoba mencopot pemasangan aplikasi dan kemudian menggantinya dengan aplikasi baru yang dapat Anda unduh dari Google Play store.

Cara ini bisa menjadi alternatif bagi Anda jika tiba-tiba masalah pada aplikasi tidak jalan, karena mungkin masalahnya ada pada aplikasi di ponsel Anda dan perlu diganti.

Cara ini paling berhasil untuk mengatasi aplikasi yang memiliki bug dan sering crash tiba-tiba karena Anda telah mengganti aplikasi dengan yang baru.

Cara uninstall aplikasi ini sangat sederhana, berikut petunjuknya:

  • Buka menu Pengaturan >> Aplikasi yang diinstal >> Mencari “Nama Aplikasi” >> Hapus.
Baca juga:   8 Cara Mengirim Email Gmail di HP dan Laptop PC

6. Mulai ulang Android

Kesalahan dapat menyebabkan berbagai masalah. Tidak ada sinyal, tidak ada aplikasi. Aplikasi yang terkena bug akan terhambat dalam proses pembukaannya. Bahkan, aplikasi mungkin tidak terbuka sama sekali.

Cara mudah untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan me-restart smartphone Android Anda. Atau matikan android selama 5-10 menit dan hidupkan kembali. Android kemudian akan kembali normal.

7. Perbarui OS Android

Saat ini, banyak aplikasi yang telah diperbarui, tetapi Anda masih menggunakan Android dengan sistem operasi KitKat 4.4.

Ini dapat menyebabkan aplikasi tidak kompatibel dengan sistem operasi Android yang Anda gunakan. Salah satu solusinya adalah dengan memperbarui sistem operasi Android.

8. Atur ulang ke pengaturan pabrik

Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi masih belum bisa mengatasi aplikasi yang sering menutup tiba-tiba dengan sendirinya, maka langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan mereset ponsel Android Anda ke pengaturan pabrik.

Tapi menurut saya cara ini bukan yang terbaik, karena factory reset akan menghilangkan semua data dan aplikasi di hp android anda.

Ponsel Anda akan kembali ke keadaan pertama kali Anda membelinya (di dalam atau perangkat lunak, bukan perangkat keras).

Khusus untuk pengguna Samsung, Anda dapat mencoba: Cara mereset ponsel Samsung.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan cara ini, disarankan agar Anda membackup data penting Anda terlebih dahulu. Cara reset pabrik adalah sebagai berikut:

cara mengatasi sayangnya aplikasi berhenti di android 4
  1. Buka menu pengaturan HP.
  2. Kemudian pilih pengaturan lanjutan di bagian bawah.
  3. Kemudian klik “Cadangkan dan Setel Ulang”.
  4. Pilih kembalikan ke pengaturan pabrik, tunggu prosesnya selesai.

Ini mungkin terlihat berbeda untuk beberapa ponsel, jadi Anda dapat mengaturnya sesuai dengan petunjuk di atas.

Kesimpulan

Anda bisa mencoba cara-cara di atas satu per satu mulai dari yang pertama dan pilihan terakhir adalah factory reset ponsel Android Anda. Setiap ponsel dapat memiliki kotak penyimpanannya sendiri.

Ini adalah panduan yang Teknoinside dapat beri tahu Anda tentang cara mengatasi aplikasi berhenti di ponsel Android. Saya harap ini bermanfaat dan jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk membagikannya di komentar.


https://storyforgeproductions.com