Setiap perangkat elektronik yang menggunakan baterai, baik itu smartphone atau laptop, tentu harus siap dengan baterai yang bocor. Apalagi pada level yang lebih ekstrim, baterai tidak akan bisa lagi mengisi dan menyimpan energi (terhubung tapi tidak mengisi).

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan baterai Anda cepat habis dan crash. Entah itu karena kebiasaan buruk penggunanya atau usia baterai yang sudah tua.

Lihat juga: Cara meningkatkan kinerja laptop.

Cara memperbaiki baterai laptop drop

Sebelumnya sudah kita bahas kebiasaan buruk apa saja yang bisa menyebabkan baterai laptop cepat habis dan cepat mati. Nah, bagi yang sudah terlanjur mengalami kebocoran dan listrik cepat terkuras, ada beberapa tips yang bisa memperbaikinya.

Daripada berbicara tentang perbaikan, “kesehatan” lagi mungkin lebih tepat. Caranya adalah dengan mengkalibrasi baterai. Ini akan membuat perhitungan daya lebih akurat dari sebelumnya. Berikut tutorialnya:

1. Aktifkan hemat daya

Pertama, klik kanan ikon baterai di bilah tugas, lalu pilih Opsi Daya.

cara mengatasi baterai laptop cepat habis

Pilih opsi Buat rencana makan.

cara mengatasi baterai laptop cepat habis 1

2. Kalibrasi baterai

Tolong beri nama pilihan Anda, saya beri nama “Teknoinside Calibration”, lalu selanjutnya.

Penyebab dan cara mengatasi baterai laptop cepat habis

Silakan instal seperti yang ditunjukkan gambar berikut, mungkin Anda dapat meningkatkan kecerahan dan kemudian Membuat.

Penyebab dan cara mengatasi baterai laptop cepat habis

3. Aktifkan pengaturan baterai

Anda kemudian akan mengaktifkan paket daya dengan mengklik ikon baterai dan memilih namanya.

cara mengatasi masalah baterai laptop habis

Langkah selanjutnya adalah mengisi daya laptop Anda hingga penuh, yaitu hingga 100%.

4. Kalibrasi baterai laptop manual

Setelah terisi, cabut stekernya lalu biarkan laptop berjalan terus menerus sampai baterai habis.

Terakhir, jika laptop mati dengan sendirinya, isi daya hingga penuh. Sementara itu, di sini proses kalibrasi selesai.

Lihat juga: Apa yang harus dilakukan jika baterai tidak terdeteksi.

Penyebab baterai laptop habis

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan baterai laptop cepat bocor dan cepat habis. Banyak pengguna yang sering mengabaikan hal ini dan masih melakukan hal-hal berikut.

Baca juga:   8 Cara Menghapus Aplikasi Laptop Sulit Dihapus (Terbukti)

Oleh karena itu, mulai saat ini Anda harus mewaspadai hal-hal negatif yang dapat memperpendek umur baterai laptop, baik removable maupun non-removable.

  • Tegangan input pada laptop kurang stabil
  • Charger laptop tetap terhubung meskipun baterai terisi penuh.
  • Mengisi daya laptop meskipun baterai laptop belum mati
  • Penggunaan laptop yang berlebihan dapat menguras baterai.

Cara memperpanjang masa pakai baterai laptop

Untuk mencegah baterai laptop tahan lama agar tidak mudah putus dan kehabisan daya, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Perhatikan penggunaan laptop

Tidak seperti komputer, laptop tidak dimaksudkan untuk digunakan sepanjang hari tanpa istirahat. Jika Anda menggunakannya tanpa istirahat, tentu akan berdampak buruk baik untuk perangkat maupun baterai.

Hal ini tentunya harus diperhatikan oleh setiap pengguna laptop. Dan satu hal lagi, kebanyakan laptop tidak dirancang untuk pekerjaan berat, kecuali mereka mengkhususkan diri pada game atau desain grafis.

2. Debu secara berkala

Banyak pengguna yang seenaknya menggunakan laptop tanpa memperhatikan masalah perawatan. Penting bagi kita untuk selalu menjaga bebas debu, terutama pada sistem sirkulasi udara.

Jika banyak debu yang menyumbat saluran, maka tentunya udara panas tidak bisa keluar. Jika ini terus berlanjut, laptop dapat menjadi terlalu panas dan merusak komponennya, termasuk baterai.

3. Perhatikan tempat penggunaan

Nah, apakah banyak orang yang sering menggunakan komputer di kamar dan meletakkannya di kasur atau bantal? Ini adalah kesalahan besar, menempatkan laptop bekas pada benda lunak akan menyebabkan sistem sirkulasi udara tidak dapat bekerja dengan baik.

Hal ini karena lubang ventilasi akan terhalang oleh benda-benda seperti bantal, dll. Coba gunakan laptop pada media yang benar, seperti meja atau alas lainnya.

Baca juga: Cara Menambah RAM Laptop.

4. Jangan biarkan baterai habis

Ini adalah kesalahan umum yang dilakukan banyak pengguna laptop. Karena terlalu sibuk menggunakannya, mereka lupa dan tidak memperhatikan sisa umur baterai.

Baca juga:   Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui (Terbukti)

Akibatnya, baterai akan terkuras hingga 0% dan akhirnya berujung pada kegagalan laptop. Inilah yang harus Anda hindari.

Pasalnya, membiarkan baterai kosong bisa mematikan berbagai ion di dalamnya. Tentu saja, ini akan mempersingkat masa pakai baterai dan membuatnya cepat habis.

5. Sesuaikan kecerahan layar

Selain penggunaan, baterai yang cepat habis dapat disebabkan oleh kecerahan layar yang terlalu tinggi. Jika terlalu terang, maka konsumsi daya akan lebih dari biasanya.

Coba sesuaikan layar agar pas agar baterai tidak cepat habis dan mata tidak cepat lelah.

Jadi dengancara mengatasi baterai laptop cepat habis. Anda dapat menggunakan tips di atas untuk memperbaiki baterai yang cepat habis dan cepat habis. Tutorial ini cocok untuk removable dan non-removable yang bocor.

Berkat kalibrasi, perhitungan daya baterai akan lebih akurat dari sebelumnya. Jika Anda tidak memahami sesuatu tentang trik ini, Anda dapat menanyakannya di komentar.


https://storyforgeproductions.com