Banyak hal lain yang dapat menyebabkan ponsel melakukan booting termasuk kegagalan pembaruan sistem, kegagalan rooting yang mengakibatkan hanya logo/merek/logo ponsel.

Ini akan terjadi berulang kali ketika ponsel melakukan reboot, dan hal lain yang dapat menyebabkan unduhan adalah menggunakan firmware Android yang salah.

Karena hal di atas, ponsel Anda mengalami boot loop. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi bootlap? kali ini saya akan menjelaskan cara mudah mengatasi bootloop.

Namun sebelum mempelajari caranya, boot loop itu sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda, dan cara penanganannya juga berbeda-beda.

Cara mengatasi bootloop di hp android

Cara mengatasi bootloop di hp android

Disini saya akan menjelaskan macam-macam jenis bootloop dan cara mengatasinya. Penasaran kan, untuk melihat lebih jelas bagaimana cara mengatasi android bootlap sebagai berikut.

1. Loop Boot Sedang Android

Siklus boot rata-rata Android

Masalah boot loop ini tergolong boot loop yang tidak terlalu berat, biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengutak-atik fitur yang ada di Android.

Jika insecure, karena tidak sengaja atau bahkan sering masuk ke recovery system tanpa mengetahui terlebih dahulu apa efeknya. karena sebenarnya recovery system adalah bagian terpenting dari hp android, biasanya dari recovery system kita bisa melakukan root pada hp tersebut.

Jadi jika Anda mengutak-atik ini, tidak jelas tanpa mengetahui konsekuensinya jika pendekatan yang salah dapat menyebabkan ponsel melakukan reboot/boot loop dengan sendirinya.

Tapi jangan khawatir, jenis bootloop tergolong medium karena bias di atas adalah masuk ke system recovery mode lalu back up.

LARUTAN:

Hal pertama yang Anda butuhkan adalah PC/laptop untuk mem-backup data image recovery dan CWM/file recovery asli. Hanya cara ini yang akan berhasil.

Jika Anda telah mencadangkan data ROM di ponsel Anda, jika Anda belum pernah mencadangkan ROM, jangan khawatir, cari saja Google untuk pemulihan khusus untuk jenis ponsel Anda.

Baca juga: Cara mengatasi Xiaomi bootlap.

2. Hardboot Android

Android Boot Keras

Jenis bootloop ini tergolong jenis yang kompleks dan berat karena alasan termasuk kesalahan saat melakukan sesuatu yang terkait dengan hal-hal berikut di bawah ini, sementara beberapa di antaranya adalah:

  • Mengganti ROM stok lain
  • Melakukan pembaruan sistem operasi
  • Mengkompilasi APK yang salah
Baca juga:   6 Cara Membuka Aplikasi yang Terkunci: Terbukti 2022

Tindakan di atas, jika menimbulkan kesalahan, dapat memicu loop boot, yang jenisnya sudah tinggi/keras. Ciri-ciri handphone yang sudah mengalami hard boot adalah handphone tidak bisa masuk ke menu utama dan tidak bisa lagi diubah-ubah, atau sering disebut dengan macet total.

LARUTAN:

Kasus bootloop yang dijelaskan di atas tergolong bootloop berat, jadi cara mengatasinya berbeda dengan cara-cara sebelumnya, hal utama yang perlu disiapkan adalah PC/laptop, dan harus di install aplikasi khusus di PC / laptop untuk menginstal ulang sistem operasi di Android.

Saya juga bisa melakukan firmware. Perlu diingat bahwa cara penginstalan android berbeda-beda, Anda bisa memilihnya sesuai dengan merek ponsel Anda.

3. Unduhan Android yang ringan

Boot Android Ringan

Bootloop jenis ini tergolong lebih ringan dari jenis bootloop sebelumnya dan bootloop ini biasanya terjadi karena pada saat anda bermain game dan menginstal apk, ponsel tiba-tiba akan restart sendiri atau biasa disebut dengan auto restart.

Dan setelah itu, yang lebih menyebalkan adalah ponsel tidak bisa masuk ke menu, tetapi hanya menampilkan logo ponsel. Mengganggu bukan? Jangan khawatir, di bawah ini adalah cara memperbaikinya.

LARUTAN:

Karena bootloop yang dijelaskan di atas adalah jenis yang ringan, cara mengatasinya tidak sesulit bootloop jenis sebelumnya. Caranya sangat sederhana, yaitu keluarkan baterai ponsel android Anda.

Tunggu beberapa saat, lalu pasang kembali ponsel, lalu reboot ponsel, biasanya ponsel akan booting secara normal dan masalah ponsel tidak akan terjadi lagi.

4. Hapus cache sistem

Hapus cache sistem

Cara selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bootloop di Android adalah dengan menghapus file cache pada sistem yang tersimpan di memori ponsel Android Anda. Penasaran bagaimana cara membersihkannya? Simak pembahasan berikut.

Untuk menggunakan cara ini, Anda harus terlebih dahulu masuk ke menu recovery mode. Masuk ke menu recovery mode di setiap handphone tentunya berbeda-beda. Anda harus masuk ke menu recovery mode sesuai dengan merk dan tipe handphone yang anda gunakan.

Baca juga:   4 Cara Ganti akun PUBG Mobile tanpa Kehilangan Data

Sebagai contoh yang dapat Anda gunakan sebagai ilustrasi untuk masuk ke recovery mode, Anda dapat melihat langkah-langkah untuk masuk ke recovery mode di bawah ini. Baca langkah-langkahnya dengan cermat untuk menghindari kesalahan.

  1. Langkah pertama, klik Daya + volume turun secara bersamaan selama beberapa detik hingga logo HP muncul di layar.
  2. Jika sudah muncul, lepaskan kedua tombol yang Anda tekan dan Anda akan masuk ke recovery mode nanti.
  3. Kemudian masuk ke menu Canggihlalu pilih opsi Hapus cache Dalvik.
  4. Selanjutnya pilih menu Dudukan dan penyimpananjika ya, pilih salah satu opsi Hapus cache.
  5. Tunggu beberapa detik hingga proses selesai.

5. Hapus partisi cache

Hapus partisi cache

Kemudian cara selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah Wipe Cache Partition. Dengan menggunakan metode ini, sistem akan menghapus file cache di partisi memori ponsel Anda. Caranya hampir sama dengan cara sebelumnya.

Karena cara ini sama dengan menggunakan menu Recovery Mode. Pada umumnya salah satu cara mengatasi bootloop dengan tipe rata-rata atau average biasanya digunakan. Penasaran bagaimana? Periksa langkah-langkah berikut dengan cermat.

  1. Langkah pertama, klik Daya + volume turun secara bersamaan selama beberapa detik hingga logo HP muncul di layar.
  2. Jika sudah muncul, lepaskan kedua tombol yang Anda tekan dan Anda akan masuk ke recovery mode nanti.
  3. Kemudian masuk ke menu Kosongkan partisi cache.
  4. Kemudian, jika pesan konfirmasi muncul, pilih Ya.
  5. Tunggu beberapa detik hingga proses selesai.

6. Hapus data / reset pabrik

Hapus data / reset pabrik

Wipe Data/Factory Reset adalah salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki masalah booting pada ponsel Android Anda. Biasanya cara ini digunakan untuk mengatasi kasus bootloop berat atau hard bootloop.

Dengan menggunakan cara ini, sistem akan menghapus semua data, termasuk virus berbahaya, di Android yang Anda gunakan. Namun perlu diingat, dengan cara ini semua data di memori internal ponsel Anda akan terhapus.

Baca juga:   12 Cara Belajar Komputer Otodidak Dengan Cepat

Oleh karena itu, sebelum menggunakan cara ini, pastikan Anda telah mencadangkan semua file penting yang ada di memori internal ponsel di tempat penyimpanan terpisah. Misalnya, pada hard drive eksternal atau kartu SD.

Baca juga: Cara Reset Ponsel Android.

Penasaran bagaimana? Simak saja langkah-langkahnya dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan.

  1. Langkah pertama, klik Daya + volume turun secara bersamaan selama beberapa detik hingga logo HP muncul di layar.
  2. Jika sudah muncul, lepaskan kedua tombol yang Anda tekan dan Anda akan masuk ke recovery mode nanti.
  3. Kemudian silahkan masuk ke menu Pemulihan cadanganlalu pilih opsi Cadangan.
  4. Selanjutnya pilih menu Hapus data / reset pabrik.
  5. Kemudian, jika pesan konfirmasi muncul, pilih Ya.
  6. Tunggu beberapa detik hingga proses selesai.

Baca juga: Ciri-ciri HP Terkena Virus

Kesimpulan

Bootloop adalah salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pengguna smartphone Android. Penyebab bootloop juga bermacam-macam.

Mulai dari proses rooting, custom ROM yang gagal atau corrupt, gagal update OS Android, infeksi virus Android, gagal flashing firmware dan lainnya.

Pertanyaan dan jawaban

Di sini kami telah merangkum beberapa pertanyaan pengguna yang sering diajukan dan Anda mungkin ingin menanyakannya juga.

Apa yang menyebabkan bootloop?

Penyebab bootloop juga bermacam-macam, mulai dari proses rooting, custom ROM crash atau corrupt, gagal update OS Android, infeksi virus Android, gagal flashing firmware, dan masih banyak lagi.

Apa itu bootlap?

Boot Android Ringan
Bootlap sedang
Android Boot Keras

Bagaimana cara mengatasi bootlap?

Hapus cache sistem
Hapus partisi cache
Hapus data / reset pabrik

Cara mudah bukan cara mengatasi android bootloop, bootloop memang sangat menyebalkan, namun jika anda sudah mengetahui cara mengatasinya secara otomatis, hal ini tentunya tidak akan menjadi masalah lagi bagi anda.


https://storyforgeproductions.com