Bisa dikatakan bahwa Google Play Store merupakan salah satu aplikasi terpenting di smartphone Android. Dengan aplikasi Google Play Store, kita dapat mengunduh aplikasi dan game favorit kita secara gratis atau berbayar.

Namun, ada kalanya pesan “Unduh terlambat. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan. Karena Anda tidak dapat mengunduh aplikasi atau game dari Google Play Store.

Cara mengatasi keterlambatan pemuatan Play Store

10 Cara Mengatasi Google Play Store Load Lag

Sebenarnya, ada cara untuk mengatasi masalah unduhan yang tertunda. Ada metode yang akan dibahas Teknoinside di artikel ini. Penasaran bagaimana cara mengatasi keterlambatan download PlayStore, simak ulasannya berikut ini.

Lihat juga: Cara mengaktifkan Play Protect.

1. Kosongkan cache aplikasi Google Play Store.

hapus cache aplikasi

Cara pertama untuk mengatasi keterlambatan download di Google Play Store adalah dengan menghapus file. cache Aplikasi Google Play Store.

Seperti yang sudah kita ketahui, mentransfer semua aplikasi ke smartphone Android akan menyimpan file cache. Mengajukan cache ini akan terakumulasi seiring dengan penggunaan terus menerus.

Ketika file cache itu tidak dihapus secara teratur, maka file cache ini dapat menyebabkan aplikasi macet. Salah satu masalah yang sering ditemui adalah unduhan tertunda saat mengunduh aplikasi di Google Play Store.

Berikut cara menghapus cache Aplikasi Google Play Store di smartphone Android. Buka menu Setelan > Aplikasi > Google Play > Hapus cache.

2. Hapus data aplikasi Google Play Store.

10 Aplikasi Pembersih Terbaik untuk Android 1

Setiap aplikasi yang berjalan di smartphone Android tentunya akan menghemat data. Biasanya, data berisi pengaturan, konfigurasi, dan sebagainya.

Terkadang, jika terlalu banyak data yang terkumpul, dapat menyebabkan aplikasi tidak berfungsi dengan benar, termasuk aplikasi Google Play Store.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda dapat menghapus data yang terdapat di aplikasi Google Play Store secara berkala. Tidak perlu khawatir karena menghapus data ini sangat aman. Aplikasi Google Play Store Anda masih dapat digunakan secara normal.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menghapus data aplikasi Google Play Store. Masuk menu Setelan > Aplikasi > Google Play > Hapus data

3. Ubah pengaturan unduhan

Biasanya, alasan utama mengapa Anda mengalami masalah dengan penundaan unduhan di Google Play Store adalah karena pengaturan yang salah.

Baca juga:   4 Cara Menghitung Rata Rata di Excel: Terbaru 2022

Aplikasi Google Play Store default akan meminta Anda untuk mengunduh aplikasi menggunakan WiFi jika aplikasinya cukup besar.

Akibatnya, Anda akan melihat pesan Menunggu unduhan jika Anda tidak terhubung ke jaringan WiFi.

Karena itu, sebelum mengunduh aplikasi, pastikan untuk menghapus centang pada opsi Unduh hanya melalui Wi-Fi. Dengan demikian, tidak akan ada lagi masalah saat mengunduh.

4. Kosongkan memori internal

Alasan lain yang biasanya memicu lazy loading di Google Play Store pada smartphone Android adalah ruang penyimpanan smartphone Android Anda penuh.

Dengan demikian, Google Play Store tidak bisa lagi digunakan untuk mengunduh aplikasi. Untuk memperbaiki masalah ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di bawah ini.

  1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan atau jarang digunakan.
  2. Hapus foto atau video berukuran besar.
  3. Bersihkan smartphone Android Anda dari file sampah.
  4. Dan seterusnya.

Baca Juga: Aplikasi Pembersih Sampah Android.

5. Perbarui Google Play Store

Masalah keterlambatan unduhan di Google Play Store mungkin disebabkan oleh fakta bahwa Anda menggunakan versi aplikasi Google Play Store yang lebih lama.

Oleh karena itu, segera perbarui Google Play Store yang Anda gunakan ke versi terbaru. Di bawah ini adalah metode untuk memperbarui Google Play Store Anda ke versi terbaru. Ikuti cara di bawah ini.

Buka aplikasi Play Store > Pengaturan > klik Versi Play Store berkali-kali.

Selesai, silahkan tunggu beberapa saat hingga proses update Google Play Store anda berhasil di update ke versi terbaru. Jika proses update sudah selesai, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Play Store seperti biasa.

Lihat juga: Cara mengatasi masalah saat aplikasi tidak diperbarui.

6. Hentikan aplikasi Google Play Store.

Metode selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah penundaan unduhan Google Play Store adalah dengan memaksa mengganti aplikasi Google Play Store.

Cara ini mungkin yang paling sederhana karena tidak memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga. Anda dapat memaksa menghentikan aplikasi Google Play Store sebagai berikut.

Masuk menu Setelan > Aplikasi > Google Play > Paksa berhenti

Baca juga:   8+ Cara Cek NIK KTP Online: Aplikasi, Web WA 2022

7. Perbarui sistem operasi Android Anda

Setiap vendor smartphone biasanya memberikan dukungan update sistem Android untuk smartphone mereka. Biasanya, waktu perpanjangan sangat bervariasi, dari 6 bulan hingga 2 tahun.

Nah, jika Anda mengalami masalah dengan penundaan unduhan di aplikasi Google Play Store, mungkin karena ponsel cerdas Anda menjalankan sistem operasi Android versi lama.

Salah satu solusinya adalah Anda dapat memperbarui sistem operasi Android. Caranya buka aplikasi update di smartphone Android kamu lalu update sistem operasinya.

Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi. Karena biasanya ukuran file yang harus kamu download untuk update sistem operasi android cukup besar.

Setelah menyelesaikan proses pembaruan sistem operasi Android, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi Google Play Store seperti biasa untuk mengunduh aplikasi atau game favorit Anda.

Lihat juga: Cara memperbarui OS Android.

8. Setel ulang Android ke pengaturan pabrik

Cara mengatur ulang ponsel Android

Mengerjakan Setel ulang ke pengaturan pabrik atau mereset smartphone Android ke pengaturan pabrik juga merupakan cara ampuh untuk mengatasi berbagai error yang terjadi pada smartphone Android.

Tidak ada pengecualian untuk masalah unduhan yang tertunda di aplikasi Google Play Store. Sebelum menggunakan cara ini, pastikan Anda membackup data penting seperti dokumen, foto, video, dll.

Jika semuanya sudah siap, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur ulang ponsel cerdas Anda ke pengaturan pabrik atau Setel ulang ke pengaturan pabrik. Triknya buka menu Pengaturan > Sistem > Opsi atur ulang > Atur ulang pabrik.

Kemudian tunggu beberapa detik hingga proses reset selesai. Setelah selesai, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Play Store seperti biasa untuk mengunduh aplikasi terbuka favorit Anda.

Baca juga: Cara Reset Ponsel Android.

9. Hapus partisi cache

Mungkin ada terlalu banyak file di ponsel pintar Android Anda cache. Nah ini dia filenya. cache dari aplikasi yang Anda unduh serta file cache sistem operasi Android itu sendiri.

Karena semakin banyak file cache yang menumpuk di sistem, hal ini dapat menyebabkan kesalahan pada satu atau lebih aplikasi.

Solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan Hapus partisi cache. Saat melakukan Hapus partisi cache itu akan membuat smartphone android anda bersih kembali.

Baca juga:   4+ Cara Transfer Pulsa Smartfren: Dial, SMS, dan Aplikasi

Dari file yang tidak perlu yang bisa membuat smartphone Anda error. Anda dapat melakukan Hapus partisi cache dengan cara berikut.

Masuk menu mode pemulihan menekan tombol Daya + volume naik. Jika sudah berhasil masuk ke menu mode pemulihanuntuk memilih Hapus partisi cache. Setelah selesai, Anda dapat memilih opsi Muat ulang untuk me-reset smartphone android Anda.

Cara ini bisa diterapkan ke berbagai merek smartphone, antara lain Samsung, Xiaomi, Asus, Lenovo, Huawei, Sony, LG, Acer, dan masih banyak lagi.

Mungkin hanya menunya yang sedikit berbeda. Namun secara umum sama saja, Anda hanya perlu menyesuaikan menu pada smartphone Android yang Anda gunakan.

Jika Anda telah mengikuti metode di atas, sekarang Anda dapat mencoba mengunduh aplikasi dari Google Play Store. Biasanya, masalah umum seperti lazy loading tidak muncul kembali.

10. Gunakan ROM khusus

disk pengguna

Cara ke 10 atau terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi download tertunda di aplikasi Google Play Store adalah dengan menggunakan custom ROM di smartphone Android yang kamu gunakan.

Jika Anda sudah mengikuti sembilan cara di atas, namun masalah pending download belum teratasi, berarti memang ada bug di sistem Android yang Anda gunakan.

Salah satu solusi yang tepat untuk Anda adalah dengan menggunakan custom ROM yang banyak tersedia secara online.

Jika Anda telah berhasil menginstal custom ROM di smartphone Android yang Anda gunakan, biasanya aplikasi Google Play Store tidak terletak langsung di smartphone Anda.

Karena itu, Anda perlu menginstalnya secara manual. Anda bisa mengikuti petunjuk instalasi Google Play Store di website Custom ROM yang Anda gunakan.

Kesimpulan

Demikian informasi yang dapat Teknoinside berikan tentang cara mudah mengatasi keterlambatan download di Google Play Store. Jika cara pertama tidak berhasil, Anda bisa mencoba cara berikutnya.

Semoga artikel yang diberikan oleh Teknoinside dapat membantu Anda dalam mengatasi error aplikasi Google Play Store tidak dapat digunakan untuk mendownload aplikasi atau game favorit Anda.


https://storyforgeproductions.com