Namun terkadang kita memutuskan untuk menghapus beberapa file karena berbagai alasan. Misalnya karena sudah tidak diperlukan lagi atau hanya ingin mengosongkan ruang di memori internal atau kartu SD ponsel Anda.

Namun, niat menghapus file sampah di smartphone Android ini terkadang tidak berjalan mulus. Dalam banyak kasus, pengguna tidak dapat menghapus file yang tersimpan di ponsel mereka.

Biasanya, setelah penghapusan selesai, muncul pesan yang menyatakan bahwa file tidak dapat dihapus. Meskipun itu mungkin bukan file sistem yang penting.

Cara menghapus file yang tidak dapat dihapus di Android

Penyebab masalah ini biasanya cukup beragam, ada yang disebabkan oleh virus, namun ada juga error yang bisa terjadi akibat memori SDcard yang sudah lama.

Lalu, jika demikian, apa solusinya? Jangan khawatir, ketika Anda datang ke Teknoinside Anda pasti akan menemukan tips dan solusi dari masalah yang Anda hadapi. Di bawah ini telah kami rangkum beberapa cara yang dapat mengatasi masalah tersebut.

1. Gunakan aplikasi pembersih kartu SD

Banyak dari kasus ini terjadi pada kartu SD atau memori eksternal. File yang rusak biasanya sulit untuk dihapus. Terkadang kartu SD yang sudah lama digunakan juga memperlambat kinerja dan sering menyebabkan kesalahan. Untuk solusinya, silakan lihat panduan berikut:

File solusi tidak dapat dihapus di Android
  1. Download aplikasinya terlebih dahulu lalu install seperti biasa.
  2. Buka aplikasi, klik tombol Awal itu ada. Tunggu sementara aplikasi memindai file di perangkat Anda.
  3. Setelah selesai, SDcleaner akan menampilkan hasilnya. Silakan klik ikon tempat sampah untuk menghapus file yang tidak perlu. Jika muncul peringatan, klik saja BAGUS.
  4. Ulangi langkah ketiga hingga semua file yang tidak perlu dihapus seluruhnya. Mudah bukan?
File solusi tidak dapat dihapus di Android

2. Coba fitur pembersihan bawaan Android

Di smartphone terbaru saat ini cenderung hadir dengan fitur yang lebih bersih. Fitur ini dirancang untuk mencari file yang tidak perlu dan tidak berguna yang menumpuk di smartphone.

Baca juga:   10 Aplikasi Pendingin HP Android Gratis: Terbaik 2022

Letak fungsinya sendiri bergantung pada smartphone. Coba cari di menu pengaturan, lalu pilih opsi penyimpanan. Biasanya, ada fitur pembersihan yang akan membantu Anda menghapus file sampah.

3. Hapus menggunakan komputer

Kiat berikutnya: Anda dapat mencoba menyambungkan perangkat Android ke komputer dengan kabel data. Untuk memori eksternal seperti kartu SD, Anda dapat menggunakan pembaca kartu.

Coba hapus dari pengelola file di PC Anda, mungkin berhasil. Terkadang perangkat Android tidak memiliki akses untuk melakukan perubahan seperti menghapus file. Namun jika dari komputer tentu saja hasilnya akan berbeda.

4. Cadangkan dan format

Untuk cara terakhir dan terakhir, ini mungkin pilihan terakhir Anda. Jika semua tips di atas tidak berhasil, coba yang ini. Pertama, Anda harus melakukan backup atau membackup file-file penting yang Anda miliki.

Pastikan semuanya diarsipkan dengan benar. Setelah itu, lakukan pemformatan, baik langsung dari ponsel atau menggunakan komputer. Setelah selesai, pindahkan backup data penting Anda tadi ke smartphone Anda.

Itulah beberapa tutorial dan cara mengatasi file yang tidak bisa dihapus di hp android. Semoga beberapa tips diatas dapat menjadi solusi ketika anda tidak bisa menghapus file foto atau video di smartphone anda.

Jika Anda memiliki saran atau pertanyaan tentang artikel di atas, tuliskan di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com