Namun dengan segala kelebihannya, flash masih memiliki beberapa kekurangan. Sifatnya yang portabel membuatnya ringan, tetapi juga bisa menjadi bumerang bagi kita.

Karena portabel, dapat digunakan dan dipindahkan di antara perangkat yang berbeda, tetapi ini dapat menyebabkan masalah lain.

Nah, gejala paling umum yang sering ditemui flash memory adalah ketika terhubung ke laptop atau komputer, muncul peringatan flash memory yang meminta Anda untuk memformatnya. Jika berisi banyak data penting, maka ini bisa menjadi masalah serius.

Alasan mengapa flash drive meminta untuk memformat

Ada beberapa alasan mengapa flash drive meminta untuk diformat, setiap kasus bersifat individual, tergantung pada seberapa serius masalahnya. Berikut adalah deskripsinya.

1. Kerusakan peralatan

Sebagai aturan umum, jika kondisinya sangat parah, jika perangkat kerasnya rusak, kesalahan ini sangat sulit untuk diperbaiki karena harus diperbaiki secara fisik.

Anda harus memperbaiki hardware flashdisk yang tentunya sangat merepotkan dibandingkan dengan membeli yang baru.

2. Ada virus

Jika keadaan terkena virus, kemungkinan pemulihan masih sangat mungkin, sebagai aturan, ini terjadi ketika kita mencoba menghubungkan flash drive kita ke komputer orang lain atau ke diri kita sendiri yang sebelumnya terkena virus.

Ada kemungkinan virus juga menyebar melalui memori flash, dan jika tidak dihentikan, itu tidak terlalu baik. Selain memfasilitasi penyebaran virus, ini juga dapat menyebabkan kerusakan memori flash.

Baca juga: Cara Mempercepat Laptop Anda.

3. Kesalahan pemrosesan data

Pengolahan data tentu saja tidak selalu berjalan mulus, terjadi gangguan atau masalah. Ini juga terkadang menjadi alasan mengapa flash drive meminta pemformatan di laptop atau komputer Anda.

Cara memperbaiki flash drive yang meminta untuk memformat

Pemilik flash drive sangat sering mengalami kasus serupa ketika mereka tiba-tiba meminta untuk menghapus data. Namun jangan langsung panik, ternyata flashdisk error yang membutuhkan continuous formatting bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Baca juga:   6 Cara Cek Nomor Telkomsel Terbaru 2022: Lengkap

Saat terhubung ke PC, tetapi memberi Anda pemberitahuan pemformatan, itu tidak berarti bahwa memori flash Anda rusak. Terkadang, jika Anda beruntung, Anda dapat memperbaikinya tanpa kehilangan data di dalamnya.

Di sini Teknoinside akan memberikan beberapa tips dan trik yang dapat Anda coba untuk memutuskan apakah flash drive meminta untuk diformat.

1. Periksa port USB pada perangkat Anda.

Cara pertama adalah dengan memeriksa port USB laptop atau PC Anda. Sebelum kita memutuskan bahwa memori flash adalah bug, kita harus memastikan dulu bahwa bukan port USB yang rusak.

Terkadang flash drive yang berfungsi saat terhubung ke port yang rusak juga akan berfungsi dengan tidak benar. Coba sambungkan flash drive ke perangkat lain dan lihat apakah itu terus meminta Anda untuk memformatnya.

2. Coba pemformatan tingkat rendah

Tips selanjutnya yang bisa Anda coba adalah low level formatting. Terkadang metode ini cukup efektif untuk mengatasi fakta bahwa flash drive meminta pemformatan. Untuk tutorial, silakan ikuti panduan ini:

  • Colokkan flashdisk anda terlebih dahulu, kemudian anda buka Run dengan shortcut keyboard. Windows + Rlalu ketik Magister Sains lalu bagus.
cara memperbaiki flash drive yang meminta untuk memformat 1
  • Setelah itu kamu pilih partisi penyimpanan, lalu klik kanan pada flashdisk dan pilih format.
cara memperbaiki flash drive yang meminta untuk memformat 2
  • Kemudian ikuti instruksi dan tunggu proses pemformatan selesai.

3. Format dan Pulihkan dengan CMD

Baris perintah adalah salah satu fitur Windows yang paling serbaguna. Kami juga dapat menggunakannya untuk memformat memori flash dengan kesalahan. Caranya sangat mudah

  • Pertama kamu buka CMD lalu kamu ketik format [directory flashdisk] lalu tekan enter.
  • Mengubah [directory flashdisk] di mana Anda meletakkan flash drive.
  • Katakanlah terhubung ke drive F: maka tampilannya seperti ini format F:cara memperbaiki flash drive yang meminta untuk memformat 3
Baca juga:   4 Cara Membuka File RAR dan ZIP di Android: Lengkap

Selain cara di atas, Anda bisa menggunakan fungsi restore yang juga bisa dilakukan dengan menggunakan CMD. Ikuti panduan berikut, buka CMD dan ketik chkdsk [directory flashdisk] /R.

Jadi misalnya ini di drive F: seperti cara pertama, jadi seperti ini chkdsk: F/R lalu tekan enter. Tunggu hingga proses recovery selesai dan periksa apakah flashdisk sudah bisa digunakan seperti semula.

cara memperbaiki flash drive yang meminta format 4

4. Hapus isi Flashdisk

Untuk metode kedua, ini lebih panjang dari yang pertama, karena kita dapat mengatakan bahwa metode ini menghilangkan hingga ke akar-akarnya. Jika quick format tidak berhasil, coba hapus seluruhnya dengan cmd ini agar semua virus yang ada di flashdisk hilang, berikut cara memformat flashdisk di cmd.

sebuah. Langkah pertama buka CMD seperti sebelumnya, lalu ketik pisahkan lalu tekan enter.

Cara memformat flash drive menggunakan CMD untuk menghilangkan virus

b. tipe berikutnya daftar volume lalu masuk, silahkan cari dimana flashdisk anda terhubung, seperti pada pelajaran pertama. Ini dia masih di drive F: di volume 4.

Cara memformat flash drive menggunakan CMD untuk menghilangkan virus

di. Kemudian silahkan masukkan perintah berikut secara bergantian.

  • Jenis pilih volume 4 lalu masuk, posisi volume 4 Silakan sesuaikan dengan milik Anda.
  • Jenis membersihkan lalu masuk.
  • Jenis jadikan partisi primer lalu masuk.
  • Jenis pilih bagian 1 lalu masuk.
  • Jenis aktif lalu masuk.
  • Jenis fs=format fat32 lalu masuk.
  • Jenis menetapkan lalu masuk.
  • Jenis KELUAR lalu ketik untuk keluar dari cmd.

Kesimpulan

Setiap masalah dalam flashdisk berbeda-beda, bisa berbeda jika terjadi kerusakan pada setrika, tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu. Tingkat keberhasilan setiap masalah juga bervariasi tergantung pada seberapa parah masalahnya.

Anda dapat melakukan semua langkah di atas langkah demi langkah. Untuk memecahkan masalah.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa yang harus dilakukan jika flash drive terinfeksi virus?

Jika kondisi ini bisa diperbaiki dengan memformat flashdisk, agar semua data di dalamnya terhapus beserta virusnya.

Bagaimana cara mengetahui apakah ada virus di flash drive?

Anda dapat memindai dengan antivirus komputer tepercaya.

Berikut cara memperbaiki flashdisk yang terus meminta untuk diformat. Kami berharap tips dan tutorial di atas dapat membantu Anda mengatasi kesalahan bahwa memori flash tidak dapat diformat tanpa kehilangan data dan file di dalamnya. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan lihat di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com