Pada smartphone terkadang ada masalah ketika kontak sim yang kita miliki tidak terbaca oleh smartphone kita. Kali ini Teknoinside akan memberikan tutorial tentang cara mengatasi kontak yang hilang dan belum dibaca.

Sebelum melanjutkan, Anda harus terlebih dahulu memeriksa apakah kontak kartu sim hanya terbaca atau kartu sim Anda tidak terbaca.

Jika Anda tahu pasti hanya kontak SIM Anda yang tidak terbaca, maka bisa dipastikan ada kesalahan pada aplikasi kontak. Namun, jika semua data pengaturan pada kartu Anda, seperti nama penyedia, sinyal, dan kontak kartu SIM, hilang, kartu SIM Anda mungkin rusak.

Cara mengatasi kontak tidak muncul

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi kontak sim yang tidak terbaca di android. Cara pertama adalah dengan menghapus semua file cache Android.

Yang kedua adalah mengatur ulang bagian konfigurasi kontak SIM. Dan yang ketiga adalah membersihkan penyimpanan kontak. Silahkan coba cara berikut dari cara pertama.

1. Hapus file cache

Selain menghapus file cache aplikasi kontak, Anda juga harus menghapus semua file cache di memori android Anda jika memungkinkan, baik memori internal maupun memori eksternal.

Untuk menghapusnya, Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menghapus file cache dengan cepat hanya dengan 1 klik.

Setelah proses pembersihan selesai, restart Android Anda dan tunggu beberapa saat kemudian lihat apakah kontak sim sudah terbaca kembali atau belum.

cara mengatasi kontak sim yang hilang dan tidak terbaca di android 1

Buka menu pengaturan >> Aplikasi yang diinstal >> Cari aplikasi Kontak >> Hapus data >> Hapus cache.

Catatan: Cara ini saya gunakan pada smartphone Android Xiomi Redmi Note 5A dengan sistem operasi Android 7.1 Naught. Jika Anda menggunakan smartphone yang berbeda, metodenya mungkin juga berbeda, tetapi tidak terlalu banyak, jadi silakan atur sendiri.

Lihat juga: Cara memeriksa nomor ponsel Anda.

2. Tampilkan kontak yang tersimpan di kartu SIM

Jika Anda pernah membuat perubahan dan mengutak-atik konfigurasi kontak sim, ini bisa berlaku untuk semua kontak sim yang benar-benar hilang. Jadi untuk memastikannya Anda bisa menggunakan cara berikut ini.

cara mengatasi kontak sim yang hilang dan tidak terbaca di android 2

Masuk menu pengaturan >> Kemudian pilih Aplikasi sistem >> Pencarian aplikasi Kontak >> Lalu pergi ke Manajemen daftar kontak >> Pilih Semua kontak.

Baca juga:   6+ Cara Install Driver di Laptop PC Otomatis: Lengkap

3. Hapus semua detail kontak di Android

Jika setelah anda mencoba cara #1 dan cara #2 tetap tidak berhasil, maka anda bisa menggunakan cara terakhir yaitu dengan menghapus semua detail kontak di smartphone anda.

Cara ini terlihat sangat berisiko, namun Anda tidak perlu khawatir jika Anda sudah membackup semua kontak yang ada di smartphone Anda.

Melakukan backup kontak Anda sangat penting, ini mungkin cara terakhir untuk mengembalikan kontak Anda lagi setelah pembersihan kontak selesai. Berikut langkah-langkahnya.

cara mengatasi kontak sim yang hilang dan tidak terbaca di android 3

Memasuki pengaturan >> lalu pilih Aplikasi sistem >> Pilih Kontak >> Ekspor Impor kontak > lalu pilih Ekspor ke penyimpanan > Pilih Bagus.

Setelah backup, langkah selanjutnya adalah menghapus semua data kontak android anda, berikut langkah-langkahnya.

cara mengatasi kontak sim yang hilang dan tidak terbaca di android 4

Buka “Pengaturan” >> “Pilih aplikasi yang diinstal” >> “Kontak” >> “Hapus data” >> “Hapus semua data” >> “OK”.

4. Pulihkan kontak yang dihapus

Ada beberapa langkah untuk kembali ke kontak, salah satunya adalah dengan mudah mengembalikan kontak yang tersimpan di kartu sim atau akun google untuk lebih jelasnya.

Lihat juga: Bagaimana memulihkan kontak yang dihapus.

Kesimpulan

Dengan menggunakan metode di atas, Anda dapat memperbaiki masalah kontak kartu sim yang tidak terbaca di Android. Cara di atas tidak 100% berhasil, kadang berhasil dan kadang tidak. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara di atas, maka Anda akan tahu seperti apa hasilnya nanti.

Ini adalah panduan yang dapat diberikan Teknoinside kepada Anda. cara mengatasi kontak sim yang hilang dan tidak terbaca di android. Silahkan coba cara di atas secara berurutan dari cara pertama sampai terakhir.


https://storyforgeproductions.com