Bukan hal yang aneh jika komputer membeku bahkan ketika baru saja dihidupkan. Pemilik PC sering mengalami kasus seperti itu. Biasanya mereka tidak mengerti apa yang harus dilakukan dengan laptop yang langsung membeku setelah pengunduhan selesai.

Jika salah satu dari dua hal ini menyebabkan masalah, kemungkinan hang meningkat. Nah, bagaimana cara mengatasi laptop yang macet? Ada banyak tips dan tutorial yang bisa digunakan untuk mengatasi laptop tidak merespon setelah startup.

Kita juga harus memperhatikan apa sebenarnya penyebabnya dan PC yang tidak merespon dan tidak bisa digerakkan. Berikut adalah beberapa tips untuk memperbaiki komputer yang sering membeku.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Lambat.

Cara mengatasi laptop beku

Ada 5 tips yang bisa Anda gunakan, seperti yang saya katakan di atas, kita juga harus mempertimbangkan alasan mengapa komputer tidak merespons. Silakan buka panduan dan solusi untuk mengatasi masalah laptop yang macet setelah booting.

1. Tutup paksa aplikasi

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa komputer laptop sering membeku, membeku, dan menjadi tidak responsif. Salah satunya terkait ketidakmampuan perangkat laptop untuk memproses.

Akibatnya, ya, itu akan terjadi tanpa menjawab. Ini karena ada banyak aplikasi yang berjalan, atau mungkin aplikasi yang berjalan terlalu besar untuk melebihi batas spesifikasi yang disarankan.

Oleh karena itu, Anda dapat langsung menutup paksa aplikasi dengan masuk ke task manager, mis.

cara mengatasi laptop tidak merespon
  1. Tekan Menangkan + R.
  2. Kemudian ketik taskmgr dan tekan enter.
  3. Nah, disitu kamu bisa lihat aplikasi yang over, umumnya berwarna merah.
  4. Anda kemudian dapat mengklik “Akhiri Tugas”.

Dengan demikian, Anda bisa berhasil menonaktifkan aplikasi yang membebani kinerja komputer atau laptop Anda. Atau, jika masih lagging, Anda dapat menggunakan

  1. Tekan Ctrl+Alt+Del
  2. Kemudian pilih Task Manager dan pilih program yang berat.
  3. Setelah itu, kinerjanya akan lebih mudah
Baca juga:   Cek Ongkir & Biaya Lengkap

2. Masuk ke Safe Mode

cara masuk safe mode android

Ini adalah fitur yang dibangun ke dalam sistem operasi Windows. Safe Mode sangat berguna untuk mengatasi semua error yang sering terjadi pada komputer, termasuk masalah freeze ini.

  1. Buka menu mulai> klik kanan pada tombol daya.
  2. Tahan tombol Shift dan klik Restart di opsi daya.
  3. Cara masuk ke konfigurasi BIOS
  4. Tekan terus tombol F2, lalu tekan tombol daya. Tekan tombol power dan F2 sampai muncul layar BIOS.
  5. Anda akan berhasil masuk ke BIOS.

Tunggu sampai benar-benar masuk ke Safe Mode, cara ini biasanya cukup efektif untuk mengatasi freeze yang terjadi setiap saat. Jika sudah masuk, gunakan sebentar lalu mulai ulang, lihat apakah masalahnya sudah teratasi.

Lihat juga: Mengatasi aplikasi yang tidak responsif.

3. Periksa status RAM

cek memori laptop

Selain media, kita juga perlu memperhatikan keadaan RAM. Perangkat keras ini berfungsi untuk memproses data sementara sebelum diproses oleh CPU.

RAM adalah jembatan antara media penyimpanan tempat data disimpan dan CPU tempat data akan diproses. Jika tidak bekerja dengan baik, pengolahan data akan rusak.

Dalam skenario ini, komputer portabel mungkin membeku dan menjadi tidak responsif.

Jadi pastikan kondisi RAM masih bagus, coba bersihkan bagian tembaga dari RAM dengan penghapus. Juga, jika terasa berat, Anda dapat memeriksa RAM laptop.

Anda juga dapat menggantinya dengan komponen baru untuk memastikan kualitas. Lalu ada alternatif lain, jika RAM tidak cukup, Anda dapat dengan mudah menambahkan RAM ke laptop Anda.

4. Hapus instalan driver

Tips kedua yang bisa kamu coba adalah dengan mengecek bagian driver. Ini adalah salah satu alasan mengapa laptop sering membeku setelah boot. Bagaimana cara mengetahui driver mana yang tidak kompatibel? Ini cukup mudah.

Baca juga:   8 Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan Secara Online (Terbaru 2022)

Pertama kamu tekan Mulai lalu ketik Pengaturan perangkat lalu klik opsi Pengaturan perangkat.

cara memperbaiki laptop yang membeku saat startup

Selanjutnya, Anda akan melihat daftar driver yang telah diinstal pada perangkat.

cara memperbaiki laptop yang membeku saat startup

Harap periksa apakah ada driver yang menunjukkan tanda-tanda ketidakcocokan seperti tanda silang atau tanda seru.

Jika ya, lepaskan, karena jika dibiarkan dapat menyebabkan berbagai masalah pada PC dan laptop Anda.

5. Periksa status hard drive dan SSD

Jika tidak ada masalah dalam paket perangkat lunak, maka Anda perlu memeriksa perangkat kerasnya. Hal pertama yang harus kita periksa adalah sistem penyimpanan, yang biasanya menggunakan hard drive atau SSD.

Biasanya harddisk yang sudah lama digunakan akan berkembang menjadi bad sector, sehingga kinerjanya tidak maksimal. Karena itu, gangguan kinerja dapat menyebabkan seluruh sistem komputer tidak berfungsi.

Harddisk merupakan komponen vital yang akan menyimpan semua data, baik mentah maupun yang sudah diproses. Jadi pastikan hardware yang satu ini dalam kondisi baik.

6. Periksa virus

Ada banyak penyebab laptop hang, salah satunya terkait virus yang terpasang di komputer dan laptop. Langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menghapus virus di laptop yang terbukti ampuh.

Ada banyak langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan virus di laptop, salah satunya dengan menggunakan aplikasi antivirus di laptop terbaik.

7. Instal ulang

instal ulang windows

Jika semua tips di atas gagal untuk memperbaiki komputer yang membeku saat baru dihidupkan, maka masalahnya mungkin terkait dengan sistem operasi.

Jalan keluar terbaik dari situasi ini adalah menginstal ulang. Artinya kita sedang mengupdate sistem operasi agar bisa menghilangkan error dan bug yang mungkin ada.

Untuk bisa menginstall ulang Windows 10 bisa anda terapkan saat laptop mengalami freeze dengan mudah, bisa juga di terapkan pada Windows versi lain.

Baca juga:   4+ Cara Menyimpan Chat WhatsApp: Terbaru 2022

8. Ganti peralatan

Jika mungkin PC Anda benar-benar tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda akan perangkat komputer atau laptop.

Kemudian Anda dapat meng-upgrade perangkat atau membeli yang baru yang memiliki spesifikasi yang cukup untuk kebutuhan Anda untuk melakukan tindakan dari PC yang akan Anda gunakan.

Salah satunya adalah dengan menambahkan ssd sebagai tempat untuk menginstal sistem operasi dan juga Anda dapat menambahkan RAM pada laptop dan komputer.

9. Perbaikan Windows

Juga, jika Anda tidak ingin menginstal ulang Windows 10 atau versi Windows lainnya. Kemudian Anda dapat dengan mudah menerapkan perbaikan windows, tujuannya adalah untuk mengembalikan windows default.

10. Hapus file sementara

cara mengatasi komputer lemot di laptop

Selain langkah terakhir yang bisa diterapkan yaitu dengan menghapus recycle bin, cache, file sampah dan lain-lain. Karena file tersebut sangat memberatkan kinerja laptop.

  • Tekan Menangkan+R
  • Kemudian ketik %temp%
  • Kemudian masuk, Anda dapat menekan CTRL + A
  • Kemudian tekan SHIFT+Delete dan OK untuk menghapus secara permanen.

Kesimpulan

Tutorial di atas sangat membantu dalam memperbaiki PC yang sering tidak responsif dan tidak bisa dipindahkan setelah booting. Setiap masalah mungkin berbeda untuk setiap perawatan.

Caranya, mereka menemukan solusi dan cara mengatasi komputer laptop yang beku dan tidak merespons.

Kami berharap tips di atas akan membantu Anda mengatasi masalah laptop beku setelah startup. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com