Laptop adalah komputer mobile dengan ukuran kecil dan ringan, hanya 1-6 kg. tapi biasanya juga tergantung dari ukuran, bahan dan spesifikasi dari laptop tersebut.

Karena ukurannya yang relatif kecil dan bobotnya yang ringan, laptop ini mudah dibawa dan diletakkan di mana saja. Ini akan lebih praktis daripada komputer yang tidak bisa dibawa kemana-mana karena harus terhubung dengan sumber listrik.

Laptop dan komputer sama-sama berguna dalam membantu seseorang dalam kehidupan sehari-hari, dan juga bisa digunakan untuk hiburan mengisi waktu luang.

Sekarang berbicara tentang laptop, mereka kini telah menjadi salah satu gadget yang dimiliki kebanyakan orang di Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, perangkat ini sudah tersedia dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Walaupun kebanyakan orang Indonesia memiliki laptop, namun tidak semua orang tahu bagaimana cara mengatasi masalah yang terjadi pada laptopnya.

Contoh masalah yang biasanya terjadi dan sering terjadi adalah laptop tidak mengeluarkan suara. Apakah ada di antara Anda yang pernah mengalami masalah ini? Apakah Anda tahu cara memperbaikinya agar speaker kembali normal?

Oleh karena itu, sangat penting bagi pengguna laptop untuk mengetahui cara memperbaiki laptop yang tidak mengeluarkan suara. Karena suara terkadang menjadi salah satu hal utama atau penting yang Anda butuhkan. Misalnya, ketika menonton film atau hanya mendengarkan musik, jika tidak ada suara, maka ini tidak baik, bukan?

Speaker laptop yang tidak berbunyi pasti akan membuat Anda dan pengguna laptop lainnya merasa tidak nyaman dan bingung harus berbuat apa. Karena komponen ini merupakan bagian dari hardware yang sangat penting bagi sebuah laptop.

Cara mengatasi tidak ada suara di laptop

Lalu bagaimana cara mengatasi laptop yang tidak mengeluarkan suara sob? Nah, pada kesempatan kali ini kami telah merangkum informasi penting tentang cara mengatasi laptop yang tidak mengeluarkan suara saat memutar lagu atau video.

Baca juga:   10+ Aplikasi Pemutar Video di Laptop PC: Terbaik 2022

1. Periksa volume pengeras suara

Cara memperbaiki speaker laptop tidak berbunyi

Hal-hal kecil yang sering dilupakan oleh banyak orang. Ketika laptop tidak berbunyi, mereka tidak mengerti apa solusinya. Padahal penyebab masalah ini seringkali karena hal-hal kecil. Salah satunya adalah lupa menaikkan volume speaker atau mematikan suara. Coba periksa dan naikkan volume laptop Anda terlebih dahulu untuk memastikan.

2. Memasang driver kartu suara

Cara memperbaiki speaker laptop tidak berbunyi

Driver yang tidak pas atau tidak pas dengan video card bisa menjadi salah satu penyebab masalah tersebut. Hal ini menyebabkan kartu grafis tidak dapat menangkap dan memproses informasi suara dari aplikasi yang sedang berjalan.

Nah cara mengatasinya adalah dengan cara menginstall driver sound card yang anda miliki dengan baik dan benar. Jika Anda tidak menginstalnya dengan benar, itu pasti tidak akan berfungsi dan laptop Anda tidak akan mengeluarkan suara sama sekali. Jangan lupa untuk menginstal driver sesuai dengan bitness laptop dan OS Anda, Anda dapat memeriksanya di sini.

Baca juga: Cara install driver otomatis tanpa komplikasi.

3. Mengganti kartu suara baru

Cara memperbaiki speaker laptop tidak berbunyi

Kartu suara digunakan untuk menerima instruksi dari prosesor untuk memutar suara dengan suara tertentu. Perangkat ini bertanggung jawab untuk mengubah data input digital menjadi suara yang dikeluarkan melalui speaker.

Ketika perangkat kartu suara rusak, suara tidak dapat diproses. Letak dan jenis sound card tergantung dari merk atau tipe laptop yang ada di pasaran. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui jenis kartu suara yang dimiliki laptop Anda.

4. Gunakan speaker eksternal

Cara memperbaiki speaker laptop tidak berbunyi

Tips selanjutnya adalah mencoba menggunakan komponen speaker eksternal. Dengan cara ini kita bisa mengecek dimana kerusakan terjadi dan juga mencari alternatif agar laptop bisa mengeluarkan suara kembali.

Baca juga:   Cara Melihat Penggun WiFi Indihome yang Terhubung

Coba sambungkan speaker eksternal dengan kabel atau koneksi nirkabel. Jika ternyata laptop bisa berfungsi normal dengan komponen tersebut, maka ada kemungkinan speaker internal rusak dan perlu diganti.

Tetapi jika Anda benar-benar tidak akan menggantinya atau tidak ada uang. Anda kemudian dapat menggunakan speaker eksternal sebagai alternatif untuk sementara waktu. Setidaknya laptop bisa mengeluarkan suara untuk menonton film atau memutar mp3.

5. Mengganti speaker laptop

Cara memperbaiki speaker laptop tidak berbunyi

Speaker adalah bagian dari laptop yang mereproduksi suara setelah diproses oleh kartu suara. Jika laptop tidak mengeluarkan suara, mungkin karena kerusakan pada komponen speaker. Anda bisa membawanya ke service center dan jika setelah dicek rusak, ganti dengan hardware speaker yang baru.

6. Ganti kernel OS laptop

Cara memperbaiki speaker laptop tidak berbunyi

Jika Anda menggunakan sistem operasi GNU/Linux, maka kernel yang Anda gunakan tidak cocok dengan sistem operasi Anda, atau ada bug di aplikasi, tentu saja ini bisa menjadi masalah.

Nah, untuk mengatasinya, Anda dapat menginstal kernel yang benar dan sesuai. Unduh varian kernel yang sesuai dari berbagai repositori online atau gunakan aplikasi Ukuu-GTK.

7. Instalasi codec

Cara memperbaiki speaker laptop tidak berbunyi

Salah satu masalah mungkin adalah kurangnya codec yang cocok untuk membaca atau memutar file audio yang Anda coba putar. Karena codec adalah semacam “driver” yang dibutuhkan oleh aplikasi yang Anda jalankan untuk membaca encoding atau data suara yang ditulis ke sebuah file, seperti mp3, mp4 atau MKV.

Meskipun Anda telah menginstal driver yang benar dan sesuai, jika Anda tidak memiliki codec untuk membaca file suara, maka aplikasi tidak akan dapat memutar suara dan akan menjadi kesalahan.

Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi codec seperti K-Lite Codec Pack atau aplikasi lain untuk menginstalnya. Untuk membuat laptop Anda kembali berbunyi saat menonton film atau video, atau saat memutar musik atau lagu.

Baca juga:   Cara Menambahkan Kontak WhatsApp Lokal & Luar Negeri

8. Bawa ke Layanan

Cara memperbaiki speaker laptop tidak berbunyi

Tips terakhir yang paling efektif untuk memperbaiki laptop yang silent adalah perawatannya. Jika Anda telah mencoba semua tips, tetapi tidak ada yang berhasil, maka Anda dapat segera merujuknya ke spesialis.

Di sana, laptop Anda akan diperiksa untuk mengetahui komponen mana yang rusak dan tidak berfungsi. Cara ini lebih mudah dan praktis bagi yang tidak mau repot atau sempat memperbaiki sendiri.

Berikut beberapa cara mengatasi speaker laptop tidak mengeluarkan suara. Semoga tips di atas membantu Anda memperbaiki perangkat Anda tidak memutar suara saat memutar lagu atau video. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang artikel ini, silakan posting di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com