Beberapa dari kita mungkin pernah mengalami hal ini ketika kita tidak dapat menggunakan fitur tombol power di Windows 10 untuk mematikan perangkat kita.

Mematikannya sebenarnya sangat sederhana, cukup keluarkan baterai dan pasang kembali, atau, jika di PC, dengan mematikan catu daya.

Namun, menggunakan metode paksa seperti itu sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius, terutama pada disk kita, karena daya kerja tiba-tiba terputus.

Mengapa laptop saya tidak mau mati?

Lalu apa sebenarnya penyebab gagal shutdown di Windows 10? Ada berbagai penyebab umum yang menyebabkan kesalahan shutdown Windows 10.

Salah satunya berkaitan dengan proses crashing karena fitur fast startup Windows 10, di mana tujuan sebenarnya adalah membuat perangkat kita memuat lebih cepat.

Alasan kedua bisa jadi sistem operasi Windows yang rusak, mungkin karena virus atau data yang benar-benar rusak. korup / rusak.

Hal ini bisa terjadi ketika Anda ingin mematikan laptop tetapi tidak bisa mematikan laptop ASUS, Acer, Toshiba, Lenovo, Samsung, Dell, dan laptop merek lainnya.

Cara mengatasi laptop yang tidak bisa mati

Namun, karena kesalahan yang menyebabkan ambiguitas dalam perintah yang dieksekusi. Nah, berikut ini cara mengatasi laptop yang tidak bisa dimatikan dengan mudah.

1. Menonaktifkan fungsi peluncuran cepat

Untuk mengatasi laptop yang tidak bisa dimatikan, Anda perlu menonaktifkan fitur fast startup. Berikut langkah-langkahnya:

1. Silahkan sobat masuk ke menu control panel, bagi yang tidak bisa masuk ke control panel sobat bisa menggunakan tombol windows pada keyboard, lalu enter Panel kendali.

perbaiki windows 10 gagal shutdown

2. Selanjutnya, setelah di panel kontrol, Anda masuk ke menu Peralatan dan suaralalu setelah di menu “Hardware and Sound”, sobat memilih menu Opsi Daya.

laptop tidak mau mati

3. Selanjutnya jika sudah pada menu pilihan makanan, sekarang sobat pilihlah Pilih fungsi tombol daya yang ada di pojok kiri atas, lihat tandanya pada gambar berikut.

4. Setelah Anda berada di bagian Pilih fungsi tombol daya kemudian teman saya klik pada surat itu Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersediauntuk mengaktifkan opsi di pengaturan shutdown di bagian bawah.

cara mengatasi laptop tidak mau mati

5. Jika sudah melakukan langkah diatas, maka silahkan hapus centang pada kotak sobat Aktifkan startup cepat (disarankan)lalu sobat tekan tombol Menyimpan.

mudah untuk mengatasi laptop tidak bisa mati

6. Coba lagi jika tombol off berfungsi dengan baik lagi.

Baca juga:   12 Cara Mengatasi Printer Macet + Penyebab: Semua Merk

Untuk sedikit catatan, fitur Mulai cepat Ini tidak tersedia di semua perangkat sistem operasi Windows 10, jadi jangan heran jika beberapa dari Anda tidak menemukan fitur ini di pengaturan, mungkin solusi selanjutnya adalah solusinya!

2. Menggunakan baris perintah

Atau, jika hal yang sama terjadi, gunakan cmd. Kita perlu mengambil langkah-langkah berikut.

1. Silahkan sobat masuk ke program CMD atau Command Prompt, untuk caranya sobat bisa tekan tombol Windows + R setelah tipe ini cmd lalu tekan Enter atau OK.

2. Setelah masuk CMD (Command Prompt), masukkan perintah shutdown.exe -s.

perbaiki kesalahan shutdown windows 10

3. Kemudian tekan Untuk masukAnda akan diperingatkan bahwa komputer atau perangkat Windows Anda akan dimatikan atau dimatikan.

3. Hapus registri

Beberapa langkah berikut dapat membantu menyelesaikan masalah, kita perlu menghapus registri di laptop. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya.

1. Download dan install aplikasi cCleaner di laptop kamu.

2. Buka aplikasi dan buka registri > klik Pindai.

hapus registri

3. Kemudian klik “Scan for a problem” dan tunggu prosesnya sampai selesai. Lama, setidaknya tergantung jumlah pendaftar yang ada.

hapus registri ccleaner

4. Jika semua daftar ditampilkan, klik saja perbaiki masalah yang dipilih.

bersihkan registri

Tunggu hingga proses selesai, akan memakan waktu lama untuk mengembalikan registri. Tergantung jumlah yang tersedia dan kemampuan komputer atau laptop.

4. Dengan label

Pengguna sistem operasi Windows mungkin sudah familiar dengan shortcut ini. Pintasan ini adalah ikon yang dipasang di layar desktop dan di menu Mulai, sehingga memudahkan Anda untuk meluncurkan program tertentu.

Anda dapat menggunakan pintasan ini untuk memaksa Windows 10 mati secara normal. Simak cara berikut ini.

1. Klik kanan dulu Desktop > Baru > Pintasan.

cara mudah mengatasi masalah shutdown yang tidak berhasil di Windows 10

2. Kemudian di lapangan”Masukkan lokasi barang” masukkan perintah Matikan /s /t 0 lalu tekan tombol Lanjut.

cara mudah mengatasi masalah shutdown yang tidak berhasil di Windows 10

3. Selanjutnya beri nama shortcut yang kamu buat, disini Teknoinside akan menamai shortcut ini dengan nama Matikan paksajika sudah silahkan klik tombol Akhir.

cara mudah mengatasi masalah shutdown yang tidak berhasil di Windows 10

4. Selesai. Jadi sekarang Anda dapat menutupnya dengan mengklik dua kali atau mengklik dua kali pintasan yang Anda buat sebelumnya.

Baca juga:   10 Paket Internet Luar Negeri 3 (Tri) dan Cara Aktivasinya

5. Copot pemasangan aplikasi

Ada kemungkinan laptop tidak bisa dimatikan karena program atau aplikasi yang terlalu penuh.

Kami akan memberikan tutorial singkat, untuk lebih jelasnya anda bisa membaca cara uninstall aplikasi di laptop. Ikuti petunjuk di sini.

1. Buka control panel, klik “Start” > ketik “Control Panel”.

buka panel kontrol

2. Kemudian buka program dan fitur.

uninstall aplikasi di laptop

3. Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda uninstall, lalu klik Uninstall/Change.

uninstall aplikasi di laptop

4. Kemudian akan muncul layar berikut, ikuti saja petunjuk uninstal aplikasi dengan benar.

hapus aplikasi

6. Instal driver

Nah, kali ini kami akan memecahkan masalah yang dihadapi oleh pengguna sistem operasi Windows yang tidak dapat mematikan PC mereka karena beberapa alasan di atas yang menyebabkannya.

Adapun cara memperbaiki Windows 10 yang tidak bisa shutdown dan restart, berikut ini caranya.

  1. Instal driver, dan sebelum itu, unduh driver Intel Management Engine / unduh driver AMD.
  2. Setelah di download langsung kita install seperti biasa, lalu jika muncul warning/notifikasi salah saat proses installasi, maka anda abaikan saja peringatan tersebut, karena Windows 10 pada Intel Management Engine Driver versi 10 tidak ada masalah.
  3. Kemudian, jika proses instalasi sudah selesai, kita harus me-restart laptop atau komputer kita dengan me-restart sistem operasi dan bukan dengan menggunakan tombol restart.
  4. Nah, jika proses reboot berhasil tidak ada masalah, dimungkinkan untuk memverifikasi bahwa komputer baik-baik saja dan tidak lagi mengalami masalah, sehingga lebih stabil jika kita periksa dengan mencoba mematikan untuk mengetahui lebih pasti.

7. Virus murni

menghapus virus di komputer

Pada bagian kelima ini kita perlu membersihkan laptop dari virus, kita bisa menggunakan aplikasi antivirus untuk laptop. Tujuannya agar ketika virus masuk, bisa dikeluarkan atau dikarantina terlebih dahulu.

Selain itu, mungkin ada masalah komputer atau laptop tidak dapat dimatikan karena virus, sehingga mungkin virus memblokir proses. Maka diperlukan proses penghapusan virus.

Baca juga:   10 Aplikasi Kamera Android Terbaik dan Bagus 2022 (Lengkap)

8. Regedit Pengaturan

instal regedit

Di bagian keenam ini, kita akan dengan mudah mengatasinya. Jadi Anda bisa memperbaiki laptop yang tidak mau mati atau mati. Yaitu, menggunakan fungsi regedit.

  1. Langkah pertama tekan Win+R.
  2. Kemudian ketik regedit dan tekan Enter.
  3. Buka HKEY_CURRENT_USER > Panel Kontrol > Desktop.
  4. Klik kanan pada folder desktop > baru > REG_DWORD.
  5. Beri nama PowerOff Aktif
  6. Kemudian klik dua kali PowerOffActive dan ubah nilai data menjadi 1.
  7. Kemudian klik OK.

Jika sudah dalam keadaan mati, maka Anda bisa langsung mengubah nilainya menjadi 1.

9. Shutdown paksa

Dulu tidak disarankan untuk melakukan ini terlalu sering jika laptop Anda sering mengalaminya. Lewati langkah ini, hanya untuk referensi, begini caranya.

  • Tekan tombol power pada laptop/komputer anda
  • Tahan selama kurang lebih 5 detik hingga laptop mati total.

Mengapa tidak direkomendasikan? karena dapat menyebabkan kerusakan perangkat keras, terutama kerusakan hard drive, Anda mungkin tertarik untuk membaca Cara merawat hard drive Anda. Jadi cara ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering.

10. Instal ulang

instal ulang windows

Kali ini, jika semua langkah di atas tidak berhasil, mungkin karena masalah sistem operasi. Di suatu tempat kesalahan karena ketidakcocokan driver, atau memang bug di Windows.

Anda bisa melakukan install ulang sendiri jika tidak tahu cara install ulang Windows 10. Anda bisa mengikuti link tadi untuk menginstalnya sendiri.

Fungsi menginstal ulang Windows adalah untuk mengatur instalasi awal dengan menghapus data sistem operasi lama dengan yang baru, dan tujuannya adalah untuk menghindari masalah ini lagi.

Kesimpulan

Dari delapan cara saya dapat berkomunikasi, saya lebih memilih metode yang cukup aman. Misalnya langkah 1 sampai 6 dan cara 8 jika memang tidak bisa digunakan.

Nah berikut ini cara mengatasi laptop yang tidak bisa dimatikan menurut kalian cukup simple bukan, cara diatas bisa di laptop atau device windows kalian?

Tulis hasilnya di kolom komentar ya, atau kalau ada yang punya solusi lain yang lebih mudah dan akurat tentang cara mengatasi Windows 10 yang tidak bisa dimatikan, bisa dibagikan di kolom komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com