Printer merupakan salah satu perangkat keras tambahan pada komputer atau PC yang sering kita jumpai. Fungsi dari printer sendiri adalah untuk mencetak berbagai jenis dokumen di atas kertas.

Memang di era sekarang ini, memiliki printer sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan kita. Kita dapat memindai dokumen di printer, membuat berbagai dokumen penting di atas kertas tanpa harus menuliskannya secara manual.

Namun, seperti elektronik pada umumnya, printer selalu rewel dan memiliki beberapa masalah. Sekarang kita akan membahas bagaimana cara bekerja dengan hasil cetak bergaris.

Bisa jadi hal itu sering terjadi, dan Anda pernah mengalaminya, ketika hasil cetaknya hancur dan ada garis-garis di atasnya. Padahal dokumen yang kita cetak bersih dan tidak mengandung garis-garis tersebut.

Cara menghilangkan cetakan bergaris

Jadi apa yang menyebabkan printer gagal? Jangan langsung mengambil kesimpulan. Silahkan coba beberapa cara ampuh mengatasi print bergaris pada Canon, Epson, HP dan merk lain dari Teknoinside di bawah ini.

1. Coba bersihkan kartrid

tips untuk mengoreksi hasil printer garis

Diketahui bahwa jika ada masalah dengan hasil cetak printer, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kartrid. Komponen ini benar-benar sangat penting dan penting untuk pencetakan.

Coba periksa cartridge, lihat apakah ada tinta di sana yang mungkin saling menempel atau semacamnya. Pastikan komponen-komponen tersebut dapat berfungsi dengan baik agar hasilnya juga bagus.

Baca juga: Cara Reset Printer Canon IP2770.

2. Ganti tinta di dalam kartrid

tips untuk mengoreksi hasil printer garis

Untuk memverifikasi lebih lanjut bahwa kartrid berfungsi dengan benar, coba ganti konten tinta. Keluarkan dan bersihkan yang lama kemudian ganti dengan tinta baru menggunakan spuit.

Mungkin masalahnya adalah tinta yang buruk. Cara ini terbukti cukup efektif untuk berbagai masalah pencetakan printer.

Baca juga:   6 Cara Flash HP Android Semua Merek: Terbukti Berhasil

3. Bersihkan bagian encoder

tips untuk mengoreksi hasil printer garis

Apa itu enkoder? Lihat bagian belakang kartrid. Ada komponen yang agak panjang yang disebut Encoder.

Benda ini berfungsi sebagai sensor. Oleh karena itu, peranannya sangat penting untuk menentukan hasil cetakan printer. Jika sudah lama digunakan, maka encoder juga perlu dibersihkan, baik itu dari tinta yang tumpah atau debu yang menempel.

4. Gunakan fungsi pembersihan kepala

tips untuk mengoreksi hasil printer garis

Hari demi hari, printer juga semakin pintar. Sekarang mereka juga bisa “menyucikan” diri mereka sendiri. Dalam hal ini, kita dapat menggunakan fungsi pembersihan kepala yang sudah ada di dalamnya.

Silahkan masuk Panel kendaliuntuk memilih Peralatan dan suara dan tekan Perangkat dan Printer. Di sana Anda hanya perlu memilih fitur Pembersihan/Pembersihan Mendalam, tunggu sampai proses selesai. Biasanya, masalah dengan pencetakan inline printer diselesaikan dalam waktu dekat.

Lihat juga: Cara mengatasi printer yang macet.

5. Beralih ke Mode Warna Saja

tips untuk mengoreksi hasil printer garis

Jika metode di atas masih tidak menyelesaikan masalah ini, coba yang berikutnya. Dalam perangkat lunak perkantoran, klik CTRL+Plalu pergi ke Karakteristik dan pergi ke tab menu Melayani.

Selanjutnya, pilih opsi Pengaturan kartrid tintadi sana Anda mengubahnya menjadi Hanya warna lalu bagus. Selesai, coba cetak lagi.

6. Ubah kualitas cetak menjadi tinggi

tips untuk mengoreksi hasil printer garis

Saat kita akan mencetak dokumen, kita bisa memilih kualitas hasilnya. Biasanya akan diatur ke standar secara default. Ini dapat memperbaiki cetakan bergaris.

Namun jika mengalami kendala seperti hasil belang, coba tingkatkan kualitasnya menjadi Tinggi. Ini dapat memecahkan masalah, coba sendiri.

7. Periksa infus printer

tips untuk mengoreksi hasil printer garis

Jika Anda menggunakan printer yang masih menggunakan sistem printer infus, pastikan untuk memeriksanya.

Pastikan tinta mengalir dengan baik dan tidak tersumbat. Jika ada sesuatu yang menyebabkan tinta tidak mengalir dengan baik, hasil cetakan printer juga akan bermasalah.

Baca juga:   7+ Cara Mengatasi Laptop PC Tidak Bisa Masuk BIOS

8. Ganti kartrid dengan yang baru

tips untuk mengoreksi hasil printer garis

Komponen ini memang sangat penting, namun juga sering bermasalah. Jika dia sudah cukup umur, tentu saja performanya tidak sama. Dan ketika banyak masalah mulai muncul dengan printer, ada kecurigaan bahwa penyebabnya adalah kartrid yang rusak.

Seiring dengan penggunaannya, saatnya untuk mengganti komponen ini dengan yang baru. Jangan pelit karena ini akan membuat printer lebih awet dan tidak mudah rusak.

9. Garansi, jika masih berlaku

tips untuk mengoreksi hasil printer garis

Jika printer yang Anda gunakan relatif baru atau baru dibeli, coba ajukan klaim garansi. Ini akan lebih efisien dan mudah, terutama jika Anda tidak ingin repot memperbaikinya.

Mungkin ada cacat produksi yang menyebabkan printer tidak mencetak dokumen dengan benar.

10. Bawa ke service center

tips untuk mengoreksi hasil printer garis

Yang terakhir ini khusus untuk mereka yang terjebak dan tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya. Lebih baik serahkan pada orang yang lebih berpengalaman.

Ada orang yang mengerti dan bisa mengetahui apa penyebab dan solusi dari masalah ini. Daripada mengambil kerusakan, lebih baik menghabiskan uang.

Kesimpulan

Anda dapat mencoba beberapa langkah di atas jika masalah terus berlanjut. Anda dapat mencoba opsi terakhir di paragraf 10 dengan memperbaikinya oleh pengrajin yang andal.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi print out pada printer. Semoga tutorial di atas dapat membantu dan memberikan solusi untuk hasil cetakan yang bergaris terutama bagi pemula. Jika Anda memiliki saran atau pertanyaan mengenai artikel di atas, silakan beri komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com